Rafting di Sungai Pekalen, Pengalaman Wisata Menantang dan Keren

Jika Anda bosan mengunjungi wisata alam dengan aktivitas dan kegiatan yang itu-itu saja, maka pembahasan kali ini dapat membuat Anda mendapatkan inspirasi berwisata yang lebih baik.

Kegiatan yang itu itu saja di lokasi wisata memang bisa saja membuat para wisatawan bosan. Jika Anda ingin mencoba sesuatu hal yang baru dan anti mainstream, Anda bisa mencoba kegiatan olahraga di lokasi wisata tersebut. Anda dapat memilih wisata air seperti sungai contohnya.

Di wisata sungai, Anda tidak hanya melakukan aktivitas seperti memancing dan berenang. Salah satu aktivitas menyenangkan lainnya adalah melakukan kegiatan rafting atau arung jeram.

Kegiatan rafting dapat memberikan pengalaman dan sensasi tersendiri yang dapat Anda rasakan. Untuk merasakan sensasi dari kegiatan rafting, Anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke kota wisata alam seperti Bali.

Jawa Timur sendiri ternyata memiliki banyak sekali sungai yang memiliki fasilitas kegiatan rafting, salah satunya adalah Sungai Pekalen. Sungai Pekalen sendiri berada di Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris, Probolinggo.

Panorama Sungai Pekalen

Pesona Pariwisata, Seni budaya & Jendela inspirasi

Di Sungai Pekalen, Anda akan menikmati pemandangan sungai yang dikelilingi oleh pohon pisang. Adrenalin Anda akan diuji saat melakukan aktivitas rafting di lokasi ini.

Anda pasti akan merasakan ketegangan dan sensasi luar biasa saat melewati sungai. Berteriaklah dengan gembira saat rafting bersama teman dan kerabat.

Dengan melakukan aktivitas rafting, Anda bisa melupakan sejenak segala pikiran buruk dan berat yang Anda miliki. Lepaskan segala stress dan penat akibat pekerjaan dan masalah yang Anda hadapi di perkotaan.

Rasakan segar dan asiknya bermain rafting bersama kerabat

Jika Anda sudah berada di pusat kota Probolinggo, Anda cukup melanjutkan perjalanan Anda dengan melintasi 3 kecamatan yang jaraknya sejauh 25 km.

Ketiga kecamatan ini adalah Kecamatan Gading, Maron, dan juga Tiris. Sungai Pekalen sendiri ternyata dibagi menjadi 3 bagian, yaitu Sungai Pekalen Atas yang berjarak sekitar 12 km, Sungai Pekalen Tengah dengan jarak 7 km, serta Sungai Pekalen Bawah yang jaraknya sekitar 10 km.

Sungai Pekalen memiliki lebar yang mencapai 20 meter dengan kedalaman sekitar 3 meter. Untuk rafting sendiri, jalur yang harus Anda lalui hingga start hingga finish mencapai 29 km.

Anda akan melewati Sungai Pekalen Bawah sejauh 9 km dan Sungai Pekalen Atas sejauh 12 km. Masing-masing jalur memiliki sekitar 50 titik jeram yang akan Anda lewati.

Untuk mengikuti kegiatan rafting, Anda akan ditawarkan beberapa kelas rafting. Jika Anda seorang pemula arung jeram, maka Anda bisa mencoba kelas 2 dan juga 3.

Untuk kemampuan menengah bisa mencoba rafting kelas 4 serta kelas 5 untuk Anda yang sudah merasa mahir.

Bagi Anda yang masih pemula, Anda tidak perlu khawatir karena Anda akan dipandu oleh pemandu yang pasti sudah mahir dalam bidang rafting.

Anda akan mempelajari beberapa teknik mulai dari penyelamatan hingga cara mendayung. Untuk kelas 2 dan 3 ini, Anda akan diberi waktu sekitar 3,5 jam untuk melakukan rafting.

Baca juga:

Ombak Bono Sungai Kampar Pelalawan, Riau, Surga Peselancar

 

Nama jeram yang unik

Uniknya, sungai ini memiliki spot dengan nama yang benar-benar unik. Contohnya adalah welcome yaitu jeram pembuka, batu jenggot, pandawa, bahkan inul yang merupakan spot yang dapat membuat adrenalin berdesir saat melewatinya.

Dan hal menarik lainnya dari Sungai Pekalen ini adalah air terjun yang akan Anda lewati. Anda akan disuguhkan keindahan beberapa air terjun di kanan dan kiri terbing yang Anda lalui.

Selain itu, pemandangan hijau yang terpampang di hadapan Anda dapat membuat perjalanan menjadi lebih semangat dan beradrenalin.

Ada sejumlah suara indah yang berasal dari hewan-hewan seperti burung kepodang, monyet, elang, tupai, bahkan biawak.

Anda juga akan menemukan beberapa goa kelelawar molek. Jika Anda masih belum mahir dalam mendayung, pemandu akan tetap memandu Anda hingga Anda bisa mendayung dengan lancar.

Bagaimana? Sungguh menarik berwisata ke Sungai Pekalen, bukan?

Dapatkan sensasi yang berbeda dari wisata alam lainnya dengan mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Jangan takut sebelum mencoba kegiatan ekstrim ini, karena dijamin Anda bakal ketagihan menikmati sensasi adrenalin yang bergejolak.

Kapan pun dan kemana pun destinasi liburan Anda, pastikan hanya Jari Adventure yang menjadi mitra perjalanan wisata Anda. Praktis, nyaman dan harga terbaik di kelasnya. Yuk, liburan bareng Jari Adventure.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.