Pulau Langkawi, Keindahan yang Langka Bak Surga Tersembunyi

Malaysia tak hanya tentang menara Petromax, masih banyak wisata alam hingga wisata dengan teknologi tingkat tinggi ada di Negara ini. Seperti Indonesia, Malaysia juga banyak negara kepulauan namun sebaran dan jumlah pulaunya tidak sebanyak Indonesia.

Salah satu Langkawi atau Langkawi Island yang termasuk dalam wilayah Malaysia. Banyak masyarakat Malaysia bahkan pelancong internasional yang berwisata di pulau cantik ini. Nah berikut wisata yang bisa kamu kunjungi saat di Langkawi.

Sebenarnya Langkawi ini tidak hanya pulau tunggal yang berdiri sendiri. Langkawi juga memiliki 99 pulau dalam satu kawasan gugusan Pulau Langkawi.

Langkawi sendiri terletak di laut Andaman dan lepas pantai barat. Serta termasuk ke dalam bagian Kedah meskipun secara jarak cukup jauh sekitar 51 km dari pantai barat laut. Sedangkan jarak terdekat ke Langkawi dengan melewati Kuala Perlis yang berjarak 31 km.

 

Cara Menuju Langkawi

Ada 2 akses menuju Langkawi yaitu jalur udara dan jalur air. Jika kamu punya banyak budget bisa lho memilih jalur udara, Langkawi memiliki bandara yang berlokasi di Padang Matsirat.

Namun bila kamu memilih jalur laut maka kamu harus menyebrang melalui Kuala Kedah, Kuala Perlis dan Penang. Waktu menyebrang pun bervariasi rata-rata kurang lebih 1.5 jam untuk sampai di Langkawi.

 

1.   Langkawi Wildlife Park

Rumah bagi aneka burung dan berbagai jenis fauna lainnya. Destinasi ini merupakan tujuan wisata yang sesuai dengan keluarga. Burung yang bisa kamu temui di tempat ini adalah Kakatua, Kasuari dan Arnab, kamu bisa beri makan secara langsung. Selain itu kamu bisa menjumpai binatang selain burung seperti Landak, Keledai, Ular Sawa dan masih banyak yang lain.

 

2.   Pantai Cenang

Pantai pasir putih yang ada di Langkawi ini pas untuk bersantai menikmati deburan ombak dan angin selain itu kamu juga bisa bermain parasailing, jetski dan permainan air lainnya dengan membayar uang sewa yang sudah ditetapkan. Di pantai Cenang ini sudah banyak akomodasi yang bisa kamu manfaatkan seperti penginapan.

 

3.   Taman Mardi Langkawi

Di taman Mardi ini kamu bisa jalan-jalan di perkebunan anggur yang ditanam rapi selain itu kamu juga bisa makan langsung buah yang sudah matang dari pohon wisata agroteknologi.

 

4.   Pulau Payar

Berada di bagian Utara Selat Malaka, berjarak sekitar 19 mil dari selatan Langkawi. Banyaknya keanekaragaman flora dan fauna bawah laut sehingga destinasi ini cocok untuk kamu yang hobi snorkeling atau diving.

Selain itu kamu juga bisa hiking menyusuri pulau Payar sambil melihat setiap keindahan sudutnya. Lebih serunya lagi kamu bisa menyusui bayi hiu, tetapi tenang bayi hiu ini sangat lucu dan menggemaskan. Dari Langkawi bisa naik speed boat kira-kira 45 menit hingga 1 jam tergantung kondisi cuaca.

 

5.   Tasik Dayang Bunting

Tempat ini merupakan danau air tawar yang memiliki luas kira-kira 3 kali lapangan sepak bola dengan kedalaman 3 bangunan. Disini kamu bisa berenang atau sekedar mengapung dengan ban besar untuk menikmati rindangnya lingkungan. Dinamakan Tasik Dayang Bunting dikarenakan jejeran bukit yang mengeliling kawasan ini seperti  wanita hamil yang sedang berbaring.

baca juga:

Shopping Oleh-oleh! Kunjungi 6 Pusat Belanja Murah di Thailand

 

6.   Jembatan Langit Langkawi

Suka tantangan atau takut dengan ketinggian? Cobalah datang ke Jembatan Langit atau Langkawi Sky Bridge. Disini kamu bisa uji nyali dengan melihat keindahan alam dari ketinggian. Gugusan ini memiliki ketinggian 750 MDPL.

 

7.   Oriental Village

Mau pulang mesti bawa oleh-oleh? Gampang kamu tinggal berbelanja di Oriental Village. Tempat membeli berbagai cinderamata khas Langkawi. Kamu juga bisa bermain ATV, naik gajah atau berfoto dengan ular.

 

8.   Cable Car Langkawi dan Langkawi Sky Bridge

Tempat ini menjadi landmark dari Langkawi. Cable Car dan Langkawi Sky menjadi perpaduan yang pas untuk kami yang tidak takut dengan ketinggian atau sekedar uji nyali diri dengan ketinggian.

Cable Car ini membawa kami menuju pemberhentian akhir dimana nantinya terdapat sky bridge. Sky bridge ini memiliki panjang 125 meter dengan ketinggian 100 meter. Baik cable Car maupun aku bridge, kamu akan disuguhi pemandangan indah khas Langkawi dengan hijau hutan dan air terjunnya.

 

Nah kalau kamu ke Langkawi pastikan membawa sunblock.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.