Pulau Macan Tawarkan Berbagai Hal Menarik Bagi Wisatawan

Bagi penduduk Jakarta dan sekitarnya, obyek wisata Kepulauan Seribu menjadi pilihan utama melepas stress. Bukan hanya karena keindahannya tapi juga karena jaraknya yang tidak terlalu jauh. Di setiap akhir pekan atau liburan panjang, pulau-pulau seperti Pulau Pari, Pulau Semak Daun dan Pulau Tidung selalu dipenuhi oleh pengunjung. Bagaimanakah dengan Pulau Macan?

Meski tak sepopuler kerabat dekatnya di Kepulaun Seribu, Pulau Macan yang merupakan sebuah resor bertema eco. Cukup mewah dan mulai naik daun beberapa tahun terakhir. Tidak membludaknya pengunjung di area ini bukan disebabkan karena daya tariknya yang kalah dengan pulau-pulau lainnya tapi pihak pengelola sengaja membatasi tamu yang berkunjung ke sana.

Pulau Macan sendiri sebenarnya ada dua, pulau yang sering disinggahi adalah Pulau Macan Besar yang merupakan tempat penginapan. Dan Pulau Macan Kecil yang masih belum tersentuh dan dibiarkan tidak berpenghuni. Sudah terbayang bukan bakalan seperti apa serunya berlibur di Pulau Macan ini? Berikut hal-hal menarik yang bisa Anda lakukan di Pulau Macan yang jarak tempuhnya hanya sekitar 1,5 jam dari Marina Ancol Dermaga 06 dengan menggunakan speed boat.

Menyaksikan Sunset

Hal menarik pertama yang sepatutnya tak dilewatkan saat berlibur di Pulau Macan adalah menikmati pergantian siang dan malam yang diwarnai dengan tenggelamnya sang surya ke lautan. Tak terbayangkan bagaimana romantisnya ketika Anda berpegangan tangan dengan kekasih tercinta di sebuah bilik kayu di tepi pantai sambil menatap sunset yang berwarna keemasan.

Coral Planting

Tak melenceng jauh dari temanya yang merupakan eco resort, kegiatan pelestarian alam sering dilakukan di pulau ini, salah satunya adalah coral planting. Hasil pengembangbiakan coral-coral ini nantinya akan ditanam di tempat-empat baru dan menggantikan coral-coral lama yang telah hancur atau punah karena ulah tak bertanggung jawab dari segelintir manusia.

Berjemur

Liburan di pantai tak akan seru jika Anda tidak menyempatkan diri untuk berjemur. Saat air surut berharaplah Anda menjumpai sebuah gundukan pasir atau yang biasa di sebut sebagai gusung tak jauh dari kawasan Pulau Macan. Gusung ini bisa Anda manfaatkan untuk berjemur sepuas-puasnya sebelum air pasang kembali menelannya.

 

Baca Juga : Wisata Seru di Pulau Putri, Resort Kepulauan Seribu

 

Trekking

Bagi pecinta trekking, Anda bisa melakukan kegiatan yang menarik ini di kawasan Pulau Macan yang tidak berpenghuni. Tak perlu risau, saat Anda berkeliling pulau, Anda tidak akan kehilangan arah karena pulau ini tak memiliki banyak cabang seperti di film-film.

Snorkeling

Pulau Macan memiliki pemandangan bawah laut yang bening dan sangat indah. Pecinta snorkling tidak akan menemukan terumbu yang rusak di sana sini. Seperti yang biasa ditemui di Pulau Tidung maupun pulau lainnya. Anda juga tak perlu mengeluarkan biaya extra untuk menyewa masker, snorkel, booties, fins, hingga life jacket karena semuanya disediakan secara gratis di sini.

Relaksasi

Pulau Macan merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang membutuhkan relaksasi dan bersantai. Salah satu alasanya adalah karena pulau ini adalah pulau pribadi yang eksklusif. Pulau yang luasnya tak sampai satu hektar ini membatasi jumlah pengunjungnya sebesar kurang dari empat puluh orang per hari. Makanya Anda bisa berpuas diri melakukan relaksasi di sini.

Bakar Ikan dan Api Unggun

Jika Anda bosan dengan suasana restoran, tak ada salahnya mencoba menikmati hidangan malam di tepi laut sambil membakar ikan. Ikan-ikan hasil tangkapan nelayan di Pulau Macan ini terkenal dengan kesegarannya. Dan tentu saja bumbu kecap dan taburan bawang merah dipadu dengan pedasnya cabai hijau. Tak ada salahnya untuk melupakan program diet sejenak saat berada di sini karena menu-menu ikan bakarnya sangat menggugah selera.

Malam Anda akan semakin berwarna saat Anda duduk berkeliling bersama teman, sahabat atau pasangan di sekitar temaramnya cahaya api unggun sembari menunggu kantuk datang. Suasana seperti ini tentu saja tidak setiap hari bisa Anda nikmati, so jangan sampai melewatkannya ya…

Jadi tunggu apalagi, jika Anda ingin menikmati hal-hal menarik seperti yang disebutkan di atas.

Nikmati liburan yang tak terlupakan di Pulau Macan. (Jari Adventure-Det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *