Seindah Lukisan, Terbius Panorama Alam 8 Wisata Kalibiru Jogja yang Fotogenik

Kalibiru memiliki pemandangan alam luar biasa. Di sini Anda bisa bersantai sambil menikmati alam yang segar karena jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Selain itu, jangan lupa untuk berfoto-foto di beragam spot unik yang disediakan oleh pihak pengelola setempat. Spot foto panggung di Kalibiru sangat banyak.

Sangat instagramable untuk dijadikan feeds social media Anda. Dengan berlatarkan pemandangan bukit menorah yang hijau serta waduk semo yang segar, lokasi ini adalah lokasi paling tepat untuk hunting.

Kalibiru terletak di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika dimulai dari Jogja, hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja untuk mencapai Kabupaten Kulonprogo.

Kalibiru memiliki banyak lokasi wisata. Dengan dikelilingi oleh hutan progo yang asri serta alam yang sangat indah, Kalibiru pantas menjadi lokasi wisata dengan daya Tarik yang menakjubkan.

Bahkan, pihak pengelola wisata juga menyediakan gardu pandang agar wisatawan lebih leluasa dalam menikmati pemandangan.

Untuk mengunjungi Kalibiru, Anda bisa melewati dua rute perjalanan. Pertama adalah Waduk Sermo. Ketika berada di Kota Jogja, Anda bisa pergi ke Sentolo dan menuju arah Pengasih.

Selanjutnya, Anda pergi ke arah Wates hingga melewati alun-alun Wates. Lalu lanjutkan ke Beji, kea rah Sermo dan ikuti penunjuk arah ke Kalibiru. Jika Anda melewati Pengasih, Anda bisa langsung lanjut ke arah Clereng hingga ke Kalibiru.

Beragamnya tempat menarik di Kalibiru membuat lokasi ini wajib masuk dalam itinerary Anda. Apa saja wisata ? SImak berikut ini.

1.    Waduk Sermo

Sebagai salah satu potensi wisata serta edukasi di kawasan Kulonprogo, Waduk Sermo merupakan lokasi pertama untuk dikunjungi. Waduk Sermo memiliki pemandangan indah karena dikelilingi oleh bukit-bukit. Waduk Sermo juga memiliki fasilitas lengkap termasuk pemancingan, seperti halnya yang ada di Waduk Jatiluhur.

Salah satu daya Tarik yang dimiliki Waduk Sermo adalah keberadaan ikan “Setan Merah”. Ikan ini merupakan jenis ikan predator di waduk ini. Anda juga bisa mencoba perahu wisata yang disewakan untuk berkeliling waduk sekaligus menikmati keindahan perbukitan Menoreh.

Uniknya, tiket masuk waduk ini gratis! Untuk sewa perahu dibandrol dengan harga 10 ribu rupiah, serta parkir mobil seharga 5 ribu rupiah.

2.    Kedung Pedut Kulonprogo

Kedung pedut adalah lokasi wisata air yang wajib Anda kunjungi. Air terjun ini sangat asri dan sejuk. Cocok bagi Anda yang suka berenang dan bermain air. Udaranya yang segar bisa mengangkat segala kepenatan dari tubuh Anda.

Untuk mencapai lokasi ini, Anda bisa berjalan kaki sejauh 500 meter. Tidak akan terasa Lelah karena Anda akan melewati kawasan perdesaan yang asri. DI musim hujan, debit air akan sangat melimpah sehingga sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi.

Tiket masuk kedung pedut hanya sebesar 10 ribu, dan 3 ribu untuk parkir.

3.    Pule Payung

Pule Payung merupakan wisata di Kulonprogo yang sedang hits akhir-akhir ini. Wisata ini memang buatan namun terlihat rapi dan indah. Dengan view perbukitan serta waduk yang asri, pantas saja jika Pule Payung sangat direkomendasikan.

Fasilitasnya juga sudah lengkap mulai dari warung, tempat ibadah, hingga toilet. Ada juga staff yang menyewakan kamera-kamera untuk berfoto.

Harga tiketnya sangat terjangkau, yaitu 15 ribu termasuk fasilitas dan spot berfotonya. Spot berfoto dihargai 15 ribu, parkir 2 ribu sedangkan mobil 5 ribu.

4.    Ayunan Langit Watu Jaran

Wisata yang satu ini berada di atas bukit yang memiliki pemandangan menakjubkan dari perbukitan menorah. Ayunan ini berada di bibir tebing sehingga akan memberikan suasana dan sensasi yang berbeda. Ada juga bukit cinta serta foto yang memiliki banyak tulisan hastag.

Fasilitasnya cukup lengkap seperti tempat ibadah serta toilet. Tiket masuknya hanya 7 ribu, untuk parkir 2 ribu, serta spot ayunan 20 ribu rupiah.

5.    Pantai Glagah Indah

Berkunjung ke Kulonprogo tanpa singgah ke Pantai Glagah Indah adalah yang patut disesali. Pantai ini sangat popular karena pemandangannya sangat eksotis, Bahkan spot nya mirip dengan pinggir dermaga lengkap dengan batu beton pemecah ombak.

Di sini Anda bisa menaiki kapal di laguna, berenang Bersama anak, menikmati fasilitas seperti warung makan, toilet umum, hingga tempat ibadah.

Hara tiket masuk pantai ini hanya 5 ribu rupiah saja, 2 ribu untuk parkir motor dan 5 ribu untuk parkir mobi. Untuk parkir bus wisata dihargai 20 ribu rupiah.

baca juga:

Bak Negeri Khayangan, Pemandian Seputih Kapas di Turki Ini Menghipnotis

 

6.    Goa Kiskendo

Tak hanya pantai, kawasan ini juga memiliki goa dengan pemandangan alam yang keren akan Stalagtit dan Stalagmitnya. Harga tiketnya sangat murah, yaitu 2-5 ribu rupiah saja.

7.    Bukit Cendana Kulonprogo

Ingin menikmati sunrise dan sunset? Maka bukit Cendana Kulonprogo adalah tempat yang tepat.

8.    Bukit Isis

Isis dalam Bahasa jawa berarti segar atau sejuk. Dengan hamparan alam yang hijau serta gunung yang mengelilinginya, bukit ini wajib untuk Anda kunjungi ketika ingin refreshing. Fasilitasnya juga lengkap mulai dari toilet, rumah pohon, gardu, hingga area parkir.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.