Nikmati Eksotiknya Pulau Dua atau Pulau Burung di Banten

Pulau Dua atau Pulau BurungBanyak orang yang mengenal Banten sebagai gudangnya tujuan wisata, terutama yang menjual keindahan alam, seperti Pantai Anyer, Carita, atau Bagedur yang masih belum banyak terjamah tangan manusia. Namun tak banyak yang tahu jika Banten juga memiliki cagar alam selain tempat konservasi badak jawa Ujung Kulon, yaitu Pulau Dua atau Pulau Burung.

Cagar Alam

Cagar Alam Pulau Dua atau Pulau Burung ini secara administratif berada di Desa Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, Serang, Banten. Jaraknya dari Kota Serang pun tidak terlalu jauh, hanya sekitar tiga puluh kilometer di lepas pantai Banten Utara. Letaknya pun cukup dekat dengan tempat wisata religi dan sejarah Banten Lama yang sudah terkenal lebih dahulu.

Uniknya, meski bernama “pulau”, kawasan konservasi Pulau Dua bukan sebuah pulau.  Tapi hanya berupa daratan yang menjorok ke laut atau dikenal dengan istilah tanjung. Ternyata, dulunya Pulau Burung ini dipisahkan oleh selat selebar lima ratus meter.  Namun saat ombak sedang surut kedua daratan ini seakan menyatu. Karena adanya pendangkalan pada Sungai Cibanten, membuat batas antar pulau menjadi tidak jelas, menyebabkan daratan Pulau Burung menyatu dengan Puau Jawa.

Seperti namanya, kawasan cagar alam ini dihuni oleh berbagai satwa burung. Mulai dari bangau, Elang jawa, hingga belibis yang mendiami daratan seluas tiga puluh hektar ini. Biasanya sekitar Bulan April hingga Agustus, banyak burung dari berbagai benua. Seperti Asia, Afrika, dan Australia, yang datang ke Pulau Burung untuk menghindari musim dingin, bertelur, dan menetas. Setelah musim berlalu, sebagian besar burung tersebut kembali ke tempat asalnya. Tidak hanya burung, di cagar ala mini juga terdapat lutung dan siamang yang secara resmi dilindungi.

Aneka flora dan fauna

Jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi Pulau Dua atau Pulau Burung ini. Selain kicauan burung, juga akan disambut oleh hamparan pohon bakau yang cukup rimbun tumbuh di pinggir pantai. Selain pepohonan mangrove, juga ada beberapa tanaman lain seperti pohon ketapang, kepuh, dan cangkring.

Baca juga: Debus, Atraksi Budaya Mengagumkan Asal Banten

Ada beberapa kegiatan wisata yang ditawarkan saat traveler berkunjung ke Pulau Burung. Yang utama adalah birdwatching atau menyaksikan lebih dekat kehidupan burung-burung liar. Asyiknya, trek menuju tempat-tempat pengamatan burung telah tersedia. Begitu juga menara pengamatan, yang dibuat oleh Pak Madashi, penjaga kawasan cagar alam yang telah mengadikan diri selama lebih dari 30 tahun. Di sini para pengunjung dapat melihat burung-burung penghuni pulau dari ketinggian dengan menggunakan teropong.

Surga fotografi wildlife

Buat Anda yang menggemari kegiatan fotografi, tempat ini tidak boleh dilewatkan. Keindahan kawasan pesisir, beragam burung-burung yang hidup bebas. Serta hijaunya pepohonan menjadi daya tarik tersendiri yang dapat diabadikan dengan lensa kamera. Para traveler yang suka berpetualang juga dapat memanfaatkan hutan bakau yang asri dan menyejukkan mata. Belum lagi deretan pantai di Pulau Burung yang menawarkan wisata bahari, seperti menikmati keindahan bawah laut dengan gugusan karang dan berbagai macam ikan.

Rute transportasi

Untuk mencapai kawasan Cagar Alam Pulau Dua atau Pulau Burung. Anda harus menempuh perjalanan yang cukup panjang, baik dengan menggunakan kendaraan umum maupun milik pribadi. Jika berangkat dari Jakarta, maka jarak yang harus ditempuh adalah sekitar Sembilan puluh kilometer menuju Serang. Lalu melanjutkan perjalanan sejauh dua puluh kilometer. Kemudian disambung dengan menaiki perahu motor milik nelayan setempat ke Pulau Burung. Total waktu yang diperlukan untuk sampai ke Cagar Alam Pulau Dua atau Pulau Burung ini adalah sekitar tujuh jam.

Akomodasi Pulau Dua atau Pulau Burung

Buat yang ingin menghabiskan malam di tempat ini, ada beberapa penginapan di sekitar wilayah tersebut yang dapat dimanfaatkan. Salah satunya adalah Pulau Umang, yang memiliki berbagai jenis penginapan yang bisa memfasilitasi liburan Anda. Pulau dengan luas kurang lebih lima hektar ini menyediakan cottage, resor, dan hotel yang dilengkapi sarana restoren. Serta wahana bermain air yang cocok untuk semua anggota keluarga.

Jika ingin menghemat bujet liburan, disarankan untuk berlibur bersama rombingan. agar biaya sewa perahu motor dan penginapan dapat dibagi-bagi. Sehingga biayanya lebih ringan. Selain itu, bawa perbekalan selama berada di Pulau Dua atau Pulau Burung ini. Namun ingatkan diri sendiri untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan cagar alam tersebut. Selamat bersenang-senang ya! (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *