Rafting Di Sungai Palayangan Pangalengan Bandung, Wisata Penuh Ketegangan Yang Patut Dicoba

Butuh tempat wisata yang selain bisa melepas penat juga memberikan tantangan? Mungkin Anda harus menjajal wisata alam yang satu ini.

Ya, rafting di Sungai Palayangan Pengalengan Bandung.  Sungai Palayangan terletak di lokasi wisata Situ Cileunca, Pangalengan. Situ Cileunca sendiri merupakan danau buatan yang berada sekitar 45 Km sebelah selatan Kota Bandung.

Pemandangan di tempat wisata ini sangatlah  indah hingga tepat sekali bila Anda memilih untuk menguji adrenalin dengan melakukan rafting di Sungai Palayangan.

Hawa di kawasan wisata rafting di Sungai Palayangan Pengalengan Bandung ini sangat sejuk. Karena lokasi ini berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Sepanjang perjalanan mengarungi sungai Palayangan Anda akan disuguhi panorama alam yang indah berupa deretan hutan pinus, perkebunan teh dan juga ladang sayur-sayuran.

Air di Sungai Palayangan ini sangat jernih dan dingin karena lokasi sungai yang diapit oleh Situ Cileuncia dan area Hutan Pinus yang berada di kawasan Kebun Teh Malabar, Jawa Barat.

Kenapa harus rafting di Sungai Palayangan?

Selain panorama alam yang indah yang sudah dijelaskan di atas, sungai Palayangan memiliki grade 4 dalam arung jeram hingga cukup menantang untuk beraktifitas di sini.

Semakin tinggi grade berarti semakin bagus kualitas arusnya dan memiliki jeram yang ekstrim hingga semakin sulit untuk ditaklukan. Untuk Anda yang butuh tantangan, sungai Palayangan ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

Dengan grade sungai Palayangan yang cukup tinggi, Anda perlu meningkatkan kewaspadaan saat melakukan aktifitas rafting di Sungai Palayangan.

Agar terhindar dari kecelakaan, Anda memerlukan sedikit pengalaman dan pengetahuan tentang rafting kala menantang kuatnya arus sungai yang membuat ciut nyali ini.

Namun, ketegangan yang Anda rasakan akan terbayar begitu Anda merasakan nikmatnya berarung jeram di sini.   

 

Baca Juga : Paket Rafting dan Gathering Pangalengan

 

Rafting di Sungai Palayangan membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Dengan lebar sungai yang berkisar antara 5 hingga 10 meter ini Anda harus ekstra hati-hati agar tidak tersenggol dinding sungai ketika berarung jeram.

Senantiasa memperhatikan instruksi dari kapten perahu menjadi salah satu faktor penting yang harus Anda perhatikan agar terbebas dari kejadian-kejadian yang tak diinginkan. Selain itu, Anda juga harus tetap memperhatikan cara aman bermain rafting.

Lokasi wisata rafting di Sungai Palayangan bisa ditempuh sekitar 90 menit perjalanan darat dari Kota Bandung.

Akses ke tempat wisata ini juga terbilang cukup mudah baik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.  

Bagi Anda yang berasal dari arah Jakarta, setelah keluar tol Jalan Batu, lanjutkan perjalanan ke Soerang-Ciwidey  baru kemudian ke Pangalengan. 

Pengguna transportasi umum bisa menaiki bus jurusan Leuwi Panjang-Pagalengan. Untuk sampai ke lokasi rafting di Sungai Palayangan, Anda dikenakan tarif sebesar  15.000 hingga 20.000 rupiah per orang.      

Sama-sama berlokasi di Bandung Selatan, lokasi wisata rafting di Sungai Palayangan Pangalengan ini tak kalah menarik lho dengan pesona kawah putih Ciwidey Bandung.

Keduanya memiliki daya tarik sendiri hingga tak ada salahnya bila Anda kunjungi kedua-duanya. Kebetulan,  lokasi kedua tempat wisata ini saling berdekatan.

Oleh masayarakat sekitar, tempat wisata rafting di Sungai Palayangan ini disebut sebagai Swissnya Indonesia karena tempat ini dianggap sangat mirip dengan Swiss.

Jika sudah di sana jangan lupa mampir sekalian ke Situ Cileunca. Di danau ini Anda bisa berenang, berperahu mengelilingi danau ataupun melakukan outbond bersama keluarga maupun teman kantor.

Merasa kurang tertantang berarung jeram di siang hari? Jangan salah, wisata rafting di Sungai Palayangan Pengalengan Bandung ini juga menawarkan paket menjelajah ganasnya arus sungai Palayangan di malam hari.

Dilengkapi dengan senter dan head lamp aktifitas rafting di malam hari ini bakal memberikan petualangan yang sedikit liar dan mendebarkan tapi tetap seru. Waktu pengarungan malam ini sendiri dimulai dari pukul 19.30 hingga 00.00 WIB.

Beberapa paket rafting di Sungai Palayangan bisa Anda pilih baik untuk peserta perorangan maupun kelompok.

Selain rafting, flying fox, paint ball, dan beberapa fasilitas tambahan lainnya biasanya dimasukkan dalam paket. Harga paket pun bervariasi mulai 200.000-an hingga 600.000-an rupiah per orang tergantung dari jumlah peserta. Semakin banyak peserta yang ikut, maka harga per paketnya akan lebih murah. 

Tertarik untuk menguji seberapa besar nyali Anda? Wisata rafting di Sungai Palayangan Pangalengan  Bandung bisa Anda coba. Selamat berlibur! (jari Adventure-det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *