Pulau Penaah, Wisata Bahari Sejuta Harapan

Pulau Penaah    – Salah satu tempat terfavorit di Kecamatan Senanyang, Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Seribu ini memiliki daya tarik tersendiri. Tidak hanya dari wisatawan lokal namun dari turis mancanegarapun sering mengunjung Pulau Penaah untuk berlibur.

Memiliki jumlah 150 kepala kepala keluarga yang saling bergotong royong. Ramah kepada masyarakat sekitar dan wisatawan asing. Ternyata tak hanya memukau dari segi keindahan di laut. Namun mereka juga memiliki kontur alam dengan dataran rendah yang menghadirkan panorama laut menawan membius pandangan wisatawan yang berkunjung.

Untuk menuju ke Pulau Penaah memang memerlukan perjuangan. Namun perjuangan kalian mengunjungi tempat wiata tak akan sia-sia, semua akan terbayarkan dengan eloknya wisata bahari di Pulau Penaah. Pemandangan yang sangat membius mata apalagi ketika matahari senja muncul di Barat pulau, melihatkan pancaran pasir pantai yang putih, pepohonan yang rindang , pesona keindahan pulau yang dikelilingi pasir pantai dan karang, serta pemandangan pulau-pulau kecil disekitarnya seperti Ceranggung, Penaah kecil, Kongki kecil, belading, dan pulau Empoh yang berbatasan langsung dengan laut Cina selatan.

Lokasi dan Transportasi

Untuk bisa sampai ke lokasi , sebenarnya bisa dari berbagai pulau di Kabupaten Lingga ini . Jika kalian berangkat dari Pancur bisa menggunakan pompong(kapal kecil) selama kurang lebih satu jam, dan jika berangkat dari Senayang menggunakan alat transportasi speed. Tidak disarankan menggunakan kapal besar karena di perairan di Kabupaten Lingga ini memiliki banyak karang.

Saat ini yang masih diberikan solusi oleh pemerintah setempat adalah ketika kalian berangkat dari Pinang ke Penaah ini untuk transportasinya masih sangat minim, kalian setidaknya harus menyewa alat transportasi milik warga Pinang. Pemerintah setempat telah mengupayakan agar transportasi dari Pinang ke Penaah tidak menjadikan kendala sehingga akses yang mudah bisa membuat daya tarik wisatawan ke Pulau Penaah semakin bertambah.

Tahun ke tahun Pulau Penaah menghadirkan acara yang memiliki daya tarik unik bagi wisatawan asing maupun lokal. Dengan mengunggulkan wisata baharinya, saat ini sudah banyak wisatawan asing yang berkunjung bahkan bermalam di Penah untuk menikmati indahnya. Perlu beberapa polesan agar bisa tampil lebih menarik dan menjadikan Penaah menjadi pulau yang berkembang.             

Pemerintah telah mendukung perkembangan ini dengan memberikan fasilitas yang cukup walaupun pembangkit listrik tenaga diesel yang diberikan pemerintah sejak tahun 2012 lalu tidak mencukupi untuk kebutuhan seluruh pulau tetapi untuk disekeliling homestay sudah cukup. Sedangkan warga bisa menggunakan genset milik pribadi.

Agenda Tahunan Pulau Penaah

Sejak dahulu, Pulau Penaah terkenal dengan salah satu lumbung ikan dan banyak mempunyai titik-titik pemancingan yang menarik. Maka setiap tahun Pulau Penaah mengadakan acara yang dapat memikat perhatian wisatawan bahkan wisatawan asing yaitu dengan terselenggaranya Lingga Fishing Festival. Ini merupakan salah satu acara lomba memancing yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lingga untuk memperkenalkan potensi wisata pada masyarakat baik dalam mauapun luar negeri. Acara ini diperkenalkan sejak tahun 2006, tak banyak disadari ternyata acara ini menyedot perhatian wisatawan.

Kegiatan Lingga Fishing Festival ini merupakan usaha pengembangan dan peningkatan kesejahteraan warga terutama pasca kegiatan. Diharapkan usai acara banyak wisatawan yang kembali mengunjungi Penaah. Tiap tahunnya pemerintah mempersiapkan dan membina Pulau Penaah agar menjadi tuan rumah acara. Hadiah yang ditawarkan pun terbagi dalam berbagai kategori yaitu kategori lokal dan non lokal, tekong terbaik , ikan terbaik, ikan terberat dan ikan dengan penjualan yang tinggi.

Jika kalian tidak tertarik dengan lomba memancing, pemerintah sudah menyiapkan lomba yang lain yakni seperti tour photography, bola voly pantai, out bond, wisata alam, lomba nyomek nos, diving, snorkling, serta malam hiburan.

Hunian Atas Laut

Kalian tak perlu cemas akan tinggal dimana selama menikmati jamuan Pulau Penaah. Saat ini Pemerintah Provinsi (pemprov) sudah membangun home stay diatas laut bertujuan untuk mendukung sektor pariwisata di kawasan yang menjadi destinasi wisata. Homestay tersebut telah dilengkapi dengan sarana yang lengkap. Seperti kamar, dapur, toilet dan ruang tamu. Sehingga para wisatawan asing maupun wisatawan lokal yang berkunjung ke Pulau Penaah dapat menginap. Dan lebih menikmati jamuan pulau ini serta menghabiskan waktunya untuk menikmati keindahan alamnya yang cantik.

Tak hanya itu saja yang ditawarkan di dalam homestay. Dilengkapi dengan alat musik dan peralatan untuk selam (diving). Hal ini digunakan untuk memberikan suasana nyaman dalam homestay bersama kolega,teman, dan keluarga.

Pemerintah selanjutnya akan menyerahkan pengelolaan homestay kepada masyarakat atau Lemabaga Pemberdaya Masyarakat. Yng bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dengan semua sarana dan prasarana tersebut. Terutama dalam upaya pelestarian pariwisata daerah agar dapat lebih berkembang dan dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing. (jari adventure – det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *