Belajar dan Bermain di Science Garden, Eco Art Park, Sentul

Science GardenBerlibur bersama keluarga tidak seharusnya terbentur oleh bujet yang tersedia. Salah satu caranya adalah dengan mengajak ke tujuan wisata murah meriah, namun tetap menghibur dan memberikan nilai edukasi.

Eco Art Park

Buat Anda yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, bisa memacu kendaraan ke Sentul City, tepatnya di Eco Art Park. Lokasinya tepat berada di pinggir aliran Sungai Cikeas dan bersebelahan dengan tempat wisata terkenal di Bogor lainnya, Pasar Ah Poong. Di taman yang tidak terlalu luas ini terbagi menjadi dua wilayah, Taman Energi atau Science Garden, dan Taman Patung atau dikenal dengan Sculpture Garden.

Taman Energi/Science Garden

Untuk Taman Energi, tidak seperti pusat pengetahuan alam lainnya yang ada di Indonesia. Selain dibangun di ruang yang terbuka, cara penyampaiannya pun dibuat menyenangkan, yaitu dengan cara permainan. Tidak dipungut biaya sepeser pun untuk masuk ke dalam taman ini, sehingga Anda dapat leluasa berkunjung kapan pun diinginkan.

Di sini anak-anak dapat bermain sekaligus belajar ilmu pengetahuan, dengan memanfaatkan aneka benda peraga yang disediakan. Tidak perlu takut mengalami kesulitan, karena biasanya ada para petugas yang mau mendampingi dan memberikan penjelasan yang lebih lengkap.

Wahana edukasi dan permainan yang mendidik

Ada beberapa wahana yang akan membuat si kecil dan pengunjung lainnya terpesona, seperti mengangkat beban besar dengan pengungkit. Di sini dijelaskan bagaimana pengungkit yang sudah digunakan sejak jaman Mesir Kuno untuk memindahkan dan mengangkat obelisk. Untuk cara menggunakannya, seseorang akan duduk di tempat yang disediakan, sedangkan yang lain mencoba untuk mengangkatnya dengan menarik tali. Berbagai posisi dapat dicoba untuk menentukan manakah tarikan yang lebih ringan.

Kini coba berayun dengan pendulum, yang menyeripai ayunan jam dinding kuno. Alat peraga ini menjelaskan bagaimana prinsip kerja pendulum, cukup dengan duduk pada ayunan besarnya, lalu mengayunkan badan. Saat itu juga, Anda akan merasakan gerakan harmonik sederhana seperti pendulum.

Lain lagi dengan wahana Pipa Suara, bentuk melengkungnya yang berwarna-warni sontak mengundang perhatian anak-anak untuk mendekatinya. Alat peraga ini menunjukkan bagaimana suara dihantarkan dan dapat didengarkan. Caranya cukup mudah kok, tinggal mengeluarkan suara di ujung pipa dan meminta orang lain untuk mendengarkannya di ujung pipa lainnya.

Baca Juga: Wisata Budaya Khas Bogor, Kampung Budaya Sindang Barang

Aneka Permainan Edukatif

Tidak hanya itu, ada juga alat peraga yang memperlihatkan bagaimana mengambil air dari sungai, yang telah dikenal sejak jaman kuno dan sempat digunakan untuk mengairi taman gantung Babylonia. Alat peraga yang dinamani Archimedean screw ini digunakan untuk memahami sistem pemindahan air dari tempat lebih rendah ke yang lebih tinggi, dengan sistem pipa berulir spiral besar yang memiliki sudut tertentu.

Anda cukup memutar engkol berlawanan arah dengan putaran ulir spiral, sehingga air secara otomatis naik ke atas secara perlahan dan keluar di bagian atas. Jika ingin tahu cara sinyal telepon, radio, dan televisi bekerja, maka parabola warna-warni ini dapat membantu menjelaskannya. Pengunjung cukup berbicara tepat di titik fokus parabola ini kemudian seseorang yang lain akan mendengarkan suara dengan jelas di titik fokus parabola lainnya.

Tapi dari semua alat peraga yang ada di taman ini, yang paling membuat jantung berdebar kencang adalah wahana naik sepeda di atas tali yang melintas di atas sungai. Anda tidak harus menjadi pemain sirkus untuk melakukannya, karena sepeda ini dapat berjalan seimbang berkat beban di bawahnya yang membuat sepeda tetap stabil. Walau tersedia jaring pengaman sepanjang lintasan sepeda, tetap dibutuhkan keberanian untuk menaiki sepeda dan mengayuhnya.

Puas mencoba berbagai alat peraga, Anda dapat mengistirahatkan badan dengan duduk-duduk di Mini Open Theatre yang unik. Tempatnya tepat berada di bawah pepohonan yang rimbun, sehingga tidak terkena sorotan langsung sinar matahari. Cocok untuk sekadar duduk dan membuka kudapan yang dibawa.

Tips wisata ke Science Garden, Sentul Bogor

  1. Pertama, lahan parkir ketika musim puncak liburan akan penuh sesak dengan mobil para pengunjung. Disarankan untuk mengambil tempat parkir alternatif di mal Belanova di dekat pintu tol. Di dalam mal Belanova sendiri sudah ada akses langsung menuju ke Science Garden, Eco Art park.
  2. Sebelum mencoba suatu alat peraga, baca terlebih dahulu instruksi atau petunjuk yang sudah terpampang. Setiap alat peraga sudah dilengkapi dengan instruksi jadi memudahkan para pengunjung untuk mencoba memainkan dan bereksperimen.
  3. Perlu diketahui, alat peraga di kawasan taman energi atau Science Garden, diperuntukkan bagi anak-anak, bukan orang dewasa. Jadi, alat peraga seperti ayunan pendulum atau sepeda tali hanya boleh dicoba oleh anak-anak agar tidak kelebihan beban.
  4. Mari ikut merawat dan menjaga kualitas sarana dan alat-alat peraga yang ada di dalam taman energi atau Science Garden dengan tidak merusak, mencorat-coret ataupun mencoba menaiki jika Anda memiliki bobot tubuh lebih dari yang disarankan.
  5. Last but not least, buanglah sampah pada tempatnya. Kawasan Science Garden begitu luas dan menjadi satu dengan kawasan wisata eco art park sehingga akan membuat para petugas kebersihan ataupun pengunjung lain merasa risih apabila ada oknum pengunjung tidak bertanggung jawab yang mencemari lingkungan dengan membuang sampah sembarangan. Jika tidak menemukan tempat sampah, lebih baik simpan sampah bungkus kemasan makanan atau minuman di dalam tas atau kantong plastik untuk dikumpulkan dan dibuang nanti.
  6. Beberapa alat peraga di taman energi atau Science Garden, membutuhkan penjelasan ilmiah dan logis. Maka dari itu, berikan penjelasan dengan kata-kata yang sederhana dan mudah dimengerti oleh sang buah hati yang masih kecil agar mereka gampang memahami/mengingat.
  7. Jika melewati taman patung dengan model figur patung-patung yang berbentuk aneh ataupun telanjang, para orang tua juga harus dapat memberikan informasi dan penjelasan yang tepat dan mudah dipahami oleh anak-anak, terutama yang masih kecil.

Akses Lokasi Science Garden

Untuk dapat berkunjung ke Taman Energi atau Science Garden ini, Anda dapat menggunakan mobil. Yang termudah adalah melalui Jalan Tol Jagorawi dan keluar lewat gerbang Tol Sentul Selatan. Sekeluarnya dari gerbang tol, Anda akan menemukan Bellanova Mall. Belokkan kendaraan ke kiri dan lurus hingga menemukan putaran, belokkan ke kanan, hingga terlihat penunjuk jalan bertuliskan Ah Poong.

Nantinya, Anda akan menemukan Masjid Andalusia di sebelah kiri dan sekitar 20-30 meter di sebelah kanan terlihat tulisan Eco Art Park. Jika dari arah Bogor, gunakan saja Jalan Tol Lingkar Luar Bogor dan keluar dari gerbang tol tinggal lurus hingga menemukan Bellanova Mall dan ikuti instruksi sebelumnya.

Belajar dan bermain makin asyik dengan mengunjungi Science Garden, Sentul. Jadi, apalagi yang ditunggu. Mari berangkat ke Science Garden. (jari adventure-det img: Pinterest)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.