Pulau Dompak, Permata Tersembunyi Sebuah Istana Kota Piring

Pulau Dompak – Terdapat suatu Pulau yang tidak banyak berpenghuni tetapi merupakan pusat pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau sejak tahun 2010. Terletak beberapa gedung perkantoran mulai dari kantor Gubernur, kantor DPRD, dan beberapa fasilitas pendukung lainnya.  Daerah ini adalah hasil pemekaran baru di beberapa daerah di Indonesia, secara tidak langsung hasil pemekaran dapat menimbulkan dampak baik dan dampak buruk. Pulau ini berada di arah selatan Tanjung Pinang dan dihubungkan oleh sebuah Jembatan Utama. Tak lain pulau ini adalah Pulau Dompak. Ingin tahu bagaimana perkembangan Pulau ini lebih lanjut? Ikuti ulasannya berikut ini.

Jembatan yang menuju Pulau Dompak

Kepulauan Riau memiliki ikon baru dikotanya yaitu sebuah jembatan yang megah yakni jembatan Dompak, jembatan ini memiliki panjang 1,5 km. rencananya jembatan tersebut akan dibuka untuk umum dalam waktu dekat ini dan bisa diakses sebagai penghubung  kedua pulau tersebut. Membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit dibalik pembangunan jembatan ini. Sekitar delapan tahun hingga akhirnya sebuah pemikiran dari Ismeth Abdullah , Gubernur Kepulauan Riau kala waktu itu hingga kini bisa terwujud.

Pulau Dompak ditetapkan sebagai Pusat pemerintahan

Pada awal 2006 dibawah kendali Gubernur Kepulauan Riau, dilakukan sebuah kajian untuk pusat pemerintahan, adapun daerah yang dipilih hanya 2 yaitu Senggarang dan Pulau Dompak. Dengan berbagai pertimbangan akhirnya Pulau Dompak dipilih sebagai pusat pemerintahan Kepulauan Riau. Banyak pihak yang mengatakan bahwa resiko Pulau Dompak Lebih sedikit dibanding Senggarang.

Pembangunan tersebut menghabiskan dana sekitar 1,6 Triliun. Bangunannya antara lain meliputi kantor gubernur, gedung DPRD Kepulauan Riau, masjid, jembatan Dompak dan stadion olahraga. Awalnya direncanakan pembangunan memakan waktu 3 tahun tetapi karena terkendala keuangan daerah maka terjadi beberapa perubahan.

Pelabuhan Dompak

Pembangunan pelabuhan Pulau Dompak akan dilakukan menggunakan anggaran dari pemerintah pusat yang rencananya akan diselesaikan tahun 2016. Wakil gubernur Kepulauan Riau mengatakan bahwa kapal sudah layak parkir di pelabuhan. Karena pelabuhan ini sudah cukup bagus. Kemudian wakil gubernur tersebut memberikan apresiasi kepada Kementrian Perhubungan yang sudah membangun beberapa pelabuhan di wilayah tersebut, termasuk pelabuhan Dompak. Dan mulai saat ini akses menuju Dompak akan semakin terbuka.

Dompak disebut Istana Kota Piring 

Jika pengunjung melewati jembatan lalu akan disambut dengan tulisan “Selamat Datang di Istana Kota Piring” tulisan tersebut dipasang tepat dibawah masjid Kepulauan Riau. Sebenarnya nama Istana Kota Piring tersebut adalah nama yang disematkan untuk kawasan pusat pemerintahan propinsi Kepulauan Riau di Dompak, pemberian nama itu dilakukan saat hari ulang tahun Kepulauan Riau saat  itu yang ke-12.

Baca juga; Pantai Tanjung Setia Lampung Barat, Surga Bagi Para Peselancar

Tetapi walikota Tanjung Pinang mengkritik keras dikarenakan dapat menyesatkan generasi di masa mendatang, sejarah menjadi kabur karenanya. Istana Kota Piring merupakan sejarah di kota Tanjung Pinang. Dan tempat itu berada di kawasan Kelurahan Melayu , kota Piring , Batu 7 Kota Tnajung Pinang. Tepatnya pulau yang dulu dinamai dengan Pulau Biram Dewa. Jadi disutulah berdirinya Kota Piring, bukan di wilayah Dompak.

Fasilitas di Pulau Dompak

Pulau ini memiliki luas 957 hektare, letaknya 1 km di selatan kota Tanjung Pinang. Pulau Dompak ini memiliki sebuah Masjid Raya Kepulauan Riau, masjid ini begitu megah dan besar. Dan letaknya yang berada        di puncak bukit membuat kita dapat menikmati pemandangan dari serambi. Dari sebelah utara kota Tanjung Pinang tampak jelas dilihat. Dan di kaki bukit ujung jembatan Dompak I.

Untuk naik ke puncak Menara masjid pengunjung diperbolehkan naik secara terbatas, akan tetapi tidak setiap saat pengungjung diperbolehkan naik ke atas puncak, alasannya karena pintu Menara yang besar terkadang sulit sekali untuk dibuka. Untuk jalan menuju puncak terdapat anak tangga yang jumlahnya ratusan, jika pengunjung tidak ingin kelelahan dapat dapat menggunakan lift.

Di puncak Menara pengunjung dapat melihat pemandangan yang benar – benar luar biasa. Pengunjung dapat melihat dengan jelas gunung kijang, gunung Lengkuas , seluruh areal pulau Dompak dll. Semoga kedepannya pemerintah Kepulauan Riau dapat merealisasikan 100 persen untuk membenahi Dompak sebagai Pusat Pemerintahan Kepulauan Riau.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *