Dari 17.000 Pulau Se-Indonesia, Ada 5 Pulau Tercantik di Nusantara

Dengan jumlah pulau sebanyak 17.504, wajar kalau Indonesia menjadi negara kepulauan terbesar di dunia. Karena banyak pulau-pulau yang tersebar di Indonesia.

Maka, banyak pula keanekaragaman hayati serta panorama alam yang indah, baik pegunungan maupun lautan.

Tak heran kalau Indonesia selalu menjadi tujuan wisata untuk pendatang baik lokal maupun mancanegara.

Nah kalau kamu ingin berlibur wisata bahari, kamu bisa cek rekomendasi pulau terindah di Indonesia :

 

Pulau Karimunjawa, Jawa Tengah

tokopedia

Salah satu pulau terbesar dari Kepulauan Karimunjawa yang terletak di Jepara, Jawa Tengah.

Memiliki keanekaragaman hayati yang sangat indah sehingga selalu menjadi tujuan wisata favorit bagi pecinta wisata pantai.

Disini kamu bisa melakukan scuba diving dan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut dan berenang dengan ikan nemo.

Ditambah lagi kamu bisa trekking di hutan mangrove ataupun hanya jalan-jalan sambil menyusuri bentangan pasir putih di tepian pantai.

Kalau kamu suka kegiatan yang lebih menantang, kamu bisa menyeberang ke pulau-pulau sekitar seperti ke Pulau Menjangan besar untuk bermain dengan hiu di penangkaran hiu.

Untuk menuju Karimunjawa, kamu bisa berangkat dari Semarang lalu ke Jepara dan melanjutkan perjalanan dengan kapal speedboat atau feri ke Pulau Karimunjawa.

Oh ya, jadwal kapal tergantung dengan cuaca ya. Jadi rencanakan dengan matang sebelum berlibur ke Karimunjawa.

 

Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

indonesia

Berada di provinsi Nusa Tenggara Timur dan memiliki habitat asli hewan Komodo serta wisata populer untuk kalangan domestik maupun mancanegara.

Pulau Komodo setiap tahunnya mengalami peningkatan untuk jumlah pengunjung sehingga semakin banyak pilihan penginapan dan aneka tour yang ditawarkan.

Dan pulau ini dinobatkan oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia.

Disini kamu dapat melihat langsung hewan komodo yang hampir punah ini. Nah, kalau kamu suka mendaki, kamu bisa mendaki ke puncak untuk melihat panorama pegunungan dan lautan.

Lalu, ke Gua Batu Cermin dan menikmati hamparan pasir berwarna merah muda di Pink Beach.

Jangan lupa pula untuk ikut island hopping ke Pulau Rinca atau Pulau Padar yang memiliki keindahan luar biasa.

 

Pulau Wangi-wangi, Sulawesi Tenggara

Wayang Wong – blogger

Kalau menyebutkan Taman Nasional Wakatobi, mungkin tak akan asing lagi. Wakatobi sendiri terletak di Sulawesi Tenggara dan terdiri dari 4 pulau, salah satunya Pulau Wangi-wangi ini.

Pulau ini sudah banyak dikunjungi oleh pendatang dan memiliki destinasi wisata yang bisa kamu jadikan liburan yang tak terlupakan.

Seperti menikmati pemandian Kontamale dengan air jernih berwarna kebiruan, snorkeling dan diving di Laut Onenote.

Beragam terumbu karang dengan berbagai warna dan biota laut. Bisa juga dengan menikmati matahari terbit di atas kapal sambil ditemani puluhan lumba-lumba yang berenang di lautan.

baca juga:

Pulau Sangiang, Surga Tersembunyi di Banten

 

Pulau Menjangan, Bali Barat

anekatempatwisata

Terletak di Taman Nasional Bali Barat, Jembrana, Bali. Pulau Menjangan terkenal sebagai lokasi wall-diving terbaik dengan warna laut cantik perpaduan gradasi dari warna biru dan hijau.

Di Pulau ini kamu bisa menyelam dengan mengikuti lajur tebing bawah laut sepanjang 10 km, snorkeling, diving bahkan menikmati hamparan terumbu karang di Coral Garden.

Nah, kalau kamu nggak bisa menyelam, tenang saja kamu bisa menggunakan kapal selam untuk menikmati keindahan alam bawah laut pulau Menjangan ini.

Ada beberapa cara untuk menuju Pulau Menjangan ini yaitu melalui Bali atau Banyuwangi. Kalau kamu memilih dari Bali lebih dulu, maka menujulah ke pelabuhan Gilimanuk. Lanjutkan, menaiki kapal motor menuju Taman Nasional Bali Barat.

Sedangkan, kalau dari Banyuwangi, kamu perlu menuju Pantai Watu Dodol dan menyebrang ke Pulau Menjangan menggunakan kapal sewaan. Waktu yang ditempuh untuk menuju Pulau Menjangan baik dari Bali dan Banyuwangi masing-masing selama 45 menit hingga 1 jam.

 

Pulau Derawan

Berita 24 Indonesia

Terletak di Kepulauan Derawan, Berau, Kalimantan Timur dikenal dengan keindahan pantai dan ekosistem pemandangan bawah laut.

Disini kamu bisa menyelam ke goa bawah laut yang disebut Blue Light Cave. Berenang bersama ikan pari manta dan ubur-ubur, melihat dan berkunjung ke pusat konservasi penyu.

Ataupun menikmati danau yang paling indah di Indonesia yaitu Danau Labuan Cermin. Di danau ini kamu bisa cermin.

Karena air nya yang begitu jernih sehingga bisa digunakan untuk bercermin. Selain itu kamu juga bisa menginap di penginapan apung di bibir pantai Pulau Derawan yang menakjubkan ini.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.