Deretan Pusat Perbelanjaan Terbaik di Jakarta

Plaza Indonesia – Keberadaan pusat perbelanjaan memang tak bisa dipisahkan dengan masyarakat perkotaan. Coba lihat saja sekarang ini banyak sekali bermunculan pusat perbelanjaan di hampir seluruh kota besar di Indonesia. Bandung, Surabaya, Medan, Denpasar, Padang, Semarang, Solo, Jogya, dan kota-kota lainya, hampir keseluruhan memiliki pusat perbelanjaan lebih dari satu. Begitu pula Jakarta. Sebagai ibukota negara, Jakarta memiliki pusat perbelanjaan yang sangat banyak dan tersebar di seluruh wilayah. Bahkan sebagian pusat perbelanjaan di Jakarta ini juga masuk ke dalam 18 pusat perbelanjaan terbaik di Indonesia menurut versi “The Colour of Indonesia.” Untuk dapat masuk kategori ini, masing-masing pusat perbelanjaan dinilai berdasarkan mutu dan pelayanan serta produk-produk dan tenant berkelas yang terpampang. Penasaran dengan pusat perbelanjaan di Jakarta yang masuk dalam list tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

Plaza Indonesia

Diresmikan awal 1990, Plaza Indonesia yang berlokasi di Jl. Thamrin, Kav.28-30, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat ini telah menjadi ikon Jakarta. Pertama kali dibuka, mal ini memiliki luas tak lebih dari 38.050 meter persegi, jauh berbeda dengan kondisi saat ini yang telah mengalami perkembangan berkali lipat hingga luas pertokoannya saja mencapai 1 hektar. Selain tambahan EX-Plaza Indonesia dan Plaza Indonesia 2, Plaza Indonesia kini juga dilengkapi dengan gedung perkantoran The Plaza Office Tower dan apartemen The Keraton Grand Hyaat Residence. Beberapa penyewa yang menempati Plaza Indonesia adalah Sogo Department Store, Louis Vuitton Boutique, Furla, Chanel, dan nama-nama besar lainnya.

Mal Kelapa Gading

Pusat Perbelanjaan yang berada di daerah Kelapa Gading, tepatnya di daerah Sentra Kelapa Gading yang berdekatan dengan The Summit Apartment, Gading Food City dan La Piazza Lifestyle Center ini merupakan salah satu mal terbesar di Ibukota dengan luas sekitar 150.000 meter persegi. Dibangun dan dioperasikan oleh PT Summarecon Agung, mal ini didirikan pada tahun 1990 dengan nama awal Plaza Kelapa Gading dan luas hanya 130.000 meter persegi. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, mal ini terus dikembangkan hingga kini menjadi salah satu pusat perbelanjaan paling mewah di Jakarta. Kini, terdapat lebih dari 600 toko di pusat perbelanjaan ini. Di sini pulalah tempat berlangsungnya even tahunan Jakarta Fashion Food & Festival yang digelar setiap Mei.

Mal Pondok Indah 1 & 2

Mal Pondok Indah atau dikenal dengan singkatan PIM merupakan sebuah pusat perbelanjaan dan hiburan di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, tepatnya berada di persilangan Jalan Metro Pondok Indah dan Jalan Haji Nawi. Pusat perbelanjaan yang dimiliki oleh PT Pondok Indah Group ini dibuka sejak 1991 dan termasuk salah satu mal pertama di Jakarta. Pembukaan mal ini memicu tren pembangunan mal di bagian lain Jakarta. PIM 2 mulai beroperasi di tahun 2005. Pada mulanya, keduanya dihubungkan dengan sebuah jembatan yang bertingkat dua. Jembatan kedua akhirnya selesai dibangun pada akhir 2005. Mal Pondok Indah ditermasuk tempat dengan sewa termahal, hingga mencapai Rp499 ribu atau US$62 (EUR494) per m2 per bulan. Segmen PIM adalah golongan menengah atas dan kaum ekspatriat yang nemempati kawasan di sekitar Pondok Indah. 

Baca juga: Museum Wayang, Obyek Wisata Unik di Kawasan Kota Tua Jakarta

Pacific Place

Pusat Perbelanjaan ini berlokasi di Sudirman Central Business District, Jakarta Selatan. Mal Pacific Place menempati gedung yang sama dengan perkantoran One Pacific Place dan tiga menara hotel The Ritz-Carlton Pacific Place. Semuanya dibangun pada 2005 dalam sebuah proyek bernilai US$250 juta. Pusat perbelanjaan yang berlantai enam ini sendiri dibuka pada November 2007. Bagian paling menarik dari Pacific Place berada di Lantai ke-6 dimana terdapat Kidzania Jakarta, sebuah replika kota berukuran kecil tempat anak-anak mempelajari dunia orang dewasa, dan Blitzmegaplex, sebuah bioskop yang terletak di seberang Kidzania.   

Senayan City

Lebih dikenal dengan sebutan Senci, Senayan City merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Jakarta yang berlokasi di Tanah Abang, Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan Asia Afrika Lot. 19. Dimiliki dan dikembangkan oleh Agung Podomoro Land, pusat perbelanjaan ini resmi dibuka pada 23 Juni 2006 dan memiliki total luas pertokoan mencapai 48.000 peter persegi dengan toko induk berjumlah sekitar 9 buah. Senayan City pernah dikunjungi oleh Miss Universe 2006. Terdapat 2-menara di Senayan City, yaitu Panin Tower & SCTV Tower yang menjadi office tower tempat mengudara program berita dan hiburan dari SCTV, O Channel, Screenplay Productions, Nexmedia, Liputan 6 dan Indosiar.

Gak usah heran, Indonesia merupakan salah satu negara pemilik pusat-pusat perbelanjaan terbesar di seluruh Asia Tenggara. Sebagai tempat rujukan para wisatawan yang hobi belanja untuk berburu barang-barang berkualitas. Namun dengan harga miring dari Indonesia. Anda juga berminat untuk belanja? Silakan kunjungi mall-mall favorit Anda… (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *