Sebelum ke Bali, Yuk Mampir Destinasi Wisata Terbaik di Banyuwangi!

Siapa sih di antara kita yang sudah pernah berlibur ke Jawa Timur? Jawa Timur adalah salah satu provinsi yang sering menjadi destinasi liburan karena keindahan alamnya.

Ketika kita berlibur ke Jawa Timur tentunya ada kota yang tidak boleh terlewatkan, yaitu Banyuwangi.

Memang apa saja sih destinasi wisata yang ada di Banyuwangi? Eits jangan salah, destinasi wisata di Banyuwangi juga tidak kalah dengan kota lainnya lho! Berikut adalah beberapa destinasi wisata terbaik di Banyuwangi:

Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Berdekatan dengan laut membuat Banyuwangi sebagai salah satu kota yang dikelilingi banyak pantai, termasuk Pantai Pula Merah Banyuwangi.

Pantai satu ini cukup unik karena warna pasirnya yang cenderung merah jambu. Ombaknya pun tenang sehingga kita bisa surfing dengan aman.

Kawah Ijen Banyuwangi

Kawah Ijen merupakan salah satu ikon dari Banyuwangi yang selalu ramai akan pengunjung. DI Kawah Ijen lah kita bisa menikmati fenomena blue fire yang hanya ada dua di dunia.

Sebaiknya kita siap masker ketika akan mengunjungi Kawah Ijen karena bau sulfurnya yang cukup kuat.

Rowo Bayu Banyuwangi

Destinasi wisata satu ini bukan hanya menawarkan keindahan alam namun juga sejarah Kota Banyuwangi lho!

Rawa satu ini merupakan bekas petilasan Raja Blambangan Tawang Alun yang bersemedi untuk merenungi kematian kedua adiknya dan sekarang dibuka untuk umum. Suasana di Rowo Bayu Banyuwangi ini sejuk karena pohonnya yang masih lebat.

X-Badeng Banyuwangi

X-Badeng atau Kali Badeng adalah salah satu destinasi wisata Banyuwangi yang sedang marak dibicarakan akhir-akhir ini karena kita bisa arung jeram dengan harga terjangkau.

Di X-Badeng ini kita bisa memilih sendiri jalur dari arung jeramnya, di mana ada extreme satu dan extreme dua dengan jarak tempuh yang berbeda. Keseruan arung jeram ini tentunya semakin berkesan karena keindahan alam sekitar!

Blue Bay

Keindahan laut Banyuwangi memang tidak pernah ada habisnya dan Blue Bay adalah destinasi wisata berikutnya yang sayang untuk dilewatkan.

Blue Bay sendiri adalah sebuah teluk dengan keindahan bawah laut yang tidak kalah dengan destinasi alam lainnya. Destinasi wisata ini masih jarang dikunjungi orang sehingga sangat cocok untuk kita yang ingin bersantai di tempat sepi.

Air Terjun Kalibendo Banyuwangi

Mau bermain air ketika di Banyuwangi? Tentu saja bisa! Air terjun yang hanya berlokasi 20 kilometer dari kota Banyuwangi ini sayang untuk dilewatkan.

Bukan hanya keindahan air terjun saja, sungai serta air dingin membuat kita betah berlama-lama singgah di destinasi wisata ini.

Cagar Alam Baluran

Baluran adalah destinasi wisata alam berikutnya yang tidak boleh terlewatkan ketika kita berkunjung ke Banyuwangi. Lokasi Baluran ini juga cukup dekat dari pusat kota, yaitu hanya sekitar 35 kilometer di sebelah utara kota Banyuwangi.

Baluran sendiri merupakan sabana tersembunyi di Jawa Timur di mana kita bisa menyaksikan berbagai hewan liar melalui menara pengawas.

baca juga:

Wisata Alam Terbaik di Pacitan, Sungai Maron Hingga Pantai Klanyar!

 

Sadengan Banyuwangi

Ternyata Baluran bukanlah satu-satunya savana yang bisa kita kunjungi ketika berlibur di Banyuwangi. Sadengan juga padang rumput yang tidak kalah indahnya dari Baluran.

Kita bisa menyaksikan langsung berbagai satwa liar yang tinggal di kawasan tersebut. Jaraknya pun cukup terjangkau dari kota dan tentunya kita bisa banyak selfie ketika berkunjung ke Sadengan.

Waduk Bajulmati

Banyak yang bilang jika Waduk Bajulmati merupakan tiruan dari Raja Ampat namun dengan kawasannya lebih kecil.

Waduk satu ini cukup unik karena dikelilingi dengan gundukan tanah yang menyerupai seperti pulau-pulau kecil layaknya di Raja Ampat.

Jawatan Benculuk

Seperti namanya, destinasi wisata satu ini berada di kawasan Benculuk. Tidak seperti destinasi wisata lainnya, Jawatan Benculuk ini dikelola langsung oleh Perhutani alias pemerintah.

Di Jawatan Benculuk lah kita akan dimanjakan dengan kesejukan dari banyak pohon trembesi yang sudah tumbuh selama kurang lebih 20 tahun.

Nah kira-kira destinasi wisata mana yang bakal dikunjungi ketika sudah sampai di Banyuwangi? Jangan lupa untuk booking hotel dari jauh hari supaya tidak kehabisan kamar ketika berlibur di Banyuwangi ya!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.