Pulau Sambu, Bernostalgia di Kota Kilang Minyak

Lokasi dan Akses Menuju Pulau Sambu

Terkenal sebagai pulau tempat kilang minyak antara Indonesia dan negara tetangga, Singapura, Pulau Sambu menjadi tempat wisata sejarah yang memiliki keindahan bangunan kunonya. Terletak di Kepulauan Riau bagian utara, pulau eksotis ini menyimpan banyak saksi sejarah bahwa di dalamnya pernah terjadi hiruk pikuk kehidupan. Untuk bisa sampai ke Pulau Sambu, anda bisa menuju Pelabuhan Sekupang kemudian memilih Pelabuhan Rakyat dengan harga tiket sebesar Rp 15.000 menuju Pulau Sambu.

Yang Ditawarkan Oleh Pulau Sambu

Saat pertama kali datang ke Pulau Sambu, anda akan disambut dengan bangunan-bangunan tua yang kosong karena telah ditinggalkan oleh penghuninya. Misalnya adalah sebuah bank yang tidak lagi beroperasi dan bangunan Sekolah Dasar yang sudah tutup sejak 2 tahun belakangan. Pulau Sambu seakan menjadi awal peradaban kemajuan Pulau Batam, pasalnya Pulau Sambu sudah memiliki banyak fasilitas umum ketika Batam belum memiliki apa-apa.

Bagi anda yang hobi fotografi, terdapat banyak spot berupa bangunan kuno yang akan memanjakan lensa anda. Untuk menelusuri pulau, tak perlu repot-repot menggunakan kendaraan, cukup dengan berjalan kaki anda dapat menjelajahi keindahan pulau yang satu ini.

Baca juga: Gedung Tabib Kerajaan, Bangunan Kuno khas Tanjung Pinang

Tak hanya gedung-gedung tua, disini anda dapat menikmati keindahan pantai Pulau Sambu yang berjarak sekitar 200 meter si timur pulau. Ukuran pantai tidaklah terlalu panjang, hanya sekitar 150 meter. Pulau ini rasanya cocok untuk anda yang sedang butuh ketenangan karena suasananya tidak lah ramai, karena tak banyak orang yang tahu keberadaannya. Biasanya pengunjung datang secara berkelompok, misalnya para mahasiswa asal Batam atau keluarga.

Bak dibawa menuju masa lampau, disini terdapat beberapa fasilitas yang masih berfungsi meski bangunan telah lama tidak beroperasi. Misalnya saja empat buah AC di masjid yang terus menyala, walaupun masjid dalam keadaan tidak ada aktivitas peribadatan. Bila ingin menikmati pemandangan pulau dari kejauhan, anda dapat melihatnya dari serambi masjid. Menurut cerita yang beredar, konon katanya masjid tersebut dahulunya sempat menjadi masjid terbaik yang dimiliki oleh Kota Batam, namanya adalah Masjid Al-Muhajjirin. Kapal-kapal yang melintas di jalur pelayaran internasional Selat Singapura semakin membuat anda terkagum dengan salah satu pulau terluar Indonesia ini.

Tips Untuk Anda Yang Ingin Berkunjung

Persiapkan Peralatan Fotografi

Jauh-jauh datang kesini, wajib hukumnya untuk mengabadikan momen dengan berlatar spot-spot vintage yang ada di Pulau Sambu. Tak hanya bangunan tua, kapal-kapal yang lewat di sekitaran pantai bisa menjadi objek foto anda. Jadi persiapkan perlengkapan fotografi dengan sebaik mungkin agar perjalanan anda tidak sia-sia.

Ikut Menjaga Kelestarian Pulau Sambu

Beberapa bangunan tua ada yang sudah dirobohkan demi kepentingan komersial, untuk itu bagi anda yang ingin berkunjung hendaklah ikut melestarikan Pulau Sambu agar keindahannya terus terjaga. Misalnya dengan tidak membuang sampah sembarang atau merusak peninggalan-peninggalan yang ada di sana.

Mampir Ke Negara Tetangga

Letaknya yang berada dekat dengan perbatasan, mungkin untuk anda yang ingin travelling, pulau ini adalah tujuan yang tepat. Dekatnya jarak menuju negara tetangga, seperti Singapura atau Malaysia, membuat anda bisa menyeberanginya kapan saja selagi memenuhi syarat perijinan ke luar negeri, dengan memiliki paspor misalnya. Bila pagi hingga sore hari jalan-jalan ke Pulau Sambu, mungkin ketika malam harinya anda dapat menghabiskan waktu bersantai maupun untuk berbelanja di negara tetangga. Mengasyikkan bukan?

Penginapan dan paket liburan

Berencana liburan ke pulau Sambu? Coba untuk memesan tiket penerbangan pesawat, akomodasi/ hotel serta paket liburan ke agen travel terpercaya sejak jauh – jauh hari. Jari Adventure memberikan banyak promo menarik untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke Batam dan pulau – pulau di sekitar Riau.

Memberikan banyak paket liburan termasuk penginapan, akomodasi dan hotel, sarana transportasi serta pemandu wisata yang mengetahui dengan baik seluk – beluk tempat – tempat wisata populer maupun tersembunyi. Dijamin, wisata ke Pulau Sambu, Batam, akan jadi lebih menyenangkan dan berada dalam manajemen yang profesional.

Yuk, liburan ke Pulau Sambu, Batam, bersama agen travel n tour Jari Adventure!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *