Sebelum Liburan Naik Kapal Pesiar, Simak 8 Aturan Penting Ini

Salah satu cara yang tidak biasa untuk mengisi liburan kali ini adalah berlibur di kapal pesiar. Dengan berlibur di kapal pesiar, Anda dan keluarga dapat menikmati lautan lepas. Meskipun hanya berada di atas kapal, ternyata ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan.

Mulai dari berjemur, menikmati bar, berenang, hiburan, bahkan menikmati perjalanan laut yang tidak mudah didapatkan setiap hari.

Namun, ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar perjalanan Anda tidak menjadi menjengkelkan. Apa saja beberapa aturan atau himbauan yang harus Anda ketahui saat berlibur di kapal pesiar? Simak berikut ini.

1.    Dilarang Berlari-lari di Deck Kapal

Peringatan yang satu ini sangat ditekankan untuk orang tua yang membawa anak kecil, sekaligus anak itu sendiri. Berlari-lari atau bermain di deck sangatlah berbahaya karena dapat membuat tubuh jatuh atau tergelincir bahkan mengganggu orang lain.

Deck merupakan tempat orang-orang yang ingin berkemur dengan tenang sambil menikmati sinar matahari yang menerpa tubuhnya. Anak-anak atau orang yang berlarian tentu akan sangat mengganggu.

2.    Laut Bukan Tempat Sampah

Point kedua tentu sudah diterapkan di segala tempat termasuk di atas kapal pesiar. Tentu saja, laut bukanlah tempat sampah. Jauhkan lautan dari segala sampah meskipun itu hanyalah bungkus permen. Di dalam laut terdapat kehidupan sendiri yang harus dijaga dengan baik.

Penghuni lautan bisa mengira sampah sebagai makanan sehingga dapat mencemari kehidupan laut. Tak hanya itu, kapal pesiar tentunya menyediakan tempat tersendiri untuk membuang sampah.

3.    Kapal Pesiar Bukanlah Toko

Point ketiga yang harus Anda ketahui adalah kapal pesiar bukanlah sebuah toko. Ini berarti pastikan diri Anda untuk menyiapkan segala sesuatu yang Anda butuhkan saat berlibur di sini seperti pakaian, kacamata, topi, atau hal kecil lainnya.

Membeli barang-barang di toko dalam kapal pesiar bukanlah ide yang bagus. Bukan dari segi kualitas, namun harga yang sangat tidak masuk akal saking mahalnya.

4.    Ingat Jadwal yang Ditetapkan

Kapal pesiar tidak seperti tipe kendaraan yang menunggu penumpang hingga penuh untuk berangkat. Kapal pesiar akan berangkat ada maupun tidak ada penumpang yang memesan atau membeli tiket.

Bahkan, kapal pesiar lebih memilih untuk menghemat waktu demi keberangkatan selanjutnya. Daripada ketinggalan, lebih baik menginap saja di hotel terdekat sebelum hari keberangkatan.

5.    Riset Sebelum Menentukan untuk Pergi

Melakukan riset sebelum mulai berlibur merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Mulailah untuk menentukan jumlah pengeluaran yang Anda butuhkan sekaligus fasilitas yang tersedia dalam kapal pesiar.

Fasilitas seperti wifi, makanan, serta pemandangan ketika menyelam patut untuk Anda ketahui. Pilihlah rekomendasi kapal pesiar dengan fasilitas yang sesuai untuk Anda agar liburan tidak mengecewakan.

Setiap kapal pesiar tentu memiliki pelayanan yang berbeda-beda. Sebagai contoh, Disney Cruise Line memberikan pelayanan yang dibutuhkan untuk keluarga serta anak-anak.

Sedangkan Azamara Club Cruisers lebih menekankan perjalanan yang menyenangkan untuk pasangan atau pensiunan yang membutuhkan suasana tenang.

6.    Kebutuhan Anda adalah Tanggung Jawab Anda Pula

Siapkan segala sesuatu tanpa ketinggalan. Terutama obat-obatan yang wajib Anda sediakan khusus untuk liburan di atas kapal seperti pil anti mabuk. Itu karena serangan mabuk laut tidak ada yang tahu bisa atau kapan akan terjadi.

Selain itu, siapkan segala perlengkapan wanita, obat khusus tertentu, alas kaki tambahan, hingga tabir surya. Barang-barang seperti itu akan sangat mahal jika di beli di kapal pesiar.

7.    Batas Makan Buffet

Buffet memang sangat menggoda untuk dimakan. Apalagi prasmanan yang akan selalu menjadi hal terbaik untuk setiap waktu makan.

Namun, Anda harus tetap membatasi setiap makanan yang Anda makan agar perut tidak menjadu ‘gila’ karena kekenyangan. Perut yang terlalu full bisa membuat tubuh tidak nyaman apalagi Anda berada di atas laut.

baca juga:

Spot Selfie dan Wisata Kekinian di Magelang, Relaksasi Hutan Pinus

 

8.    Jangan Hanya Berdiam Diri

Berlibur di atas laut tentu menjadi pengalaman yang sangat mengesankan. Apalagi harganya yang tidak murah tentu harus dimanfaatkan segala fasilitas yang didapatkan.

Berpaling dari keindahan laut dan segala fasilitasnya merupakan kesalahan besar, kecuali Anda mengalami sakit. Harga perjalanan yang dibayarkan akan sia-sia jika Anda tidak menikmati indahnya pemandangan dari atas kapal.

Itulah sebagian aturan dan himbauan yang harus Anda ketahui sebelum bepergian atau berlibur menaiki kapal pesiar.

Segala sesuatu memang tergantung kebutuhan Anda saat liburan. Dengan beberapa point diatas diharapkan dapat memudahkan dan melancarkan liburan kapal pesiar Anda.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.