Riau Dinobatkan Jadi Tempat Paling Menakjubkan di Indonesia, Ini Alasannya

Selamaaatt…! Riau sukses meraih gelar sebagai tempat paling mempesona di seantero tanah air. Gelar ini tak hanya isapan jempol. Karena diperjuangkan provinsi Riau saat menghadapi seluruh provinsi lainnya dari Aceh sampai Papua di ajang bergengsi, Anugerah Pesona Indonesia 2017.

Riau menjadi juara umum setelah masuk dalam beberapa nominasi kategori. Antara lain, makanan tradisional terpopuler, tempat bersejarah paling populer, atraksi budaya terpopuler, dan masih banyak lagi kategori yang berhasil ditempati.

Sebagai warga negara Indonesia, tentunya tak soal siapa saja yang menang. Karena kemenangan Riau juga menjadi kemenangan seluruh masyarakat Indonesia. Khususnya untuk meningkatkan dunia pariwisata di kep. Riau.

Nah, biar makin bangga sama negara sendiri. Yuk, simak 7 alasan yang membuat Riau menjadi juara Anugerah Pesona Indonesia tahun 2017:

Makanan tradisional khas Indragiri Hulu, Bolu Berendam

blogspot.com

 

Berkunjung ke tanah melayu tak lengkap tanpa membeli oleh – oleh bolu berendam. Kue bolu yang biasanya kering, sebelum disajikan akan direbus dahulu. Teksturnya agak basah dan terbuat dari tepung, gula dan telur.

Pada masa lalu, bolu berendam merupakan makanan favorit Sultan dari Kerajaan Indragiri. Dahulu hanya terhidang saat upacara adat khusus. Namun, seiring waktu, banyak yang menginginkan bolu berendam sebagai oleh-oleh.

Situs tradisional bersejarah, Siak Sri Inderapura

Kemegahan dan keindahan Istana Siak Sri Inderapura memang tiada duanya. Sering dikenal juga dengan Istana Asserayah Hasyimiah yang sangat populer di tanah Melayu. Selain itu, menjadi jujukan wisatawan asal negeri jiran seperti Malaysia dan Singapura.

Istana bersejarah rakyat Riau ini dibangun pada 1893 oleh Kesultanan Siak. Berdiri di atas lahan seluas 32 hektar. Dan dibagi menjadi 4 kawasan. Yaitu Istana Siak, Istana Baroe, Istana Padjang dan Istana Lima. Keren banget!

Satu – satunya di Indonesia, Ombak Bono

analisadaily.com

 

Menunggang ombak di laut mungkin sudah jadi hal yang lumrah. Namun, di Muara Sungai Kampar ini kamu juga bisa menaklukkan tingginya ombak sungai yang berwarna kecoklatan. Yes, inilah yang namanya ombak bono.

Gelombang tinggi terjadi karena bertemunya arus sungai dengan arus laut menuju muara. Akibatnya, muncul gelombang yang besar seperti ombak di laut. Ombak Bono hanya ada di beberapa tempat di dunia, seperti Sungai Amazon, Brasil.

Wisatawan yang ingin menikmati berseluncur di atas ombak bono, disarankan untuk datang pada bulan November hingga Desember. Karena saat itu, gelombang paling besar dan paling seru untuk berselancar. Bahkan, para peselancar dunia juga kerap berkunjung untuk menghadiri festival ombak bono tahunan.

Kemeriahan Festival Bakar Tongkang warga etnis Tionghoa

festival bakar tongkang
festival bakar tongkang

Hampir di seluruh penjuru bumi, selalu ada komunitas warga keturunan etnis Cina. Warga lokal dan warga Cina hidup rukun berdampingan dan saling menghormati di Bagansiapi – api, Riau.

Hal ini bisa terlihat jelas saat perayaan Festival Bakar Tongkang yang sudah digelar sejak 130 tahun lalu.

Menurut sejarah, warga etnis Cina dahulu datang ke kota Bagan siapi-api menggunakan kapal tongkang. Karena sukses di negeri orang, mereka tak sudi kembali lagi ke Cina dan membakar kapal mereka sebagai lambang jika mereka betah menetap di wilayah Riau.

Baca juga:

Ombak Bono Sungai Kampar Pelalawan, Riau, Surga Peselancar

 

Lomba dayung atau pacu jalur di Sungai Batang Kuantan

blogspot.com

Festival dan perlombaan dayung atau pacu jalur biasanya digelar di Sungai Batang Kuantan. Perayaan berlangsung selama beberapa hari dengan dihadiri jajaran pejabat lokal, dan tokoh – tokoh nasional. Selain lomba dayung, juga diadakan pertunjukan seni musik, tari – tarian dan permainan rakyat.

Para peserta dayung harus mempersiapkan fisik dan perahu mereka sepanjang 25 hingga 40 meter yang akan didayung oleh belasan orang. Kekompakan dan irama saat mendayung juga diuji menuju garis finis dalam waktu tercepat.

Minum “Laksamana Mengamuk” untuk segarkan tubuh

backpackerjakarta.com

Meski namanya sedikit menyeramkan, tetapi minuman ini tak akan memberikan efek marah atau temperamental pada si peminum. Bahkan, minuman ini merupakan campuran herbal dari santan dan mangga kueni. Cocok untuk minuman segar atau hidangan buka puasa di bulan Ramadan.

Wisata belanja murah dan berkualitas di Pasar Bawah Pekanbaru

tripriau.com

Tak lengkap, berwisata ke Riau tanpa memborong oleh-oleh, di Pasar Bawah Pekanbaru ada banyak oleh-oleh yang bisa dibeli dengan harga tergolong murah. Apalagi jika dalam jumlah banyak. Selain camilan dan produk lokal, di Pasar Bawah juga menyediakan camilan atau oleh –oleh dari Malaysia dan Singapura dengan harga terjangkau. Bahkan, ada juga item fashion seperti kain tenun khas Riau yang bisa dijadikan oleh-oleh.

***

Keren banget kan, provinsi Riau? Makanya, untuk liburan selanjutnya tak ada salahnya memilih berbagai tempat wisata yang menarik di Riau. Pastikan, Jari Adventure sebagai mitra perjalananmu untuk liburan penuh petualangan yang menyenangkan. Selamat berlibur…

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.