Road Trip to Andalas, Ayo Touring Mobil Rame-rame Jelajah Pesona Sumatera

Pulau Andalas merupakan salah satu pulau yang terbesar di Indonesia. Bentang alamnya begitu menakjubkan dan membuat penasaran para petualang untuk menjelajahinya.

Di Sumatera sendiri memang sudah ada jalur rel kereta api ataupun jalur udara, akan tetapi untuk memperkaya pengalaman, road trip alis touring dengan mobil akan memberikan keistimewaan tersendiri.

Misalnya, bagi yang touring rombongan atau rame – rame, singgah ke beberapa tempat di sisi jalan raya yang indah untuk berfoto – foto. Atau menemukan permata tersembunyi yang tak mungkin bisa dijelajahi dengan naik kereta api atau pesawat terbang.

Bisa dibilang touring mobil adalah alat transportasi untuk menjelajahi Sumatera yang terbaik. Siapkan diri dan perbekalanmu untuk mengeksplorasi keindahan “pulau Emas” dalam deretan tempat wisata terindah berikut:

1. Pesisir Kalianda, Lampung

Melintasi jalur barat Sumatera, pesisir Kalianda adalah tempat pertama yang dituju sebelum ibukota Lampung. Pesisir ini terdiri dari sejumlah pantai indah. Seperti Tapak Kera, Merak Belantun, Sebalang, Marina dan lainnya. Bermalam di tepi pantai akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

2. Pantai Gigi Hiu, Tanggamus – Lampung

Melanjutkan perjalanan, tepat di Kabupaten Tanggamus, ada sebuah pantai yang diberi nama Gigi Hiu. Anda akan tahu asal nama tersebut setelah datang langsung. Ada banyak karang bebatuan yang berujung lancip seperti gigi hiu.

 

Baca juga:

Pulau Katang, Tak Berpenuhi Namun Menggoda

 

3. Pantai Krui, Pesisir Barat Lampung

Masih menjelajahi pesisir barat Sumatera, sampai di Pantai Krui gulungan ombak akan menjadi panorama yang menyambut wisatawan. Bahkan, sempat meraih gelar sebagai ombak tertinggi di dunia ke-7. Pantas jika Pantai Krui menjadi langganan menunggang ombak pesurfer Internasional.

4. Danau Ranau, Sumatera Selatan

Berada di jalur lintas barat Sumatera, danau terbesar seantero pulau Andalas ini berada di perbatasan Lampung dan Palembang. Tepatnya, di kabupaten OKU (Ogan Komering Ulu). Keindahan dan kesejukan suasana membuat para pelancong betah berlama – lama sambil mengabadikan diri.

5. Curup Buluh, Lahat – Sumatera Selatan

Menengok pantai dan danau sudah? Kini saatnya menelusuri keindahan air terjun di jalur lintas tengah Sumatera. Air terjun yang dikelilingi hutan bambu ini menciptakan lingkungan udara yang begitu menyegarkan. Lelah mengemudi, bisa sejenak beristirahat sambil berpiknik.

6. Bukit Khayangan, Kerinci – Jambi

Sampai di kota Jambi, bukit yang dijuluki sebagai negeri di atas awan ini ada pada ketinggian 1500 mdpl. Awan yang berarak seperti kapas empuk berada di bawah kita, seolah mengantarkan kita menuju negeri antah berantah. Spektakuler!

7. Danau Gunung Tujuh, Kerinci – Jambi

Lokasi yang berada di dataran tinggi kabupaten Kerinci, menjadikan danau ini sebagai danau tertinggi di dunia nomor 2. Pengunjung akan melintasi perkebunan teh sejak jaman kolonial, Kayu Aro, Desa Pelompek. Membentang luas sampai – sampai menjadi kebun teh terluas se-Asia Tenggara.

8. Pantai Panjang Bengkulu

Menyabet gelar sebagai pesisir terpanjang di Indonesia, sejauh 7 km. Menyusuri pantai ini maka pelancong dapat menjumpai Museum Benteng Fort Malborough yang merupakan peninggalan kolonial Belanda.

9. Jalan Layang Kelok Sembilan, Sumatera Barat

Popularitas Kelok Sembilan di Payakumbuh memang sudah tak perlu diragukan. Jalan ini yang menjadi penghubung Sumatera Barat dengan Riau. Tepat di tengah jalur ada jembatan layang 2,5 km. Hampir setiap rute road trip Sumatera pasti akan melintasi keindahan Kelok Sembilan.

10. Lembah Harau, Payakumbuh – Sumatera Barat

Cagar alam yang indah ini mengelilingi Kelok Sembilan dengan berbagai fauna dan flora yang dilindungi. Tebign – tebing granit menjulang berwarna – warni setinggi 100 – 500 meter, membuat kita seolah sangat kerdil di mata alam.

11. Ngarai Sianok, Payakumbuh

Penat menginjak gas, saatnya untuk melepaskan lelah di Ngarai Sianok Payakumbuh kab. Agam, Sumatera Barat. Pemandangan matahari terbenam menjadi buruan banyak wisatawan yang hadir. Ngarai, tebing dan lembah yang indah begitu tenang dan menentramkan pikiran. Sungguh sayang bila tak berfoto selfie dan mengabadikan momen liburan di sini.

13. Istano Baso Pagruyung , Batusangkar Sumatera Barat

Rumah adat Sumatera Barat atau yang disebut sebagai  Rumah Gadang menjadi kediaman keluarga raja Pagaruyung di kota Batusangkar, kab. Tanah Datar. Keindahannya yang otentik kerap digunakan untuk keperluan foto pre wedding dan terdapat juga penyewaan baju adat Minangkabau bagi yang ingin berfoto lebih maksimal.

***

Pastikan liburan ke pulau Andalas sudah dipersiapkan secara profesional. Hubungi agen travel wisata, Jari Adventure yang akan mengakomodir segala kebutuhan perjalanan wisata Anda ke seluruh destinasi populer di Indonesia. Pemesanan dan info lengkap bisa menghubungi via Whatsapp nomor 0877 – 78906999.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *