Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival, Kearifan Lokal Kain Tradisi

Sumatra adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia yang selalu menarik untuk dibicarakan. Pulau yang terdiri dari beberapa provinsi ini memiliki destinasi wisata yang menarik.

Tidak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke Sumatra karena ingin langsung melihat keindahan alam yang ada di pulau ini.

Tentu saja kekayaan Sumatra tidak hanya terbatas pada kekayaan alamnya saja, namun juga pada kekayaan budaya.

Keragaman budaya Sumatra bisa kita lihat melalui berbagai festivalnya, misalnya saja pada Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival.

Memangnya apa sih yang membuat festival ini berbeda dengan festival kebudayaan lainnya? Daripada tambah penasaran, yuk simak fakta menarik tentang Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival satu ini!

 

Merupakan acara tahunan

Pastinya banyak dari kita yang penasaran kapan Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival ini diadakan. Kabar baiknya, festival ini merupakan festival tahunan yang bisa kita saksikan langsung keseruannya tiap tahun.

Tanggal penyelenggaraan Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival pun selalu berubah sehingga kita perlu pantau terus informasinya.

Misalnya saja pada Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival 2018 kemarin yang berlangsung dari tanggal 24 Agustus sampai 26 Agustus 2018.

 

Memperkenalkan kain songket ke dunia

Bagi kita warga Indonesia, pastilah sudah mengenal kain songket sebagai kain tradisional yang memiliki nilai sejarah tiggi.

Bagaimana dengan negara lain? Apakah mereka sudah mengenal nilai dari kain songket? Salah satu tujuan diadakannya Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival adalah untuk mengenalkan kain songket di dunia.

Siapa bilag hanya kain batik saja yang bisa dibanggakan dari Indonesia? Keindahan dari kain songket juga akan membuat siapapun berdecaak kagum!

 

Memecahkan rekor MURI

Animo masyarakat yang begitu besar terhadap Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival, membuat festival ini berhasil memecahkan rekor MURI pada tahun 2015 kemarin.

Acara yang diselenggarakan di Sawahlunto ini tercatat sebagai salah satu festival yang melibatkan peserta terbanyak pada acara songket.

Prestasi inilah yang membuat Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival lebih mudah dikenal oleh masyarakat dan jumlah pegunjungnya pun selalu meningkat tiap tahun.

 

Nilai dari kain songket

Memangnya seberapa berharga sih kain songket ini? Tentu saja sangat berharga! Kain sogket sendiri merupakan kain yang masih dibuat secara tradisional, alias masih ditenun menggunakan tangan.

Tidak heran jika motif antara satu kain songket dengan lainnya pun tidak akan sama persis karena para penenun yang mengeksplorasi kreativitas mereka ketika membuat kain ini.

Meskipun kita bisa menemukan berbagai warna kain songket, biasanya kain ini didominasi denga warna hitam ataupun merah.

 

Merupakan songket tertua

Bagi kita yang belum tahu tentang songket silungkang, pastilah bertanya-tanya apa sebenarnya perbedaan kain songket ini dengan songket lainnya.

Namun siapa sangka jika songket silungkang ini adalah songket tertua yang sudah berumur ratusan tahun? Tidak heran jika animo masyarakat terhadap Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival begitu besar karena ingin melihat langsung kain songket ini.

 

 

baca juga:

Jarang Dilirik Turis, 7 Tempat Wisata Instagenik di Cina yang Sering Diremehkan

Melibatkan banyak orang sekaligus

Kemeriahan Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival ini bukan hanya sebatas pada melibatkan banyak penenun, namun juga pihak pendukung yang membuat festival ini bisa berjalan setiap tahun.

Jalannya Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival sendiri sudah didukung langsung oleh pemerintah dan organisasi daerah bahkan melibatkan banyak stakeholder.

Tidak heran jika banyak yang mendukung festival ini karena mengangkat kearifan lokal dan menampilkan keberagaman budaya Minangkabau.

 

Meriahnya pawai Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival

Lalu apa lagi yang membuat Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival spesial? Tentu saja masih banyak, terlebih ada pawai yang melibatkan ratusan peserta.

Yup, pada Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival inilah kita bisa menyaksikan peserta yang menggunakan songket silungkang yang harganya cukup fantastis.

Para peserta ini akan berjalan kurang lebih 100 meter di jalan utama Kota Sawahlunto. Ratusan bahkan ribuan wisatawan pun bisa menikmati keindahan kain songket ini dari dekat!

Nah bagaimana? Pastinya semakin tertarik kan untuk melihat lebih dekat keseruan Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival?

Yakin mau melewatkan juga keseruan Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival tahun ini? Yuk segera rencanakan perjalanan ke Sumatra Barat dan mampir ke Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.