Hobi Mendaki Gunung, Ini Rekomendasi Gunung ala Fiersa Besari untuk Pemula

Salah satu tren yang tidak pernah redup dalam dunia traveling ialah mendaki. Meskipun mendaki gunung bukanlah hal yang mudah.

Namun, tidak sedikit orang yang ingin memulai aktivitas ini terutama para generasi muda. Tren ini tidak ada salahnya, asalkan tetap menjaga komitmen untuk tidak merusak alam yang dipijak.

Untuk itu, pasti Anda sedang bertanya-tanya. Gunung mana sih yang cocok untuk para pemula? Untuk itu, musisi sekaligus penulis yang terkenal hobi mendaki gunung, Fiersa Besari akan menjawab pertanyaan Anda.

Sesuai dalam kanal Youtube musisi ini, ia memberikan 5 rekomendasi gunung untuk pemula. Gunung tersebut tentu memiliki jalur relative mudah sehingga para pemula tidak terlalu kaget akan trek nya.

Apa saja rekomendasi gunung untuk pemula ala Fiersa Besari? Simak berikut ini.

 

  1. Gunung Papandayan

TribunManado Travel – Tribunnews.com

 

Rekomendasi Fiersa Besari Gunung pertama ialah gunung Papandayan. Gunung Papandayan berada di kawasa Garut, Jawa Barat.

Menurutnya, gunung ini memiliki jalur yang relatif mudah serta ketinggian yang ideal. Sehingga, sangat menyenangkan bagi Anda yang baru pertama kali mencoba tren mendaki.

Ketinggian gunung ini hanya sekitar 2622 mdpl. Meski tak terlalu tinggi, pemandangan yang disuguhkan tidak akan membuat Anda menyesal. Apalagi hamparan padang edelweisnya yang menyejukkan mata tepat di depan tenda Anda.

Fiersa Besari menegaskan untuk tidak mencoba mendekati puncak gunung, karena masih aktif dan tetap mengandung gas beracun. Tak hanya itu, tetaplah waspada akan babi liar.

Pastikan untuk menyimpan sampah dan gantung peralatan makan di pohon agar babi liar tidak menyeruduknya saat datang.

 

  1. Gunung Kerenceng

In another hand, Gunung Kerenceng juga bisa Anda coba. Lokasinya berada di Sumedang, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian yang kalah jauh dengan Papandayan, yakni 1736 mdpl. Pastinya cocok untuk para pendaki pemula.

Gunung Kerenceng menyimpan keindahan yang tak kalah indah. Di pagi hari, Anda sudah disambut dengan keindahan kabut yang menawan. Menurut Fiersa, sebaiknya Anda menginap dan melanjutkan pendakian esok hari.

Pasalnya, Anda dapat melihat pesona utama Gunung Kerenceng saat matahari terbit.

 

  1. Gunung Sindoro

kumparan

 

Dari Jawa Barat, kini kita beralih ke Gunung Sindoro yang berada di Kawasan Jawa Tengah. Gunung ini bertetangga dengan Gunung Sumbing, dengan tinggi mencapai 3.136 mdpl.

Meski lebih tinggi, Fiersa Besari menyatakan bahwa trek gunung ini tidak terlalu sulit. Bahkan Anda dapat menumpang ojek menuju pos satu.

Sepanjang jalur menuju puncak, Anda bisa mampir ke berbagai warung untuk makan atau sekadar istirahat.

Bukan puncaknya, titik favorit pada Gunung Sindoro terletak pada pos sunrisenya. Lokasinya tidak jauh dari warung terakhir selama perjalanan. Bahkan, pemandangannya jauh lebih menarik daripada di puncak.

Di pos ini, Anda bisa melihat gunung-gunung di sekitar Sindoro. Fiersa tetap menyarankan untuk waspada terhadap babi liar.

 

Baca juga:

Travelling ke Korea Selatan, Ini 10 Hal Terunik di Seoul yang Bakal Dijumpai Wisatawan

 

  1. Gunung Tujuh Jambi

ketahui

Untuk Anda yang tinggal di Sumatera, Gunung Tujuh Jami bisa Anda taklukkan. Gunung ini memiliki ketinggian hanya 2.735 mdpl, yang pastinya ramah jika dibandingkan dengan Gunung Kerinci.

Pesonanya bukan di puncak, melainkan danaunya yang sangat popular. Danau ini telah diklaim sebagai danau tertingi di Kawasan Asia Tenggara. Luasnya mencapai 9,6 km2. Selain itu, pemandangannya sangat eksotis, apalagi dikelilingi puncak gunung lainnya.

 

  1. Gunung Ijen

Pesona Indo

Pilihan terakhir untuk para pemula ialah Gunung Ijen. Gunung Ijen terkenal akan api birunya yang hanya ada 2 di dunia. Ketinggiannya hanya 2.386 mdpl dengan jalur pendakian yang relatif lebih mudah.

Bahkan, pihak pengelola telah memberikan akses yang sangat nyaman, seperti tangga di beberapa titik.

Untuk merasakan pengalaman di Kawasan api biru, Anda harus sudah berada di sana pada pukul 2-4 dini hari dan dilanjutkan menuju puncak untuk melihat panorama sunrise. Jangan lupa memakai masker agar terhindar dari gas beracun.

 

Itulah 5 rekomendasi gunung bagi pemula ala Fiersa Besari. Jalur pendakian yang cukup mudah bisa menjadi awal yang baik untuk mendaki ke gunung yang lebih tinggi. Namun, tetap siapkan stamina dan perlengkapan sebaik mungkin, ya!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.