Cuci Mata Dengan Asrinya Alam Di Puncak Riung Gunung

Riung GunungTidak bisa dipungkiri kalau Bogor tetap menjadi magnet bagi para wisatawan yang ingin melepas lelah saat weekend, terutama di daerah puncak di mana rekan traveler akan disuguhi pemandangan hijaunya perkebunan teh dan pegunungan. Salah satu daerah yang cukup terkenal untuk menghabiskan waktu menikmati indahnya panorama puncak adalah di Riung Gunung. Sesuai dengan namanya yang berarti tempat gunung berkumpul, kontur perbukitan di daerah ini menawarkan pemandangan keindahan puncak yang terkenal indah dan menawan.

Dengan ketinggian sekitar 1.500 meter dari permukaan laut, dari Riung Gunung rekan traveler bisa memandang pegunungan sejauh mata memandang hingga sejauh beberapa kilometer. Pemandangan ini semakin lengkap dengan sejuknya semilir angin, riuhnya kicauan burung dan segarnya udara yang membuat perasaan menjadi rileks. Hal inilah yang membuat setiap orang yang melintasi puncak ingin mampir barang sejenak untuk menikmatinya.

Lokasi Riung Gunung

Lokasi Riung Gunung sendiri tidak jauh dari objek wisata Bogor lain seperti Telaga Warna dan Agro Wisata Gunung Mas. Waktu tempuh dari Bogor pun relatif singkat, hanya 40 menit dengan jarak 17 kilometer. Rekan traveler yang ingin menuju lokasi yang terletak di jalur puncak km 40 akan disuguhi pemandangan yang memukau selama perjalanan ke atas. Riung Gunung sendiri terletak  sebelum puncak pass, dan lokasinya ditandai dengan sebuah tugu berbentuk botol kecap raksasa.

Riung Gunung, Tempat Presiden RI Ke-1 Bersantai

Rekan traveler dapat menghabiskan waktu dengan melakukan aktifitas teawalk atau berjalan mengelilingi perkebunan teh yang luas, dengan melintasi jalur yang sudah ada. Objek  menarik lainnya yang ada di Riung Gunung adalah sebuah villa milik Ir. Soekarno, yang konon sering dijadikan tempat beristirahat dan menyepi oleh mantan presiden RI pertama tersebut. Beberapa benda peninggalan Ir. Soekarno juga masih tersimpan rapi di dalam villa tersebut hingga saat ini.

Tidak hanya menghabiskan waktu dengan melihat pemandangan, bermacam aktifitas seru pun dapat dilakukan di tempat ini. Inilah alasan kawasan Riung Gunung juga cocok untuk wisata keluarga dengan terdapatnya berbagai fasilitas yang terdapat di kawasan ini.

Baca Juga:

Wisata Budaya Khas Bogor, Kampung Budaya Sindang Barang

Buat rekan traveler yang menyukai berenang, pasti tergoda untuk menceburkan tubuh ke kolam renang yang airnya berasal dari mata air langsung, sehingga terjaga kealamian dan kejernihannya. Hawa dingin yang seringkali datang tidak menjadi halangan untuk berenang dan menikmati kesegaran air murni dari pegunungan.

Permainan Keluarga Di Riung Gunung

Jangan takut anak-anak akan bosan saat mengunjungi Riung Gunung. Flying Fox dan fasilitas outbound lainnya merupakan salah satu kegiatan yang menarik untuk dicoba, terutama bagi anak-anak. Selain menjadi sarana bermain, juga dapat melatih kemandirian dan membangkitkan keberanian dalam diri mereka. Harga yang dipatok untuk menikmati fasilitas inipun terbilang terjangkau. Hanya dengan menyiapkan dana sebesar Rp. 15.000,- sebuah petualangan seru yang memacu adrenalin bisa didapatkan.

Paralayang Di Riung Gunung

Belum cukup menantang keberanian? Jajal deh kegiatan paralayang yang dapat disewa untuk menikmati keindahan Riung Gunung dari ketinggian. Namun pastikan dulu bahwa cuaca cerah sehingga rekan traveler dapat menikmati keindahan Riung Gunung tanpa gangguan.

Untuk anak-anak yang usianya lebih muda, dapat menghabiskan waktu di area bermain yang disediakan di lokasi wisata. Ada berbagai permainan yang memicu gelak tawa si kecil, seperti ayunan, seluncuran, jungkat-jungkit, dan lain-lain. Bermain sembari menikmati pemandangan yang asri dijamin akan menyajikan pengalaman yang sangat menyenangkan.

Tidak lengkap sebuah tempat wisata tanpa hadirnya sebuah tempat makan untuk melepaskan dahaga dan lapar, atau hanya sekedar tempat melepas lelah. Di kafe dan resto ini rekan traveler dapat menemukan makanan dan jajanan khas puncak, selain juga makanan-makanan umum yang dapat dijumpai di restoran. Harga yang dikenakan pun masih bersahabat dengan dompet, sehingga tidak perlu ragu menghabiskan waktu bersantai di sini.

Keliling Kebun Teh Dan Terapi Ikan Di Riung Gunung

Setelah mengisi tenaga dengan makanan dan minuman hangat, isi waktu dengan melakukan teawalk, alias berjalan-jalan mengelilingi perkebunan teh. Udara segar, hawa sejuk, dan aktivitas olahraga dijamin dapat memulihkan stamina yang selama ini kelelahan akibat rutinitas harian. Jangan lupa berselfie dengan latar belakang para pekerja yang sedang memetik daun teh.

Puas berjalan-jalan, badan yang terasa sedikit lelah dapat kembali rileks dengan mendatangi terapi ikan. Sensasi geli mulut-mulut kecil dari ikan yang menggigiti kaki kita dapat mendatangkan rona ceria bagi keluarga, terutama anak-anak. Sembari menggigiti sel-sel kulit mati di sekitar kaki, ternyata terapi ikan ini juga memberikan sensasi pijat relaksasi yang dapat mengusir stres dan penat. Sangat layak dicoba lho!

Lengkap dan seru bukan kegiatan liburan kali ini. Yuk ajak seluruh anggota keluarga menikmati kebersamaan di tengah indahnya pemandangan Riung Gunung. (jari adventure-det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *