Selain Museum, Ini Lho Wisata Edukasi Menarik di Bandung

wisata edukasi menarik di BandungAnak-anak menagih janji untuk berlibur bersama? Jangan bingung lagi mencari tujuan wisata edukasi menarik di Bandung yang menghibur dan sekaligus mendidik si kecil, cukup langkahkan kaki ke Bandung. Kota yang dijuluki Paris van Java ini memang tidak henti-hentinya menawarkan aneka pesona yang menarik para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Tidak hanya alamnya yang menawan, kuliner beragam, namun juga beberapa wisata edukasi, seperti berikut ini.

Ketemu Hewan Imut di Lactasari Mini Farm

Tempat yang satu ini cocok untuk Anda yang memiliki keterbatasan waktu untuk mengajak si kecil berlibur dan mencari tempat wisata edukasi menarik di Bandung. Lactasari Mini Farm ini tergolong unik karena terletak di lahan parkir Mall Paris Van Java, yang telah didesain sedemikian rupa agar menyerupai peternakan, lengkap dengan rumput hijaunya. Ada 4 area yang bisa dikunjungi, yaitu area kambing, domba, sapi, dan kelinci.

Dibuka mulai jam 10 pagi, sarana wisata edukasi ini mengenakan biaya sebesar lima puluh ribu per anak, sudah termasuk 1 botol susu dan 1 keranjang sayuran, dan sepuluh ribu untuk pendamping. Nantinya, si kecil akan diberikan apron atau celemek, untuk melindungi baju dari kotoran, lalu diberi label nama di tangannya. Setelah itu, ia dapat puas bermain dan memberi makan hewan-hewan imut yang ada di sini. Karena areanya tidak begitu luas, lebih baik hindari weekend atau libur panjang, agar dapat leluasa bermain dan belajar.

Beternak dan Bertani di Jendela Alam Farm

Akhir-akhir ini banyak tempat wisata yang menawarkan aktifitas berbau peternakan atau pertanian. Seperti Jendela Alam Farm yang berlokasi di Jalan Sersan Bajuri Km 4,5 Ledeng Lembang, Bandung. Cukup membayar sepuluh ribu saat hari biasa, dan lima belas ribu untuk weekend, Anda dapat mengenalkan si kecil lebih dekat pada alam.

Baca Juga: Wisata Budaya Khas Bogor, Kampung Budaya Sindang Barang

Di sini, anak-anak dibebaskan mengitari lereng, menemukan aneka hewan ternak, bahkan ikut memandikan, memberi makan, dan susu. Selain itu, uga dapat belajar cara bertani, baik dengan menggunakan cara tradisional sekop dan garpu, dan yang modern seperti Aquaponic. Buat yang sulit makan sayur, coba deh ajak ke Jendela Alam Farm dan belajar menanam sayuran dengan tangan sendiri.

Bertemu Ulat Sutra di Padepokan Dayang Sumbi

Wisata edukasi kali ini tidak hanya dapat dinikmati oleh anak-anak, tapi juga anggota keluarga lainnya. Apalagi kalau bukan melihat proses pembuatan kain sutra yang cantik dan mahal harganya. Di sini, Anda dapat melihat langsung proses ulat sutra menjadi kepompong, kemudian diolah menjadi benang sutra dan ditenun menjadi kain.

Jangan khawatir, walau terlihat menjijikkan dan geli, jenis ulat ini sama sekali tidak menggigit dan tidak menimbulkan iritasi kulit. Justru bisa bermain di atas kulitmu lho! Setelah puas melihat pembuatannya, sempatkan waktu untuk membeli berbagai baju jadi maupun aksesoris, seperti anting dan gelang. Cukup bayar enam puluh lima ribu untuk tiket masuk ke wisata edukasi menarik di Bandung yang berada di Padepokan Dayang Sumbi, Jalan Arcamanik Sindanglaya Km 4, Kampung Pamoyanan, Desa Mekarmanik, Bandung.

Belajar Membuat Layangan di Gang Sereh

Bosan melihat si kecil bermain gadget setiap hari? Coba deh perkenalkan pada permainan tradisional yang mulai jarang ditemukan di kota-kota besar, yaitu layangan. Gang Sereh yang merupakan gang kecil di Jalan Astana Anyar, Bandung ini merupakan pusat pembuatan layangan yang sudah dikenal dari jaman dulu kala.

Di sana Lie Fie Kiat atau yang biasa dipanggil akiat, seorang ahli pembuat layangan akan dengan senang hati mengajari anak-anak yang berkunjung ke tokonya di sore hari. Berbekal pengalamannya 3 kali juara dunia festival layang-layang, jangan heran jika yang datang adalah wisatawan dari berbagai negara. Cara mencari tokonya cukup mudah kok, karena ditandai dengan adanya layangan raksasa dengan motif wajah di depannya.

Melipat Aneka Bentuk di Maya Hirai School of Origami

Banyak orang mengenal origami sebagai kebudayaan Jepang, yang melibatkan teknik melipat kertas menjadi berbagai bentuk. Berlokasi di Jalan Cigadung Raya Timur no 85F, Bandung ini Maya Hirai School of Origami merupakan tempat yang tepat bagi si kecil yang ingin belajar metode origami yang lebih rumit. Mulai dari memutar balik, memotong, hingga belajar teknik origami ‘basah’ dengan kertas warna-warni.

Cukup membayar dua puluh lima ribu, anak-anak dapat meningkatkan kemampuan motorik dan belajar mengikuti intruksi, tentunya dengan cara yang menyenangkan. Selain kursus singkat, di tempat ini juga menjual buku, video, dan kertas origami sendiri.

Puaskan rasa ingin tahu si kecil dengan mengajaknya ke sarana wisata edukasi menarik di Bandung ini. Selamat berlibur! (Jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *