Pulau Tunda, Suguhkan Panorama Alami Laut Jawa

Pulau Tunda – Bahari Indonesia banyak menyimpan keindahan di dalamnya. Terumbu karang merupakan salah satu harta paling berharga yang menyebar hampir di seluruh perairan Indonesia. Ekosistem bawah laut itu adalah tempat tinggal para hewan-hewan laut, sehingga keberadaannya penting untuk keberlangsungan hidup spesies di dalamnya. Nah, salah satu tempat wisata yang masih menyimpan terumbu karang alami adalah Pulau Tunda.

Pulau ini terletak di Perairan Laut Jawa dan secara administratif masuk dalam Kabupaten Serang, Banten. Dengan wilayahnya yang kurang dari 300 hektar, Pulau Tunda menyuguhkan destinasi wisata bahari komplit, mulai dari snorkeling, diving, sun bathing, hingga menikmati senja. Berbeda dengan pulau kecil di sekelilingnya yang tidak berpenghuni, area ini memiliki satu desa bernama Desa Wargasara. Penasaran seperti apa keunikan dan keindahannya? Jangan tunda untuk menuju Pulau Tunda, yuk!

Cari Akses Mudah

Destinasi wisata bahari di sebelah barat Pulau Jawa ini memang masih belum begitu populer. Namun, berkat keindahan pemandangan bawah lautnya, banyak wisatawan yang datang kemari dan mengunggah lansekap terbaik di sosial media. Jadilah, kini Pulau Tunda mulai dikenal oleh para traveller. Sedikit demi sedikit aksesnya pun mulai diperbaiki untuk memudahkan para pelancong. Jika perjalanan dimulai dari Jakarta, maka Anda bisa menggunakan jasa bus di terminal Pulo Gadung dengan jurusan Serang-Merak.

Perjalanan dengan transportasi umum ditempuh dengan waktu sekitar 3 jam. Sesampainya di terminal tujuan, lanjutkan kembali dengan angkutan umum seharga Rp. 3.000,- atau kendaraan sewaan menuju Pelabuhan Karangantu. Jelajah ke Pulau Tunda cocok untuk para smart traveller karena biaya kapal untuk menyeberang hanyalah Rp. 15.000,- untuk dewasa, dan Rp. 10.000,- untuk pelajar.

Sebelum memutuskan untuk ke sini, alangkah lebih baik bila Anda ketahui terlebih dahulu jadwal keberangkatan kapal agar tidak membuang waktu di jalan. Kapal dari Karangantu ke Pulau Tunda dimuali pukul 13.00 Wib. Sedangkan kembalinya dijadwalkan pukul 07.00 WIB.

Mendirikan Tenda Ide yang Menarik

Perjalanan panjang dan waktu tempuh yang cukup lama membuat Anda lelah, bukan? Nah, karena Pulau Tunda hanya memiliki satu desa, Anda tidak akan menemukan guest house atau hotel. Wisatawan bisa memilih menginap di homestay atau mendirikan tenda di dekat pantai.

Jika Anda ingin liburan kali ini tak terlupakan, maka dirikanlah tenda sebagai tempat peristirahatan yang menyenangkan. Deru ombak dan suara angin akan terdengar dengan jelas, sementara traveller juga bisa menikmati langit Pulau Tunda berwarna jingga saat senja tiba. Namun, sebelum berangkat ke sini pastikan untuk membawa keperluan yang dibutuhkan selama camping. Misalnya saja tenda, sleeping bag, perlengkapan konsumsi, senter, hingga jaket.

Baca Juga: Karimun Jawa, Surga di Utara Pulau Jawa

Snorkeling di Laut

Keesokan harinya setelah mengumpulkan tenaga dengan beristirahat di tenda, Anda bisa melakukan kegiatan utama. Yap, snorkeling! Bahari Pulau Tunda memiliki terumbu karang yang masih terjaga keindahannya. Kealamian serta keperawanannya menjadikan hewan karang tersebut banyak diincar oleh para traveller untuk mengabadikan momen terbaik. Pada kedalaman 3 hingga 7 meter, Anda akan menemui warna-warni terumbu karang yang menghiasi pemandangan bawah laut Jawa.

Sedangkan pasirnya yang berwarna putih membuat suasana pantai yang hening semakin memesona. Anda akan merasakan layaknya snorkeling dan berenang di pool private karena tak banyak pengunjung di hari-hari biasa. Untuk itu, jangan lewatkan momen membahagiakan ini dengan berpose di underwater bersama spesies bawah laut ya, traveller!

Memancing Santai di Pulau Tunda

Selain snorkeling, kegiatan yang biasa dan wajib dilakukan di sini adalahn memancing. Jika biasanya untuk menyewa kapal Anda harus merogoh kocek 2 hingga 5 juta rupiah per satu trip, maka kali ini cobalah untuk menyewa kapal nelayan dengan harga Rp. 500 ribu. Satu perahu bisa cukup untuk lima orang dan Anda tak perlu memusingkan soal bahan bakar lagi.

Memancing membutuhkan waktu cukup lama, maka dari itu Anda juga membutuhkan konsumsi selama menunggu ikan-ikan masuk keperangkap.

Untuk memudahkan dan meminimalisir biaya, traveller bisa membawa makanan seperlunya, seperti termos berisi air panas, mie instan siap saji, teh, hingga kopi yang semuanya telah siap dikonsumsi tanpa dimasak lagi. Well, memancing di sini merupakan kegiatan yang menyenangkan karena Anda akan ditemani oleh gelombang air laut yang tidak terlalu tinggi, terumbu karang yang terlihat dengan jelas dari atas hingga ikan segar yang akan diperoleh.

Romantisnya Sunset di Langit Tunda

Berbicara soal wisata di Pulau Tunda memang tidak ada habisnya. Sayang sekali bila Anda singgah di sini hanya sebentar, karena pulau kecil ini memiliki senja yang menakjubkan, lho. Matahari terbenam dapat dilihat cukup jelas di pinggiran pantai. Keindahan lansekap juga didukung oleh warna jingga di atas Laut Jawa dan ikan lumba-lumba yang sesekali muncul. Alangkah lebih baik bila momen ini dinikmati bersama dengan pasangan untuk menambah suasana romantis.

TIPS WISATA KE PULAU TUNDA

Jika Anda ingin sebuah rekreasi yang berbeda dengan panorama laut Jawa nan eksotis, Pulau Tunda bisa menjadi jawaban pencarian jiwa petualang Anda selama ini. Pulau kecil yang menyimpan sejuta pesona ini siap menyambut para wisatawan yang datang dengan fasilitas serta keramahan penduduk lokal.

Persiapkan diri sebelum mengunjungi Pulau Tunda, dengan memeriksa tips-tips berikut:

 

Ambil jasa agen travel wisata

Bingung mengatur rencana perjalanan wisata Anda ke Pulau Tunda? Akan lebih mudah jika Anda bergabung atau mengambil jasa agen travel wisata. Paket perjalanan wisata ke Pulau Tunda, sudah tersedia secara komplit dengan harga yang terjangkau. Paket termasuk penginapan, penyewaan alat-alat snorkeling, transportasi atau sewa perahu, dan pemandu wisata. Dibanding jika Anda membayar sendiri, kenapa tidak mengambil jasa agen travel wisata yang lebih memudahkan segala urusan.

Untuk penginapan, biasanya para petualang menginap di rumah-rumah penduduk yang membuka jasa home stay. Di dalam home stay sudah ada fasilitas yang memadai seperti tempat tidur, lemari, meja serta air hangat. Hanya saja, tidak mudah mencari home stay yang terdapat fasilitas AC karena maklum saja aliran listrik ke wilayah Pulau Tunda terkadang masih sering terhambat. Fasilitas lain yang tersedia di home stay seperti sarapan pagi, makan siang dan makan malam.

Spot snorkeling

Bicara tentang menyelam di perairan dangkal atau snorkeling, Pulau Tunda juaranya. Ada banyak spot menyelam yang bisa dipilih. Menurut para operator snorkeling, spot snorkeling ada di bagian barat dan timur.

Bersyukur, kawasan Pulau Tunda masih asri dan terjaga keindahannya. Ini karena belum begitu banyak wisatawan yang meng-eksplor alam bawah laut di Pulau Tunda. Beberapa pengunjung yang sempat menyelam bahkan mengaku pernah menemui lumba-lumba di sekitar Pulau Tunda. Lumba-lumba ini jinak dan seolah-olah menyambut hangat para wisatawan.

 

Isu sampah

Hal yang banyak dikeluhkan para operator snorkeling, karena wilayah Pulau Tunda  di bagian timur berdekatan langsung dengan Kep. Seribu yang sudah populer dan ramai pengunjung, maka tidak jarang banyak sampah yang ikut terbawa arus ke Pulau Tunda. Padahal, ekosistem Pulau Tunda yang masih asri perlu kita jaga kelestariannya. Sampah-sampah dari Kep. Seribu kerap terbawa ombak hingga berakhir di Pulau Tunda. Kebiasaan buruk para wisatawan yang masih enggan membuang sampah secara tertib dan gemar membuang sampah ke laut, harus segera dihentikan karena memberikan dampak negatif bagi lingkungan perairan Pulau Tunda.

 

Datanglah Mei sampai November

Berkunjung ke Pulau Tunda sebaiknya pada musim-musim kemarau. Wilayah perairan sangat berbahaya bagi keselamatan terutama saat musim hujan. Badai, petir dan hujan juga menganggu pemandangan ketika Anda sedang berlibur. Jadi, sebaiknya Anda merencanakan perjalanan ke Pulau Tunda pada bulan Mei, Juni, Juli, Agustus, hingga awal November, atau ketika tidak begitu sering turun hujan.

Bawa buku untuk perpustakaan di Pulau Tunda

Di Pulau Tunda sendiri terdapat sebuah perpustakaan mini atau taman baca yang masih minim koleksi buku-buku. Perpustakaan ini sangat bermanfaat untuk media belajar bagi anak-anak ataupun para pelajar yang tinggal di Pulau Tunda. Jika para pengunjung atau wisatawan ada yang memiliki koleksi buku-buku bacaan tidak ada salahnya untuk didonasikan ke taman baca di Pulau Tunda tersebut.

***

Jadi semakin penasaran dengan Pulau Tunda, kan? Tunggu apalagi, sisihkan wkatu sebentar untuk nikmati keindahan Laut Jawa satu ini, yuk! (jari adventure-det img Travelicious)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *