Segarkan Pikiran di Air Terjun Curug Putri, Banten

Curug PutriLiburan kini sudah bukan jadi kebutuhan sampingan, tapi penting dilakukan sesekali, terutama untuk menyegarkan pikiran dari keruwetan dan kesibukan bekerja. Jika Anda berdomisili di Jakarta, ada banyak pilihan tujuan wisata apabila tidak memiliki banyak waktu atau bujet liburan yang terlalu besar. Selain Bandung, Banten merupakan pilihan yang cocok karena memiliki berbagai tujuan wisata. Mulai dari wisata religi, budaya, hingga alamnya yang kaya dan indah.

Selain terkenal dengan keindahan pantai-pantainya, seperti Carita, Anyer, dan Sawarna, Banten juga menyimpan potensi wisata yang tidak banyak diketahui orang. Salah satunya adalah Curug Putri. Curug merupakan sebutan air terjun dalam bahasa Sunda. Sedangkan nama ‘putri’ disematkan karena kawasan wisata ini sangat cantik dan alami, layaknya seorang putri.

Lokasi

Air terjun ini merupakan salah satu obyek wisata alam yang ada di puncak pegunungan Pulosari. Tepatnya di Desa Cilentung, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Banten. Anda dapat mengunjungi tujuan wisata ini dari pusat Kota Pandeglang, kurang lebih dua puluh lima kilometer ke arah barat. Kemudikan mobil menuju Mengger dan lurus terus menuju Mandalawangi. Perhatikan adanya plang petunjuk warna hijau yang menunjukkan lokasi air terjun Curug Putri dan Kawah Gunung Pulosari.

Dari sini, langsung belok kiri menuju Desa Cilentung. Ada lokasi parkir untuk menitipkan kendaraan roda dua atau empat. Nantinya pengunjung harus menempuh perjalanan sejauh 1300 meter, dengan mendaki tanah bebatuan, khas jalan setapak menuju puncak gunung. Ada dua rute yang dapat digunakan untuk sampai ke Curug Putri. Jalur pertama biasanya dipilih para pendaki pemula dengan medan yang lebih ringan. Sedangkan rute kedua, jalurnya lebih berat dan menantang terutama bagi pendaki berpengalaman.

Olahraga dan wisata

Berada di kawasan hutan Gunung Pulosari, membuat tempat ini cocok bagi Anda yang menyukai kegiatan fisik, seperti hiking, trekking, atau bersepeda. Perjalanan yang penuh jalan berliku dan tanjakan menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, persiapkan stamina yang prima dan menggunakan perlengkapan yang tepat untuk dapat menikmati pesona Curug Putri.

Selain keindahan air terjunnya, Curug Putri yang memiliki ketinggian belasan meter ini juga menawarkan suasana hutan yang asri dan hijau. Pohon-pohon banyak bertumbuhan di sekitar dan di atas curug, sehingga udaranya makin dingin karena terhalangnya cahaya matahari yang masuk ke kawasan ini. Selain bermain air, pengunjung yang punya hobi fotografi juga dapat memuaskan minatnya dengan banyaknya spot foto yang menarik.

Baca juga: Debus, Atraksi Budaya Mengagumkan Asal Banten

Puas bermain di airnya yang sejuk dan mendengar gemuruh derasnya air, Anda dapat meneruskan perjalanan sejauh delapan ratus meter menuju Kawah Pulosari. Jalur ini merupakan jalan menanjak yang ada di antara rumput-rumput tinggi. Di sini terdapat pemandian air panas, yang dipercaya dapat membuat tubuh segar kembali dan menghilangkan penyakit kulit. Sangat pas buat Anda yang ingin memulihkan rasa lelah setelah melalui perjalanan yang cukup berat.

Akomodasi

Jika pengunjung memutuskan untuk menginap di sini, ada beberapa rumah milik warga di Desa Cilentung yang menyediakan tempat untuk menghabiskan malam. Tapi jangan berharap fasilitas layaknya tempat penginapan, karena Anda dapat merasakan kehidupan seperti penduduk desa di kaki Gunung Pulosari.

Tips wisata ke Curug Putri

Selain menyiapkan kondisi fisik, jangan lupa juga untuk menyiapkan perbekalan yang cukup. Tidak hanya itu, ingatkan diri sendiri untuk ikut menjaga kelestarian kawasan air terjun Curug Putri, terutama hutannya, dengan tidak melakukan perusakan atau membuang sampah sembarangan. Begitu juga perlangkapan yang dibawa untuk menunjang kegiatan liburan Anda. Mulai dari kamera waterproof, kondisi sepeda, atau perlengkapan yang digunakan saat trekking.

Hati-hati agar tidak salah dengan air terjun bernama sama, yang juga ada di Banten, tepatnya di kawasan Taman Hutan Raya kawasan Carita. Walau sama-sama disebut air terjun, obyek wisata yang juga disebut sebagai kembaran Green Canyon ini lebih menonjolkan pada keindahan sungai dan dinding tebing yang seakan mengawal aliran air.

Untuk siapapun yang ingin merasakan dekat dengan alam, tidak ada salahnya mempersiapkan jauh-jauh hari untuk datang ke Curug Putri. Walau perjalanannya cukup menantang, keindahan alam yang tersaji memanjakan mata dan menghilangkan stres dengan seketika. Penasaran? (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *