Pulau Buaya Hingga Ikan Bakar Terlezat! Kunjungi 7 Destinasi Wisata di Sorong Ini

Ketika Anda ingin berlibur ke Raja Ampat, pasti Anda akan melewati Sorong sebagai pintu masuknya. Namun, ternyata Sorong juga memiliki panorama yang luar biasa indah. Sorong juga menjadi kota yang penuh potensi wisata luar biasa.

Sorong adalah kota yang terletak di Papua Barat. Ketika melewati Sorong, sempatkan diri Anda untuk mengeksplore destinasi wisatanya mulai dari wisata alam dan bahari. Daripada hanya sekedar lewat,  mari kita simak saja destinasi wisata Sorong yang wajib dikunjungi.

1. Pantai Tanjung Kasuari

Salah satu destinasi favorit di Sorong adalah Pantai Tanjung Kasuari. Pantai ini memiliki pasir pantai yang putih dan lembut, ombaknya tenang dengan air yang jernih.

Bahkan, Anda bisa berteduh di pepohonan yang rimbun di tepian pantainya. Dijamin, Anda akan betah bersantai di pinggiran pantainya.

Meskipun jarang dikunjungi wisatawan, kawasan ini patut untuk Anda kunjungi. Wisatawan akan berdatangan di hari libur.

Anda juga bisa camping karena garis pantainya cukup landau dan panjang. Jadi, sempatkan diri Anda untuk bersantai di pantai ini sebelum menuju Raja Ampat.

2. Pulau Buaya

Tenang, pulau ini bukan seperti pulau Komodo yang berisi kawanan Komodo. Disebut Pulau Buaya karena bentuk pulau ini terlihat seperti buaya.

Letaknya tak jauh dari Sorong dan bisa Anda jangkau dengan kapal kecil di Pelabuhan Sorong. Pulau ini memang berpenghuni, namun tidak sebanyak pulau lainnya.

Disini Anda bisa menyewa cottage jika ingin menginap. Malam hari di Pulau Buaya juga sangat mengasyikkan, lho! Apalagi panoramanya serta pasir putihnya sangat memanjakan mata.

Airnya yang jernih sangat cocok untuk aktivitas banana boat, parasailing, paintball, snorkeling, hingga donut boat.

3. Pantai Saoka

Pantai lainnya adalah Pantai Saoka yang berada di Sorong. Jangan salah menyebut namanya dengan Pantai Soka yang ada di Bali, ya!

Pantai Saoka memiliki panorama alam yang luar biasa cantiknya. Ciri khas dari pantai ini adalah ombaknya yang berdebur, air jernih, hingga pasir pantainya yang putih bersih dan lembut.

Sepanjang garis pantai terdapat pepohonan rimbun yang menyejukkan. Cocok untuk dijadikan tempat bersantai apalagi disaat siang hari.

Di sini Anda bisa menemukan bebatuan karang raksasa yang dapat Anda manfaatkan untuk menikmati panorama indah dari Pantai Saoka dari sudut pandang yang berbeda.

4. Pulau Um

Lokasi dari pulau Um tak jauh dari Sorong yaitu Desa Malaumkarta. Pulau kecil yang dihuni oleh ratusan burung camar dan kelelawar ini wajib untuk Anda kunjungi.

Keunikannya terletak pada kedua hewan itu. Ketika siang, kelelawar akan beterbangan mencari makan. Sebaliknya, burung camar akan beterbangan di malam hari.

Selain memiliki pasir putih yang mengelilingi pulau, ombak dari pantainya sangat tenang sehingga cocok bagi Anda yang suka ketenangan. Dengan membawa kasur udara, proses bersantai Anda akan semakin terasa.

Baca juga:

Incaran Pelancong Global, Spot Selfi Ter-Hits di Prancis untuk Kenangan Romantis

 

5. Danau Ayamaru

Danau Ayamaru memiliki air yang bening dan jernih serta warna airnya biru kehijauan. Berkunjung ke Sorong kurang lengkap jika belum ke Danau Ayamaru.

Kedalamannya sekitar 6 meter, namun uniknya kerap mengalami pasang surut kayaknya ombak laut. Kealamian dan ekosistem di danau ini benar-benar dijaga oleh masyarakat setempat. Jadi pastikan jangan sampai mengotori lingkungan danau Ayamaru, ya!

6. Puncak Arfak

Ingin menikmati panorama Kota Sorong? Destinasi yang satu ini wajib Anda kunjungi. Di Puncak Arfak, Anda akan menikmati panorama Kota Sorong dari ketinggian.

Di puncaknya, terdapat pusat oleh-oleh yang menjual berbagai cinderamata khas Papua. Tenang, harganya cukup terjangkau, lho!

Ada banyak cinderamata yang bisa Anda dapatkan mulai dari batik corak Papua, aneka gelang, sarang semut, hingga perhiasan lainnya.

7. Tembok Berlin

Kalau dari namanya terdengar seperti Tembok Berlin yang ada di Jerman (Tembok untuk memisah Jerman Barat dan Jerman Timur).

Namun, tembok yang satu ini berfungsi untuk memisahkan kawasan pantai dan jalan raya. Uniknya, di sini Anda bisa menemukan banyak wisatawan yang berkumpul untuk menikmati wisata kuliner khas Sorong di sore hari.

Ketika malam, kawasan ini berubah menjadi area wisata kuliner seafood. Katanya, ikan bakar terenak di Sorong ada di kawasan ini, lho! Jadi jangan lupa untuk mencobanya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.