Pulau Saronde di Gorontalo Utara Yang Rupawan

.Pulau SarondeBerbicara tentang keindahan alam Indonesia bagian timur memang tak akan pernah ada habisnya. Selain Raja Ampat yang sangat populer di kalangan wisatawan asing, ternyata masih banyak surga tersembunyi yang ada di sana. Di Provinsi  Gorontolato, misalnya, terdapat banyak sekali wisata bahari yang dapat dieksplorasi dan tentunya tak kalah indah bila dibandingkan dengan daerah lain di nusantara. Salah satu obyek wisata yang patut Anda kunjungi saat berjalan-jalan di provinsi yang berada di Pulau Sulawesi bagian utara ini adalah Pulau Saronde.

Pulau kecil yang terletak di Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Sulawesi Utara ini tak hanya terkenal akan keindahan panorama alamnya tapi juga banyak menyedot perhatian karena kebersihannya. Seperti apa kondisi obyek wisata yang ada di Gorontalo Utara ini hingga banyak menarik wisatawan untuk pergi ke sana? Yuk, ikuti penjelasannya berikut ini!

Lokasi Pulau Saronde

Dari pusat Kota Gorontalo, Pulau Saronde berjarak kurang lebih 65 kilometer jauhnya dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam perjalanan. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Untuk mencapai Dermada Kwandang sebelum tiba di pulau yang hanya memiliki luas sekitar 1 kilometer saja ini.

Akses transportasi ke Pulau Saronde

Bila ingin bepergian dengan transportasi umum, Anda harus naik angkutan dengan jurusan Gorontalo – Kwandang. Biasanya dipatok dengan tarif Rp. 16.000,- per orang. Setelah sampai di Dermaga Kwandang, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Pulau Saronde dengan menggunakan angkutan penduduk setempat yang biasa disebut dengan nama Katinting. Atau menggunakan taksi dengan tarif kurang lebih Rp. 12.000,- per orang. Dari Dermaga Kwandang ke Pulau Saronde sendiri membutuhkan waktu tempuh sekitar 75 menit.Setiba di Pulau Saronde, Anda tak akan dikenai biaya masuk apapun alias gratis kecuali bila Anda menginap di cottage.

Baca Juga: Menyelami Jernihnya Perairan Pulau Alor

Obyek wisata di Pulau Saronde

Obyek wisata Pulau Saronde menawarkan panorama alam yang sangat eksotis. Dengan perpaduan antara hamparan pasir putih yang lembut dengan air laut yang jernih.  Dan batu karang yang ada di sekelilingnya. Letak Pulau Saronde yang berada dalam gugusan pulau membuat obyek wisata ini kaya akan biota laut. Dan terumbu karang yang amat sangat menarik untuk dinikmati.

Berbagai aktivitas menarik dapat Anda lakukan saat berwisata di Pulau Saronde, Gorontalo Utara ini. Bagi yang suka berjemur, Anda dapat sepuasnya merasakan hangatnya mentari di atas pasir putih Saronde yang lembut jauh dari keramaian sebab pulau ini juga terkenal akan ketenangan dan kedamainnya. Selain itu, Anda juga dapat berjalan berkeliling pulau dan bersantai sambil menikmati suguhan pemandangan alam pantai yang menawan. Berenang juga dapat Anda lakukan di Saronde sebab pulau ini memiliki air laut yang sangat jernih.

Keindahan alam bawah laut di Pulau Saronde

Yang tak boleh terlewat adalah snorkeling karena Pulau Saronde menawarkan keindahan alam bawah laut yang luar biasa dengan terumbu karang yang sangat cantik dan ikan yang beragam. Bagi pecinta fotografi, Anda seharusnya tak melewatkan peristiwa sunset di pulau ini. Refleksi semburat kemerahan kala matahari tenggelam yang terlihat di permukaan laut dengan foreground Pulau Batu di depannya akan memberikan kenangan yang tak kan terlupakan sepanjang hidup. Bila beruntung, Anda juga dapat menyaksikan festival baik yang bertaraf lokal maupun nasional yang sering digelar di pulau ini. Namun, bila ketenangan yang Anda butuhkan, sebaiknya Anda menghindari saat-saat diselenggarakannya festival sebab sudah dapat dipastikan lokasi wisata akan ramai sekali.

Akomodasi di Pulau Saronde

Anda ingin menginap di Pulau Saronde? Tak perlu khawatir karena pulau ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Tersedia cottage yang disewakan dengan harga bervariasi mulai Rp. 150.000,- hingga Rp. 200.000,- per malamnya. Cukup terjangkau bukan? Namun, apabila Anda ingin kembali dekat dengan alam, Anda dapat menginap di tenda di sekitar pantai. Jangan lupa, sebelum mendirikan tenda, Anda terlebih dahulu harus ijin ke petugas setempat.

Untuk makanan dan minuman, Anda dapat membawanya sendiri dari rumah bila ingin lebih hemat dan tak ingin bersusah payah mencari warung makan. Anda juga dapat membeli makanan dari warung-warung yang dikelola oleh penduduk setempat.

Bersenang-senang boleh saja, namun jangan sampai merusak fasilitas yang ada di Pulau Saronde. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan obyek wisata ini  ya. Selamat berlibur!  (jari adventure-det img: KSMTour.com)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.