Pulau Katang, Tak Berpenuhi Namun Menggoda

Pulau Katang –  Terletak di Kepulauan Riau yang terkenal dengan wisata alam yang menakjubkan.Setiap wilayah memiliki potensi yang sangat besar khususnya dalam bidang wisata bahari. Banyak yang tidak mengetahui bahwa Kepulauan Riau memiliki salah satu pulau yang benar-benar tak berpenghuni.

Meski, pulau ini masih bersih dari sentuhan wisatawan asing maupun lokal. Tak berpenghuni bukan berarti pulau ini tidak layak untuk dikunjungi. Justru akan menjadikan ini sebagai destinasi tradisional. Jika kalian ingin benar-benar merasakan liburan yang tenang dan jauh dari keramaian, Pulau Katang bisa jadi destinasi kalian yang perlu dicoba.

Lokasi Pulau Katang

Secara administrasi Pulau Katang masuk dalam Kecamatan Senayang Kabupaten Lingga. Senayang merupakan salah satu desa yang ada di Kabupaten Lingga, provinsi Kepulauan Riau. Memiliki 604 pulau kecil dan besar yang memiliki keunikan masing-masing. Selain memiliki panorama laut yang indah, pasir pantainya yang putih dan bersih juga mampu menggoda pengunjung untuk menikmatinya.

Pulau Katang ini lokasinya dekat dengan Pulau Nyamuk. Perlu menggunakan kapal untuk menyebrang ke Pulau Katang dengan waktu kurang lebih 15 hingga 20 menit agar bisa sampai di Pulau Katang . Disarankan jangan menggunakan kapal yang terlalu besar karena pada saat perjalanan menuju Pulau Katang terdapat banyak karang.

Jika kita ingin berkeliling menikmati panorama Pulau Katang ini nantinya akan menemukan makam. Konon dulunya makam ini ada mayat tanpa identitas yang tewas di Pulau Katang. Diduga mayat tersebut  adalah seorang nelayan. Mayat ini mengapung di dekat Pulau Katang. Segera orang-orang yang menemukannya mengubur mayat itu di Pulau Katang.

Karena tidak ditemukan adanya identitas sang mayat nelayan asing tersebut. Maka, menurut musyawarah desa jenazah tersebut kemudian dirawat dan dimakamkan dengan layak. Pada batu nisan, dituliskan Makam Teman. Yang berarti bahwa di tempat peristirahatan terakhir tersebut telah dikubur seorang yang juga bernasib dan bermata pencaharian sama seperti teman – teman mereka yaitu seorang nelayan.

Pesona Pulau Katang

Sedikitnya wisatawan yang menyentuh Pulau Katang ini menjadikan pasir putih yang membentuk pantai sangat bersih dan menggoda untuk segera menapakkan kaki disana. Mempunyai pasir putih yang lembut bahkan lebih lembut dari pasir putih di Pulau Nyamuk.

Kedamaian dan ketenangan yang ditawarkan Pulau Katang sebenarnya sangat menggoda bagi para pelaku wisata. Terutama yang sedang merencanakan liburan honey moon. Sayangnya, di Pulau Katang sendiri, fasiltias masih sangat minim.

Sebut saja, fasilitas untuk sarana akomodasi atau hotel. Restoran atau pun rumah penduduk. Setidaknya, dinas pariwisata setempat bisa memikirkan hal ini dan memberikan solusi. Agar Pulau Katang yang indah bisa menjadi aset lokal yang menunjang perekonomian masyarakat di daerah Katang.

Tak hanya pasir putihnya yang menggoda. Namun warna laut disana seakan benar-benar membius mata kita. Bayangkan saja kalian berada di tengah-tengah indahnya laut. Dengan warna biru tosca, biru muda, dan biru tua ini bisa bikin hati kita damai banget. Pastinya kalian bakal tak lepas dari gadget atau kamera kalian buat mengabadikan indahnya laut, pasir putihnya .

Di sana banyak ditemukan kima (kerang bercangkang besar), teripang, bahkan bintang laut yang terbawa hingga ke tepian pantai. Masih terjaganya ekosistem laut di sini, jangan sampai kita datang untuk merusaknya.

Lingkungan Sekitar

Benar-benar tidak memliki penghuni bukan berarti Pulau Katang akan menjadi pulau yang menyeramkan dan terkucilkan . Bahkan saat ini sudah berlangsung pembangunan resort dari salah satu investor asal Tiongkok, Mr Huang Sheng dan sudah disetujui oleh Bupati Kabupaten Lingga, Alias Wello, S.Ip.

Bupati Kabupaten Lingga sangat menyambut tawaran investasi tersebut karena dapat menjadikan Pulau Katang menjadi berkembang . Baginya syarat investasi ada tiga , yakni investasi yang pro rakyat, pro lingkungan, serta investasi yang mampu memberi kontribusi terhadap pendapatan daerah.  Tak tanggung-tanggung dana yang dikeluarkan yakni senilai USD 35 Juta

Nantinya ini akan menjadi villa bergaya arsitektur berbeda dari seantero dunia dengan fasilitas restoran bawa laut, lapangan golf  bertaraf internasional, serta kolam renang terbuka yang kaya dengan sinar matahari dan pantai yang indah.

Akan menjadi paket wisata yang komplit jika kalian berlibur ke Pulau Katang ini . Yuk segera kalian berwisata ke Pulau Katang jika ingin berwisata ke pantai yang sangat jauh dari keramaian dan tenang. Kalian tidak akan rugi , semua akan terbayarkan dengan indahnya pantai tak berpenghuni ini.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *