Relaksasi Berendam Bak Raja di Pemandian Dewi Sri, Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Kerajaan Mataram kuno merupakan sebutan untuk dua dinasti, yakni dinasti Sanjaya (hindu) yang didirikan pada tahun 732 dan Syailendra (buddha)yang didirikan oleh Bhanu pada tahun 752. Meski berbeda, kedua dinasti ini hidup berdampingan dengan damai. Kerajaannya sendiri terletak di Jawa Tengah, daerahnya dikelilingi oleh pegunungan dan gunung agung, seperti Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi-merbabu, Gunung Lawu, dan pegunugan Sewu.

Setiap situs sejarah pasti memiliki jejak peninggalan. Begitu juga dengan Kerajaan Mataram Kuno. Salah satu tempat yang dipercayai sebagai peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yaitu Pemandian Dewi Sri. Tempat ini memiliki pesona yang menarik hati, jangan lewatkan untuk mengunjunginya bila sedang berada di Magetan. Nama Dewi Sri diambil dari mitologi jawa, yang dikenal sebagai dewi yang memberi Penghidupan bagi Manusia. Pemandian Dewi Sri dianggap sebagai sumber penghidupan karena Patung Dewi Sri selalu memancarkan air dari kedua payudaranya.

Situs ini berada di Dalam naungan Badan Pelestarian Cagar Budaya Trowulan Jawa Timur sejak tahun 1999. Bukti bila Situs ini merupakan peninggalan kerajaan Mataram yaitu adanya tulisan yang ditemukan di atap miniatur salah satu artefak berbentuk rumah yang bertuliskanangka tahun 905 saka atau 983 Masehi dan 917 saka atau 995 Masehi. Sebelum tahun 1990, situs ini dianggap warga sebagai tempat keramat. Namun sejak tahun 1990, pemugaran mulai dilakukan hingga ditemukan pemandian ini.

  • Lokasi

Pemandian Dewi Sri Magetan adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Simbatan, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur atau sekitar 20KM di timur pusat kota Magetan.  Jika masih bingung, kamu bisa mengetahui lokasi tepatnya dengan menggunakan Google Maps. Google maps selalu bisa diandalkan disaat-saat seperti ini. Tidak hanya pemandian Dewi Sri yang bisa dijangkau oleh google maps, tempat-tempat lain pun juga bisa.

  • Fasilitas atau Sarana dan Prasarana

Ada beberapa fasilitas yang disediakan dan bisa kamu gunakan, diantaranya

-Area Parkir Kendaraan roda dua maupun roda empat

– Rest Area / tempat istirahat bila Kamu kelelahan

– Kamar mandi / MCK untuk Bilas dan ganti baju

-Tempat Ibadah untuk kamu yang ingin menunaikan sholat

Menempati area seluas 1400 meter persegi, Pemandian dewi Sri juga memiliki daya tarik berupa miniatur lumbung berjumlah 7 buah, fragmen Arca berjumlah 7, Miniatur dua buah rumah, dan sebuah belik atau sumber sumur kuno.

Namun yang sangat disayangkan, situs ini kurang terawat, Pemerintah setempat kurang memerhatikan Potensi Lokasi ini sebagai lokasi wisata. Selain itu, lahan ini juga  tidak begitu luas, sehingga tidak bisa menampung banyak pengunjung yang kadang membludak saat hari libur tiba. Pembuatan area bermain anak dan sarana bermain keluarga perlu dibangun untuk menambah daya tariknya.

  • Tiket Masuk dan Jam Buka

Rata- rata pengunjung lokasi ini adalah pelajar. Karena merupakan situs sejarah, maka kerap dimanfaatkan untuk sarana edukasi. Namun tak hanya pelajar, pengunjung dewasa umumnya juga ada. Harga tiket masuk yang gratis alias tidak dipungut biaya apapun bisa menjadi alternatif liburan hemat ala kamu. Untuk jam buka Pemandian Dewi Sri yaitu dari pagi sampai malam. Datanglah pagi hari, agar kamu bisa mengeksplor secara luas dan menyeluruh tempat ini.

  • Tips Berkunjung

Bila kamu akan datang kemari, bawalah bekal makanan dan minuman, lalu bisa kamu nikmati di rest area yang ada, lapar dan haus akan selalu menyerang terutama bila bulan puasa seperti sekarang ini. Selain itu, jangan lupa siapkan pakaian ganti untuk kamu yang mau berendam. Siapkan juga Kamera yang baterainya sudah terisi penuh , untuk mengabadikan momen kamu selama berada di sini.

Baca juga:

Tempat Wisata Edukasi yang Atraktif Untuk Anak – anak di Kota Batu, Malang

***

Lestarikan dan jagalah situs sejarah yang ada, terutama di Negeri Sendiri. Warisan nenek moyang kita merupakan harta yang tak ternilai harganya. Dengan mengunjung tinggi warisan budaya, Anda bisa menambah wawasan sejarah. Tapi ingat, saat berkunjung diharapkan agar pelancong selalu menjaga kebersihan dan tidak merusak barang-barang kuno yang ada.

Tertarik berwisata Sejarah ke Pemandian Dewi Sri Magetan? Segera pesan tiket dan paket Perjalanan di Jari Adventure. Jari Adventure merupakan agen perjalanan aman dan terpercaya yang bisa membantu Anda sampai ke kota destinasi dengan nyaman. Perjalanan praktis, mudah dan nyaman bersama Jari Adventure.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *