Rayakan Tahun Baruan, Hindari 7 Tempat Ini Kalau Ogah Terjebak Keramaian

Pesta malam pergantian tahun, kerap dimanfaatkan sejumlah orang untuk berkumpul dan bersenang – senang bareng teman atau keluarga. Malam yang gulita, tepat pada pukul 12.00 malam akan berubah jadi terang – benderang penuh warna. Berkat  kemeriahan kembang api yang dinyalakan bertubi – tubi menghias langit malam menjadi penuh keceriaan.

So, pasti soal kemacetan dan keramaian di tempat – tempat tertentu tak bisa lagi terbendung. Bahkan, pihak berwenang, bakal menutup sejumlah ruas jalan utama di kota agar kemacetan lalu lintas tak semakin parah.

Kalau sudah terjebak kemacetan, keseruan malam tahun baru bakal memudar karena bosan menunggu antrian kendaraan di tengah jalan. Nah, agar malam tahun baru tetap berjalan lancar dan menyenangkan, ada baiknya kamu cek dulu tempat – tempat yang bisa dihindari selama pesta malam tahun baru nanti:

Gunung – gunung di pulau Jawa

Kekuatan media sosial memang dahsyat. Hanya berbekal jari, promosi wisata alam ke gunung menjadi lebih populer dan seolah menjadi tren.

Di satu sisi, hal ini sangat positif untuk menambah perekonomian masyarakat yang ada di sekitar pedesaan terpencil terutama di kaki gunung. Akan tetapi, kita juga tak bisa mengabaikan faktor lingkungan. Keramaian pengunjung juga bisa berarti bertambahnya sampah, kerusakan lingkungan, pencemaran udara dan air, dan sebagainya.

Saat menjelang pergantian tahun baru, para pendaki akan berusaha datang 3 – 4 hari sebelumnya dan berkemah di atas gunung. Mereka juga menggunakan mata air dan juga pasti paling tidak memanfaatkan kayu untuk memasak ataupun keperluan sehari – hari.

Semakin mendekati hari H tahun baru, pendaki dan traveller yang berkemah semakin ramai. Tak ubahnya seperti camp pengungsian yang padat. Apalagi, untuk gunung – gunung yang ada di pulau Jawa seperti Semeru, Bromo, Lawu, Wilis, dan sebagainya.

Alternatif jika ingin berkontemplasi atau menyepi saat tahun baru di gunung, pilih gunung yang ada di luar pulau Jawa.

Pantai – pantai populer di kotamu

Selain pegunungan dan tempat terbuka, pantai – pantai yang populer juga bakal menjadi ajang berkumpul setiap keluarga yang ingin menyaksikan pesta kembang api terpantul indah di atas permukaan air laut.

Pantai populer seperti Kuta, Sanur, Parangtritis, Losari dan sebagainya, bakal penuh sesak dengan lautan manusia. Hampir sulit untuk bergerak apalagi berjalan di sela – sela ribuan orang yang memadati pantai.

Alun – alun kota

Pesta kembang api biasanya juga turut dinyalakan di sekitar alun – alun kota tempat tinggalmu. Untuk menarik minat para wisatawan. Akan tetapi, untuk menikmati kembang api di alun – alun dengan cara nyaman tentu tidak semudah membalik telapak tangan.

Kamu perlu mempersiapkan alas berupa tikar atau karpet kemudian mencari best spot view untuk mendapatkan tempat terbaik dengan panorama terbuka yang tidak terhalang pohon. Tapi  ingat, hal ini bisa berlaku kalau kamu berada di tempat yang agak tinggi. Jika tidak, kamu pasti juga akan terganggu dengan lalu lintas ribuan orang yang berdesakan.

Baca juga:

Mall terdekat

Soal keramaian, mall atau pusat perbelanjaan di kota tempat tinggalmu pasti juga bakal kehadiran lonjakan pengunjung berkali – kali lipat di akhir tahun. Kenapa? Tidak lain karena diskon besar – besaran akhir tahun yang kerap dikenal dengan sebutan “Cuci gudang”.

Banyak barang – barang yang selama ini jadi incaranmu, didiskon dengan harga yang sudah dibanting hingga 80% – 90%. Tas, baju, sepatu, item fashion, semua serba murah. Tapi, daripada terjebak macet, tak ada salahnya untuk mencoba berbelanja via online website mall.

Di sekitar ikon kotamu

Karena beberapa tempat wisata di kotamu mungkin sudah terpantau padat, masyarakat lain yang belum kebagian tempat menghabiskan malam tahun baru akan melipir ke sejumlah ikon kota.

Bisa berupa tugu monumental, museum, atau ruang publik lainnya. Misalnya seperti Jembatan, Taman Hiburan, gedung bersejarah, kafe – kafe dan lainnya.

Jika beruntung, kamu mungkin masih bisa menyaksikan pesta kembang api. Tapi, jika tidak pun tak masalah. Berkumpul bersama teman – teman atau keluarga di sekitar kawasan landmark kota juga cukup menghibur untuk menghindari keramaian yang sudah sesak tanpa ruang kosong di pusat kota.

Jadi, kamu sudah punya rencana tahun baru kemana? Pastikan liburan tahun baruanmu sudah dipersiapkan sejak awal. Gandeng Jari Adventure, Jl Sarimanah Bandung, untuk mempersiapkan semua kebutuhan travelling akhir tahun. Lengkap, praktis, dan ekonomis sesuai budget liburan yang kamu inginkan. Buktikan deh!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.