Mau Kerja Remote ala Freelancer di Tempat Wisata? Simak Tipsnya

Pernahkah Anda mendengar Work From Destination? Bekerja dari destinasi wisata memang bukanlah hal yang baru. Namun, adanya pandemic di tahun 2020 hingga kini membuat konsep ini semakin menggiurkan, bukan?

Apalagi bagi Anda yang suka traveling, tentu harga tiket dan hotel yang jauh lebih murah tidak ingin Anda lewatkan. Apalagi Work from Home semakin digiatkan untuk mengurangi penularan Covid-19.

Bagi Anda yang ingin bekerja jarak jauh di destinasi wisata, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Apa saja?

 

 

  • Biaya Hidup di Tempat Destinasi

fin.co.id

Sebelum memulai, pastikan Anda memilih destinasi yang menunjang kenyamanan diri Anda serta pekerjaan Anda. Jangan sampai Anda memilih destinasi asal senang saja.

Destinasi seperti tempat terpencil bisa mengganggu sinyal internet dan telepon untuk pekerjaan Anda. Meskipun banyak penginapan dengan teknologi yang mumpuni.

Selain itu, perhatikan pula urusan biaya sehari-hari yang Anda butuhkan di tempat. Itu karena, pengeluaran di setiap destinasi pasti berbeda, apalagi Anda datang sebagai pekerja bukan sebagai turis.

Jangan sampai menjadi Work from Destination malah membuat tabungan Anda menipis!

 

 

  • Pertimbangkan Lokasi

trvl-media

Bila Anda ingin menetap lebih lama, maka beberapa destinasi seperti Bali di Indonesia, Chiang Mai di Thailand, Valencia di Spanyol serta Lisbon di Portugal bisa menjadi pilihan Anda.

Destinasi ini biasanya cukup aman serta lengkap dengan Wi-Fi yang baik, tempat beragam untuk bekerja, biaya hidup tidak terlalu tinggi, serta komunitas nomaden yang cukup kuat.

Apalagi Asia Tenggara yang terkenal dengan budaya kerja di kafe sehingga bisa menjadi pilihan yang bagus. Bekerja di kafe terlihat seperti hal yang normal.

 

 

  • Siapkan Peralatan

Agoda

 

Salah satu yang harus Anda untuk bekerja jarak jauh adalah jaringan Wi-Fi dan telepon. Namun, jangan lupakan peralatan lainnya yang dapat membantu Anda secara produktif saat bekerja.

Misalnya, laptop yang nyaman untuk bekerja, pengisi daya, keyboard, mouse, notebook, pena, dan yang lainnya.

 

 

  • Bergabung dalam Komunitas

highfive.com

Bila Anda memutuskan untuk bekerja sekaligus berwisata, maka ada baiknya untuk mendapatkan keanggotaan pada co-working place. Bergabung dengan komunitas akan membantu Anda untuk terhubung dengan orang-orang yang memiliki kesamaan waktu dan konsep bekerja.

Selain itu, ada beberapa acara komunitas yang bisa Anda hadiri demi menjalin relasi. Komunitas ini bisa menjadi teman instan saat Anda bekerja di luar kota.

Bahkan, Anda dapat menjalin jaringan dengan klien yang potensial. Beberapa tempat untuk komunitas seperti ini seperti Outpost di Bali serta La Maquinista di Buenos Aires bisa menjadi pilihan Anda.

 

baca juga:

Tips Berwisata Akhir Pekan ke Queen Garden Water Boom, Batam

 

 

  • Piknik

ible-it.

Saat ada kesempatan, nikmati waktu santai Anda selama Anda berada di sekitar destinasi wisata. Hal ini juga membantu Anda untuk merefresh tubuh dan pikiran setelah bekerja.

Selain bisa berkeliling dunia sambil bekerja, Anda dapat berkesempatan untuk memahami diri dan mengenal lebih dalam akan lingkungan sekitar.

Jangan sampai bekerja terus menerus tanpa kenal waktu, sehingga Anda lupa “piknik”. Padahal, Anda sedang dikelilingi destinasi yang juga harus Anda eksplor setelah pekerjaan terselesaikan.

 

 

  • Disiplin dan Profesional

Individual Obligation

Pekerja yang berpindah-pindah selama bertahun-tahun bisa dijuluki pengembara digital. Untuk menjadi pengembara digital, maka Anda perlu disiplin dan profesional.

Bila kantor pusat Anda meminta hadir dalam rapat, maka pastikan diri Anda disiplin dan hadir tepat waktu. Jangan sampai Anda menunda pekerjaan dan memilih bermalas-malasan.

Terapkan etos kerja yang disiplin dan profesional meskipun Anda berada di destinasi yang dikelilingi gunung dan pantai. Dengan begitu, etos kerja akan terlihat dan Anda tetap menjadi favorit bos di kantor.

Itulah beberapa pertimbangan yang harus Anda persiapkan sebelum memulai Work from Destination. Di tahun 2021 ini, apakah Anda akan memulai perjalanan Anda?

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.