Rumah Bubutan Tinggi, Hulu Sungai Utara Kalsel, Sarat Nilai Artistik Luhur

Rumah Bubutan Tinggi  – Bila anda ke Kalimantan Selatan, tak ada salahnya mampir berkunjung ke Desa Lawaha untuk melihat keindahan rumah adat suku Banjar, Rumah Bubutan Tinggi namanya. Pada jaman dahulu, rumah adat ini dijadikan istana kediaman raja yang berada di area Keraton Banjar. Rumah Bubutan Tinggi sekilas mirip dengan rumah tradisional Betawi, perbedaan terletak pada kontruksi panggung yang dimiliki oleh Rumah Bubutan Tinggi. Sebagian besar rumah adat Banjar ini terbuat dari bahan kayu, hal ini karena faktor alam Kalimantan Selatan yang masih memiliki banyak hutan rimba.

Berjuta Keunikan Rumah Bubutan Tinggi

Layaknya hunian pada umumnya, Rumah Bubutan Tinggi terdiri dari beberapa ruangan, seperti pendopo atau teras, pacira antara pacira dalam dan pacira luar, dan panampik kacil, dan padapuran. Pacira sendiri berfungsi sebagai tempat menyimpan alat pertanian, pertukangan dan menangkap ikan, sedangkan panampik kecil berguna untuk menyambut tamu atau ruang tamu muka, dan padapuran yakni ruang terakhir yang letaknya di bagian belakang bangunan.

Tinggi dan lebar setiap rumah adat Banjar biasanya berbeda-beda, ada yang unik dari latar belakang mengapa ukuran tiap rumah berbeda. Hal ini dikarenakan ukuran depa atau jengkal pemilik rumahlah yang digunakan untuk mengukur rumah Banjar. Hal lain yang tak kalah unik adalah kepercayaan masyarakat yang mengharuskan hitungan ganjil dalam ornamen rumah, mulai dari jumlah anak tangga, hiasan tangga dan lain-lain. Namun pada umumnya rumah adat ini memiliki panjang bangunan 31 meter dan lebarnya 7 meter.

Tips Untuk Anda Yang Berniat Mengunjungi Rumah Bubutan Tinggi

Untuk anda yang ingin mengunjungi Rumah Bubutan dengan sejuta keunikannya ini, anda bisa datang ke Desa Lawaha. Tak perlu khawatir bila datang tak dengan pemandu wisata, penduduk lokal suku Banjar sendiri yang akan menyambut anda dengan hangat. Selain bisa melihat-lihat uniknya Rumah Bubutan Tinggi, anda juga bisa bertanya mengenai adat dan budaya setempat.

Baca Juga: Wisata Batu Limau Nan Unik di Pulau Karimun

Gunakan agen travel wisata yang kredibel

Liburan menyenangkan harus mencakupu segala aspek. Termasuk akomodasi hotel, penginapan, tour wisata dan pemandu wisata yang berpengalaman. Bila perlu, agen pemandu wisata adalah orang lokal yang sudah berdomisili bertahun – tahun di sekitar tempat tujuan wisata. Sehingga dapat memandu para wisatawan dan pengunjung dengan baik. Bahkan, menunjukkan spot – spot wisata menarik yang mungkin masih belum populer.

 

Pesan hotel sejak jauh – jauh hari

Hari libur panjang, kerap menjadi sasaran para pecinta travelling untuk berlibur dan bersantai ke luar kota. Destinasi wisata di berbagai daerah akan diserbu selama satu minggu penuh. Untuk itu, pesan hotel atau penginapan terbaik sejak jauh – jauh hari agar mendapatkan kamar terbaik dengan kenyamanan yang diinginkan. Jangan sampai, Anda jauh- jauh datang ke daerah, tetapi sampai di lokasi kehabisan kamar karena semua kamar hotel sudah penuh dipesan.

Jari adventure merupakan agen travel dan perjalanan wisata berpengalaman yang berlokasi di Jl sarimanah, Bandung. Sudah terbukti memberikan pelayanan memuaskan kepada para klien seperti instansi, keluarga, ataupun rombongan pariwisata dari berbagai sekolah.

Outbond atau berlibur ke wisata alam menjadi obyek destinasi utama. Selain memberikan banyak pengalaman berlibur yang menyenangkan, bagi anak – anak wisata outbond juga dapat menjadi sarana edukasi yang mudah diingat dan membuat si kecil lebih mudah beraktivitas sambil bermain.

Berlibur bersama jari adventure, para wisatawan mendapat banyak keuntungan. Dengan jenis paket liburan, maka bujet berlibur dapat lebih hemat. Ongkos dan biaya hotel, transportasi, tiket masuk ke atraksi wisata dan pemandu wisata, menjadi satu paket yang lengkap dan menyenangkan. Tidak ada lagi ribet memesan hotel atau pusing mencari tempat menginap, karena semua biaya perjalanan sudah termasuk dalam satu paket liburan yang komplit.

Hati – hati dan menjaga kebersihan sarana wisata

Rumah Bubutan Tinggi adalah obyek wisata sekaligus peninggalan leluhur yang perlu dijaga kelestariannya. Usahakan agar hati – hati dalam melangkah setiap sudut rumah yang bernilai estetika tinggi ini. Jika membawa serta si kecil, pastikan agar anak – anak selalu dalam pengawasan agar tidak merusak atau bahkan mengganggu kenyamanan pengunjung lain karena berlari – larian di dalam Rumah Bubutan Tinggi.

Bagaimana, sepertinya menyenangkan, bukan berlibur ke Rumah Bubutan Tinggi? Yuk, tunggu apalagi segera siapkan liburan anda menuju Kalimantan Selatan!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *