Pulau Weh, Sensasi Menyelam Tak Terlupakan

Pulau Weh – Indonesia sebagai negara maritim menyimpan banyak sekali keindahan di dalam laut, mulai dari ujung barat hingga ujung timur. Jika selama ini wisata bahari banyak didominasi Indonesia bagian timur, yuk layangkan pandangan ke ujung paling barat Indonesia, Pulau Weh. Sebuah pulau cantik di titik nol kilometer Negara Indonesia ini, kini dikenal sebagai salah satu spot untuk snorkeling dan menyelam kelas dunia.

Untuk mencapai Pulau Weh, rekan traveler mempunyai beberapa opsi yang dapat disesuaikan dengan budget. Bila mempunyai budget berlebih bisa memilih penerbangan langsung pergi-pulang menuju Aceh dari kota asalmu.

Namun untuk yang ingin berhemat bisa memilih penerbangan menuju Medan dan dilanjutkan perjalanan melalui darat menggunakan bis menuju Aceh. Moda transportasi darat menuju Aceh terbilang cukup nyaman dan bonusnya, rekan traveler dapat menikmati indahnya alam Sumatra sepanjang perjalanan.

Rute transportasi ke Pulau Weh

Sesampainya di Banda Aceh, baik melalui udara maupun darat, lanjutkan perjalanan menuju pelabuhan Ulee Lheue. Di sini, rekan traveler bisa memilih di antara 2 kapal, feri atau ekspres, yang masing-masing akan memakan waktu 2 jam atau 45 menit untuk menyeberang.

Setelah menyeberang ke Pulau Weh ada baiknya untuk beristirahat terlebih dahulu sebelum menikmati eksotika bawah laut. Penginapan yang tersebar di berbagai daerah seperti Sabang, Balohan, Gapang, Iboih dan daerah lain menawarkan tarif yang cukup bersahabat dengan kantong. Bahkan bila mau lebih berusaha dalam tawar-menawar, Anda bisa mendapatkan kamar dengan fasilitas lengkap, namun dengan harga di bawah rata-rata.

Baca Juga:

Mengenal Lebih Dekat Tentang Festival Tabuik di Pariaman, Sumatera Barat

Nah, sesudah cukup beristirahat, ini waktunya untuk segera menikmati keindahan bawah laut Pulau Weh. Namun untuk tetap menjaga keselamatan, ada baiknya rekan traveler dilengkapi diving license dan tetap didampingi oleh instruktur penyelam. Ada sekitar 22 spot penyelaman yang ada di Pulau Weh dan separuhnya berarus cukup kuat, sehingga dibutuhkan lisensi tingkat Advanced dan pendampingan dari instruktur berpengalaman.

Uniknya, masyarakat Pulau Weh punya pantangan yangs ebaiknya rekan traveler patuhi. Seperti tidak melakukan kegiatan di laut pada saat Idul Fitri, Idul Adha, Hari Tsunami, Kenduri Laot, Hari Kemerdekaan RI, dan pada hari Kamis pukul 7 malam hingga Jumat pukul 2 siang. Jadi sesuaikan jadwal rekan traveler agar tidak bentrok dengan hari-hari larangan tersebut.

Rubiah Sea Garden

Titik penyelaman ini termasuk dalam spot yang bisa diselami oleh siapa saja termasuk penyelam pemula, karena arus lautnya relatif aman. Sesuai namanya, di spot ini rekan traveler dapat melihat cukup banyak terumbu karang dan koral, dengan dominasi batu-batu besar akibat letusan vulkanik. Selain menjadi spot favorit para penyelam, tidak jauh dari Pulau Rubiah, juga terdapat kampung Iboih, yang selalu menjadi jujugan para backpacker.

Seulako Drift

Di sini para penyelam tidak hanya disuguhi pemandangan terumbu karang dan koral, namun sedikit tertantang karena adanya arus laut yang tidak terlalu besar. Rekan traveler juga akan dihibur oleh penampakan ikan belut Moray dengan corak dan warna yang bermacam-macam. Tidak hanya itu, Nudibranch juga lazim ditemukan di spot ini, bahkan berpapasan dengan ikan hiu jenis black tip yang muncul pada musim tertentu.

Batee Tokong

Lokasi ini sebenarnya bisa diselami mulai dari tingkat pemula, namun karena arusnya yang cukup kuat, rekan traveler disarankan memiliki lisensi penyelam tingkat Advance. Spot ini memperoleh namanya dari sebuah batu karang menjulang yang terletak di ujung barat Pulau Seulako.

Ribuan ikan beraneka warna yang mengelilingi terumbu karang dan tebing karang akan langsung menyambut para penyelam. Sekumpulan ikan Anthias berwarna merah yang melewati karang akan terlihat seperti air terjun kemerahan yang mengalir, memberikan pengalaman tak terlupakan bagi penyelam yang berkesempatan mengarungi keindahan bawah laut ini.

Under Water Hot Spring (Volcano)

Spot ini tidak boleh dilewatkan, karena tidak semua tempat memiliki situs penyelaman dengan air panas tersembur dari perut bumi. Berlokasi di dekat Lho Pria Lot. Spot ini merupakan sumber air panas dengan kedalaman hanya 6 meter dari permukaan laut.

Bagi rekan traveler yang menyelam di spot ini disarankan untuk melepas wetsuit. Untuk menghindari menempelnya bau belerang di pakaian khusus menyelam ini. Apalagi merasakan gelembung-gelembung hangat yang menyentuh kulit, akan memberikan sensasi unik saat menyelam.

Keindahan taman bawah laut dan keunikan sensasi pengalaman diving maupun snorkeling. Pulau Weh mulai dilirik wisatawan lokal dan mancanegara. Yuk, habiskan liburanmu kali ini dengan mengunjungi pulau ini ya! (jari adventure-det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.