Segarkan Pikiran ke Wisata Air Terjun Gunung Hiu, Natuna, Kepulauan Riau

Air Terjun Gunung Hiu – Menikmati keindahan pesisir Kep. Natuna, seolah tiada habisnya. Namun, di balik keindahan pantai, terdapat sebuah kesegaran air terjun yang memikat dan ramai dikunjungi. Air Terjun Gunung Hiu siap menjadi sasaran destinasi wisata Anda selanjutnya di Kep. Natuna, Riau.

Lokasi dan Rute Air Terjun Gunung Hiu

Jika anda bosan berlibur di daerah pesisir, air terjun unik yang ada di salah satu pulau terluar ini bisa menjadi rekomendasi. Objek wisata tersebut adalah Air Terjun Gunung Hiu yang berlokasi di Bukit Durian, Desa Wisata Ceruk, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna, Kepulaun Riau. Dari pusat kota Ranai, anda dapat menempuh perjalanan dalam waktu 45 menit dengan jarak kurang lebih 16 kilometer. Untuk bisa sampai ke Desa Ceruk, dari Ranai anda harus mengambil arah ke Pantai Tanjung. Sesampai di dekat pantai, belok kiri, jangan harap ada petunjuk jalan sehingga mengharuskan anda untuk bertanya pada warga sekitar.

Yang Ditawarkan di Air Terjun Gunung Hiu

Menurut legenda, suatu hari air laut naik ke daratan hingga mencapai dataran daerah sekitar Gunung Ranai. Konon katanya, seekor hiu terjebak oleh arus, sehingga ketika air surut ikan tersebut terjebak pada cekungan air yang ada di dataran Gunung Ranai. Cekungan air itu lama kelamaan membentuk sebuah seluran yang menyerupai air tejun, dari situ lah air terjun tersebut diberi nama Air Terjun Gunung Hiu oleh masyarakat sekitar.

Dulunya terkenal sebagai kawasan hutan durian yang angker, salah seorang warga akhirnya berinisiatif untuk mengembangkan Air Terjun Gunung Hiu menjadi tempat wisata, pada tahun 2012 akhirnya tempat ini resmi dibuka. Terdapat dua buah kolam renang dangkal yang diatasnya mengalir hembusan air dari air terjun. Air kolam renang langsung berasal dari Gunung Ranai, sehingga anda juga bisa merasakan langsung kesegaran air kaki gunung. Tak hanya kolam renang, disini juga terdapat kolam ikan yang berisi beberapa jenis ikan tawar.

Baca juga: Air Terjun Gunung Bintan, Rileksasi Alami dan Segar

Menikmati buah durian di Bukit Durian

Air Terjun Gunung Hiu terletak di antara ladang durian, kelapa juga cengkeh. Tak heran, di area sekitar air terjun terlihat begitu banyak pohon durian yang usianya hampir puluhan tahun, dari sana lah daerah tersebut dijuluki dengan Bukit Durian. Anda juga bisa menikmati kelezatan durian yang ada di sana dengan ukuran dan harga yang bervariasi. Tak hanya air terjun, ada juga permainan outbound, misalnya tracking, flying fox, dan camping ground yang ada di bagian luar Air Terjun Gunung Hiu.

Yang menjadi kelebihan tempat wisata ini adalah dapat dinikmati secara cuma-cuma alias gratis. Disini terdapat juga beberapa fasilitas, seperti tempat bilas atau stan makanan yang menjajakan mie atau nasi goreng. Jadi tak perlu khawatir perut anda akan keroncongan, liburan menyenangkan, perut pun kenyang.

Tips Bagi Anda Yang Ingin Berkunjung

Siapkan Transportasi Yang Memadai

Medan menuju air terjun merupakan jalanan berbatu yang cukup menanjak, sehingga disarankan untuk anda benar-benar menyiapkan transportasi dengan baik. Bila ingin menggunakan kendaraan roda dua, lebih baik anda menghindari memakai motor matic untuk alasan kenyamanan dan keselamatan.

Abadikan Momen Indah

Jauh-jauh datang ke Air Terjun Gunung Hiu, Natuna, tak ada salahnya untuk mengabadikan momen atau kenangan indah selama disana. Anda dapat berfoto dengan berlatar belakang pemandangan Desa Ceruk yang masih alami, air terjun, maupun taman yang sekitarnya banyak ditumbuhi pohon durian.

Tetaplah Untuk Waspada

Saat berlibur, tetap jaga barang bawaan anda dengan baik. Meski terlihat aman, namun tindak kejahatan bisa terjadi ketika anda lalai. Hindari melakukan kegiatan yang dapat memancing pencuri datang, misalnya terus mengecek smartphone ketika berada di keramaian.

Menjaga keselamatan

Berada di sekitar kawasan hutan dan alam bebas, Anda harus selalu waspada dengan berbagai kemungkinan. Termasuk ketika harus tracking menuju ke areal Air Terjun Gunung Hiu. Kenakan sepatu yang memiliki alas sol berpermukaan kasar agar tidak mudah licin atau terpeleset.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *