Obyek Wisata Favorit di Pulau Seribu Jakarta

Pulau Seribu – Jakarta memang sangat beruntung karena memiliki pulau tropis menawan yang sangat cocok dipilih sebagai tempat berlibur. Terlebih lagi pulau atau lebih tepatnya jajaran pulau yang berada di teluk Jakarta ini berada jauh dari kebisingan dan kesibukan kota metropolitan. Ya, Pulau Seribu namanya. Belakangan ini Pulau Seribu atau kebanyakan juga menyebutnya dengan Kepulauan Seribu dengan keelokan pelesir bahari yang dimilikinya menjadi salah satu obyek wisata paling favorit dikalangan traveler. Terdapat puluhan pantai kecil yang membirukan laut Pulau Seribu hingga tak cukup hanya mengunjungi satu pulau saja bila berwisata ke sana. Berikut jajaran obyek wisata paling favorit di Pulau Seribu yang sayang sekali bila dilewatkan begitu saja!    

Pulau Bidadari

Seperti namanya, Pulau Bidadari ini sangatlah cantik. Pulau ini pas sekali bagi wisatawan yang datang berpasangan dan banyak diminati oleh muda mudi yang akan melakukan sesi foto pre wedding. Di tempat ini pengnjung dapat menjumpai reruntuhan benteng Belanda yang dikenal dengan sebutan Martello Tower. Sayangnya, Anda harus mengeluarkan dana yang cukup besar untuk dapat menikmati keindahan obyek wisata yang satu ini.

Berada tak jauh dari Pelabuhan Ancol Marina, Pulau Bidadari dapat ditempuh selama 40-50 menit perjalanan dengan kapal motor yang secara rutin melayani trayek pantai Marina-Pulau Bidadari.  Beberapa artis dan selebriti tanah air juga sangat senang menikmati liburan di pulau yang sangat terkenal menjadi tempat foto pre-wedding ini.

Pulau Harapan

Pulau Harapan terkenal dikalangan wisatawan karena mempunyai laut dengan warna biru yang menawan. Pulau-pulau kecil yang berada disekelilingnya semakin menambah keindahan pulau ini. Luas Pulau Harapan hampir menyamai pulau besar yang ada di Kepulaun Seribu. Berbeda dengan Pulau Bidadari, Anda tak perlu meyiapkan isi kantung yang terlalu tebal untuk dapat berlibur ke sini.

Pulau Bira

Pulau yang menawarkan keindahan pasir putih yang terasa lembut di kaki begitu Anda menjejakkan di atasnya. Berada di dalam kawasan Pulau Harapan. Anda dapat menguji adrenalin di pulau ini dengan mencoba beragam watersport yang ada di sana. Bagi yang tak suka tantangan, Anda tetap dapat menikmati wisata yang asyik di Pulau Bira dengan menghabiskan waktu berjalan-jalan sambil bersenandung di sepanjang tepian pantai. Anda juga dapat berenang di tengah perairan dangkal sambil ditemani ekosistem laut yang berwarna-warni. Pulau Bira dapat ditempuh sekitar 3 hingga 4 jam perjaanan laut dari Pelabuhan Muara Angke. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan boat kecil menuju ke obyek wisata.

Pulau Pari

Belakangan ini, Pulau Pari menjadi destinasi wisata favorit bagi mereka yang menyukai wisata pantai. Di sini, Anda bisa melihat dan juga menjelajahi hutan bakau. Kawasan pulau ini juga dijadikan sebagai Pusat Penelitian Kelautan LIPI. Selain mejelajah hutan bakau, Anda juga bisa mengelilingi pantai sambil bersepeda, duduk-duduk di tepian pantai sambil menikmati deburan ombak dan semilirnya angin laut sembari menyaksikan pemandangan sunset yang indah. Pulau Pari ini juga banyak diminati karena tergolong masih perawan.

Baca juga: Museum Wayang, Obyek Wisata Unik di Kawasan Kota Tua Jakarta

Pulau Semak Daun

Obyek wisata ini cocok bagi Anda yang menginginkan privacy karena pulau ini memang tak berpenghuni. Tak ada rumah-rumah penduduk yang bisa dikunjungi hingga Anda harus membawa tenda sendiri bila ingin bermalam di sana. Untungnya, hamparan pasir di Pulau Semak Daun ini sangatlah luas dengan banyaknya pepohonan yang menaungi hingga terasa sejuk dan indah serta lingkungan pantainya juga sangat bersih. Warna lautnya juga terlihat biru menawan. Bermalam di Pantai Semak Daun serasa memiliki pulau pribadi. Bila tak ingin kesepian, Anda wajib mengajak keluarga atau sahabat untuk menghabiskan waktu liburan di sana bersama-sama. 

Pulau Tidung

Pulau Tidung termasuk obyek wisata yang paling difavoritkan di kawasan Pulau Seribu. Terdapat dua pulau di kawasan ini, yaitu Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil, dimana keduanya dihubungkan oleh jembatan kayu yang panjangnya 800 meter. Jembatan kayu tersebut dikenal dengan nama Jembatan cinta yang menjadi ikon Pulau Tidung. Kebanyakan wisatawan menghabiskan waktu liburnya di Pulau Tidung Besar sebab Tidung Kecil dimanfaatkan sebagai tempat budidaya mangrove oleh penduduk setempat. 

Tips wisata ke Pulau Seribu

Pergi berlibur ke pulau seribu akan memberikan sensasi pengalaman wisata yang unik dan berkesan. Akan tetapi, sebelum Anda berangkat menuju pulau nan elok di ujung jakarta ini, ikuti dulu tips-tips berikut ya…

Pilih agen travel wisata yang berpengalaman

 

Agen travel wisata memberikan banyak pilihan kepada para pengunjung berupa paket-paket wisata yang penuh agenda menarik dengan kualitas dan harga yang bersaing. Salah satu agen travel wisata yang berpengalaman selama bertahun-tahun mengatur perjalanan wisata ke pulau seribu adalah Jar adventure yang memberikan banyak paket ke pulau seribu dengan jenis kegiatan seperti olahraga air, snorkeling, naik perahu, dan juga kegiatan outdoor yang menantang lainnya. Semua paket yang diberikan memiliki harga yang terjangkau dan kompetitif. Dijamin liburan anda ke pulau seribu akan penuh kesan dan kenyamanan akomodasi yang terbaik.

Catat jadwal berangkat

Para pengunjung yang ingin ke pulau seribu dapat memilih 3 pelabuhan sebagai tempat keberangkatan. Sayangnya, di malam hari sudah tidak ada lagi kapal atau perahu yang beroperasi mengantarkan pengunjung kecuali ada janji khusus atau permintaan khusus yang sudah dibuat sebelumnya. Pada umumnya, jadwal keberangkatan ke pulau seribu adalah di pagi hari dan siang hari, tepatnya pada pukul 7 pagi, dan pukul 13 siang. Pastikan jadwal dan jam keberangkatan anda, karena jika Anda terlambat datang, maka bisa jadi kesulitan mendapatkan tempat duduk di dalam perahu atau bahkan dapat menunda perjalanan liburan anda.

Pakai tabir surya

Wisata ke pulau seribu membuat para wisatawan akan banyak berada di lokasi outdoor di bawah sinar matahari langsung. Nah, untuk menjaga kesehatan kulit sebaiknya gunakan pelindung kulit berupa sunblock atau tabir surya dengan kandungan SPF lebih dari 30. Paparan sinar uv matahari yang terlalu tinggi bisa menyebabkan reaksi alergi kulit seperti ruam-ruam, kemerahan, dan gatal-gatal. Anda tidak ingin kan, kulit menjadi gosong ataupun kusam karena reaksi alergi usai berlibur? So, jangan lupa pakai tabir surya setiap 2 jam sekali ya…

Kenakan busana yang nyaman

Berlibur di sekitar kawasan pantai seribu, kadang-kadang membuat para wisatawan yang tidak terbiasa merasa kepanasan. Oleh karena itu, memakai busana dari bahan kaos yang adem dapat memberikan kenyamanan yang lebih ketika bermain di kawasan pantai.

Membawa perbekalan makanan sendiri

Mengingat lokasi kawasan pulau seribu yang terpisah laut dari kota Jakarta, wajar jika para pedagang makanan dan minuman memberikan banderol harga yang agak mahal dibandingkan harga yang ada di kota Jakarta.

Bawa uang tunai

Di beberapa spot, sulit menjumpai ATM untuk mengambil uang tunai. Jadi, lebih baik bawa uang tunai secukupnya agar lebih mudah membeli oleh-oleh atau sesuatu.

Bawa baterai charger cadangan

Bawa juga charger atau baterai cadangan untuk gadget seperti tablet, smartphone maupun kamera untuk berjaga-jaga jika baterai habis. Liburan anda pasti akan lebih menyenangkan.

Berbagai hal menarik dapat dilakukan di Pulau Tidung, seperti snorkeling, diving dan juga mengililingi pantai dengan bersepeda. Anda juga dapat melakukan uji nyali dengan terjun ke laut dari jembatan cinta yang memiliki ketinggian 5-6 meter. Lompatan ini dilakukan tanpa pengaman sedikit pun. Berani?  (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.