Selat Kongki, Pesona Kep. Lingga Tak Kalah Dari Kep. Karibia

Selat Kongki  – Gugusan pulau-pulau indah yang bertempat di kepulauan Lingga seakan tak pernah habis untuk dijelajahi. Ratusan pulau-pulau kecil berjejer di sepanjang Laut Cina Selatan ini terhampar sangat indah dan tak ada cara lain untuk menikmatinya kecuali datang langsung ke sana.

Ada sebanyak 604 buah pulau wilayah kepulauan Lingga. Sebagian besar menyajikan panorama dan keindahannya sendiri. Dilintasi garis khatulistiwa, hingga wajar jika keanekaragaman hayati pulau-pulau itu pun menghijaukan dan menyejukkan mata.

Desa Wisata Senayang

Mari kita tengok sepotong surga masih di Kecamatan Senayang. Letaknya paling ujung sebelah timur pulau Lingga. Namanya desa Penaah. Desa ini oleh Kabupaten Lingga sudah ditetapkan menjadi salah satu desa wisata.

Wilayah ini menyimpan begitu banyak pulau-pulau perawan alias tak berpenghuni yang sangatlah indah. Dihiasi oleh pantai putih, gemercik ombak dengan airnya yang masih jernih.

Ada enam pulau masuk administrasi Desa Penaah. Hanya enam pulau yang berpenghuni. Di antaranya Pulau Penaah yang dihuni penduduk nelayan dan tempat administrasi desa, Pulau Penaah Kecik yang kosong, Selat Kongki pemukiman orang Suku Laut, Pulau Kongki Besar, Beladeng, pulau Ceranggong yang merupakan wilayah konservasi koral, Pulau Mensemut, Pulau Kojong dan Pulau Buluh.

Gugusan pulau ini, juga memiliki sejarah yang unik. Tujuh  pulau diantaranya adalah milik Dato Bandar. Pemberian dari Sultan Lingga, semasa kesultanan masih berdiri yakni pada tahun 1878-1901. Hingga saat ini, pulau-pulau ini masih dipegang oleh sanak saudara Dato Bandar. Menjadi pemukiman dan kampung-kampung nelayan juga warga suku laut, orang asli Kepulauan Lingga.

Pulau Penaah

Pulau Penaah yang masih terasa begitu alami ini sangat direkomendasikan bagi traveler yang ingin mencoba petulangan baru yang berbeda.

Sedikit memacu adrenalin, merasakan indahnya pulau yang sepi. Untuk sekedar berburu fotografi, ataupun berkemah di lokasi yang indah ini. Melepas sejenak kejenuhan kerja dan rutinitas ibukota yang rumit. Ikut langsung dalam aktivitas warga nelayan, memancing atau mencoba menginap di kelong-kelong milik masyarakat.

Baca juga: Togean, Surga Tersembunyi Teluk Tomini

Rute transportasi

Untuk berkenjung ke Panaah dari Tanjungpinang dan Batam, bisa lewat pelabuhan Sri Bintan Pura di Tanjungpinang, menggunakan speedboat reguler tujuan Senayang dan Pancur.

Setibanya di Senayang, harus menyeberang lagi dengan mencater kapal pancung ataupun pompong. Biaya sewa berkisar Rp 350 atau ada baiknya bernegosiasi terlebih dahulu.

Jalur lain berangkat dari Daik, ibukota kabupaten Lingga. Wisatawan bisa mengikuti speedboat reguler dari Pancur tujuan Senayang. Namun tetap harus menggunakan speed pancung maupun pompong untuk sampai ke pulau Penaah.

 Tips berwisata ke Selat Kongki

Disarankan, wisatawan membawa uang kontan yang cukup, sebab ATM belum tersedia di sini.

Di Penaah, berbagai tawaran bisa dinikmati. Untung penginapan, pengunjung boleh menginap di kotej yang telah tersedia dengan harga relatif murah. Tepatnya di Pantai Busung. Salah satu spot sunset menarik dari pantai putih yang jernih yang juga bisa melihat kelokan Gunung Daik yang bercabang tiga di seberang lautan.

Atau juga, boleh menuju pulau Beladeng yang indah. Melewati Selat Kongki yang ditumbuhi bakau indah dan hijau. Lokasi ini adalah salah satu tempat tinggal komunitas adat terpencil (KAT) dengan puluhan keluarga suku laut yang telah berbaur.

Pulau Beladeng, adalah pulau perawan yang tak berpenghuni. Jaraknya hanya 30 menit dari pulau Penaah menggunakan speed ataupun pompong. Di sana, selain keindahan alamnya, juga merupakan salah satu spot fotografi yang menarik. Terdapat bukit tinggi lebih kurang 100 meter, dengan savana ilalang dan view lautan tempat hilir mudik nelayan-nelayan tradisional. Lokasi ini sangatlah cocok untuk kegiatan berkemah alias camping.

Wisata alam bawah laut

Sementara untuk Anda pecinta bawah laut, dapat langsung berkunjung ke pulau Ceranggong. Sebuah kawasan konservasi yang telah dijaga oleh masyarakat setempat. Lokasi ini cocok untuk snorkling maupun diving. Melihat keanekaragaman karang, habitat ikan. Ada baiknya, membawa peralatan sendiri dan menggunakan pemandu lokal.

Hanya di Lingga, Anda bisa mendapatkan semua spot terbaik itu, tempat wisata untuk menjamu jiwa dengan petualangan indah di surga yang terlewatkan dan bukan wisata mainstream.

Dan inilah pemandangan bak surga yang tersembunyi dan tidak banyak diketahui orang itu. Panorama yang terhampar jika kita memandang dari bukit di Pulau Beladeng, surga tersembunyi di pulau Penaah, Senayang Lingga.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *