Serunya Jelajahi Pesona Pulau Bintan

Kebanyakan pulau dan pantai yang indah di Indonesia berada di wilayah timur, seperti Bali, Lombok, dan Nusa Tenggara. Buat rekan traveler yang berada di bagian barat Indonesia seperti Sumatera, tidak perlu jauh-jauh mencari tujuan wisata untuk menghilangkan jenuh dan penat, setelah beberapa waktu bekerja. Yup, cukup datang ke Pulau Bintan, pulau terbesar yang termasuk dalam wilayah administratif provinsi Kepulauan Riau.

Di sekitar pulau ini juga tersebar lebih dari tiga ribu pulau kecil lainnya, yang membentang dari Malaka hingga Laut Cina Selatan. Ada banyak aktivitas super seru dan menyenangkan yang dapat dilakukan di pulau yang terletak dekat Batam, seperti berikut ini.

Menjelajahi Hutan Mangrove

Mulailah petualanganmu di Pulau Bintan dengan mengunjungi hutan mangrove. Lebatnya pohon memberikan atmosfer layaknya sedang berada di hutan amazon. Dai atas perahu yang menyusui sungai hijau dan berkelok, rekan traveler tidak hanya menikmati suara air menenangkan dan hawa udara yang sejuk, tapi juga melihat beberapa hewan yang muncul dari dedaunan. Mulai dari monyet, burung, hingga ular.

Surfing di Pulau Bintan

Pulau Bintan memiliki keindahan panorama pantai yang siap memanjakan siapa saja yang datang. Tapi tidak hanya itu, rekan traveler juga dapat menjajal olahraga bahari yang lumayan memicu adrenalin, yaitu surfing. Angin kencang dan ombak yang cukup besar, terutama di akhir tahun, membuat banyak penggemar olahraga ini berbondong-bondong mengunjungi Pulau Bintan.

Namun jika surfing bukan aktivitas yang rekan traveler gemari, yuk menyelami keindahan alam bawah laut Pulau Bintan dengan cara menyelam, baik itu diving maupun snorkeling. Salah satu spot yang jadi jujukan para penyelam adalah Kepulauan Anambas yang berada di Laut Cina Selatan. Di lokasi ini, kehidupan bawah lautnya masih terjaga dan terawat, sehingga tampak sangat alami.

Baca Juga:

Obyek Wisata Air Terjun Gunung Lengkuas di Bintan yang Masih Perawan

Bersantai di Pantai Trikora

Puas berolahraga air di Pulau Bintan, tidak ada salahnya rekan traveler memilih Pantai Trikora sebagai tempat melepas lelah. Pantai ini terletak di pesisir timur dari sekian banyak pantai di pulau cantik ini. Nikmati sepoi-sepoi angin sambil menikmati pemandangan batu-batu granit yang menawan, menghiasi bibir pantai. Rekan traveler juga dapat ber-snorkeling di sini lalu berisitirahat di dalam pondok-pondok kecil di sekitar pantai, untuk berteduh dari sengatan sinar matahari.

Pulau Beralas Pasir

Masih tertarik mengeksplorasi keindahan bawah laut Pulau Bintan? Yuk ke Pulau Beralas Pasir yang terletak di dalam wilayah Teluk Bakau, Kabupaten Bintan. Rekan traveler cukup menyeberang sebentar dari Desa Teluk Bakau, sekitar 15 hingga 20 menit perjalanan dengan menggunakan speedboat. Pulau yang dikenal juga dengan nama White Sands Island ini memiliki resort-resort cantik, yang jadi jujukan para pengunjung yang berasa dari sekitaran Kawal, Teluk Bakau, dan Pantai Trikora.

Ada banyak kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan di pulau berpasir putih nan cantik ini. Selain bersantai dan bermain di pinggir pantai, rekan traveler juga dapat menjajal serunya melakukan snorkeling dan diving.

Pulau Penyusuk

Ini merupakan tujuan sempurna bagi rekan traveler yang ingin menikmati keindahan surga bawah laut di kawasan Pulau Bintan. Karena belum dikormesilkan, biaya masuk ke pulau ini masih gratis dan hanya butuh 40 menit perjalanan menggunakan perahu dari Pantai Trikora.

Tidak harus terlalu mengeksplorasi laut dalam untuk melihat keindahan karang dan penghuninya, di perairan dangkal pun pengunjung dapat menikmati panorama karang yang cukup terjaga kealamiannya. Puas menyelam, jangan lupa bersantai di atas pasir putihnya yang lembut.

Populernya Pantai Sakera

Di mata warga Pulau Bintan, Pantai Sakera menjadi tempat wisata terfavorit, terutama untuk dikunjungi di akhir pekan. Tidak hanya wisatawan lokal yang terlihat wara-wiri di pesisir pantai, tapi juga pengunjung dari mancanegara. Rekan traveler dapat mencapai pantai ini dari Tanjungpinang, via jalur darat dengan menempuh 2,5 jam waktu perjalanan.

Sesampainya di sini, pengunjung dapat menyewa pondok-pondok kecil, yang bahkan dihargai gratis jika datang di luar akhir pekan dan hari libur nasional. Tidak perlu takut menganggur di sini, karena ada banyak kegiatan seru untuk dilakukan. Mulai dari mengayuh kano, bermain voli pantai, hingga mencipratkan air di pantainya yang landai.

TIPS BERLIBUR KE PULAU BINTAN YANG MENAWAN

Wisata ke Pulau Bintan harus menjadi liburan termanis dan memberi kenangan indah. Untuk mempersiapkannya, tidak ada salahnya Anda ikuti dahulu tips-tips berikut:

  • Pesan pesawat pulang-pergi

Ada kalanya tiket penerbangan ke tempat-tempat wisata seperti Pulau Bintan ketika musim liburan akan sangat tinggi permintaan. Oleh karena itu, siasati dengan memesan tiket pulang-pergi sekaligus. Liburan Anda akan menjadi lebih tenang dan nyaman tanpa harus repot memikirkan bagaimana jika nanti mengurus kepulangan.

  • Pesan penginapan sejak jauh-jauh hari

Persiapan transportasi memang penting, yang tak kalah penting adalah pemesanan tempat menginap atau hotel. Musim liburan di Pulau Bintan membuat semua kamar akan penuh terbooking oleh para tamu dan wisatawan. Anda jangan sampai kehabisan kamar ya.

  • Bawa perlengkapan pribadi seperti obat khusus

Pulau Bintan mungkin adalah tempat wisata yang populer dan relatif ramai. Namun, untuk beberapa fasilitas seperti apotik agak jauh dan berada di pusat kota. Jika Anda membutuhkan atau biasa mengonsumsi obat tertentu untuk menjaga kesehatan pribadi, sebaiknya siapkan sejak keberangkatan agar tidak repot mencari apotik saat liburan.

  • Kenakan tabir surya saat berada di luar ruangan

Oleskan tabir surya setiap 2 jam sekali agar kulit selalu terlindungi dari paparan negatif sinar matahari ketika berada di luar ruangan. Tidak disadari, terkadang banyak wisatawan yang merasakan reaksi alergi kulit seperti gatal-gatal atau kulit sunburn karena efek buruk terlalu lama berada di bawah sinar matahari ketika di pantai.

  • Oleskan losion anti nyamuk

Di sekitar pesisir Pulau Bintan juga masih banyak nyamuk seperti nyamuk demam berdarah. Demi menjaga kesehatan diri dan orang-orang tercinta, sediakan losion anti nyamuk untuk menangkal gigitan serangga termasuk nyamuk atau tomcat agar liburan semakin nyaman dan menyenangkan.

Next tips

  • Ambil jasa agen travel wisata atau pemandu wisata

Tidak ada salahnya juga untuk memudahkan akses menuju tempat liburan, Anda menyewa jasa pemandu wisata. Mereka akan menunjukkan tempat-tempat wisata yang belum pernah Anda kunjungi serta memberikan arahan dan petunjuk secara lengkap. Jadi, Anda tidak perlu lagi bertanya arah atau takut tersesat untuk menuju ke obyek wisata tertentu di Pulau Bintan.

  • Bawa uang tunai secukupnya

Seperti pulau-pulau wisata umumnya di tanah air, fasilitas umum seperti anjungan tunai mandiri masih belum tersedia. Sebaiknya memang membawa uang tunai secukupnya dan tidak berlebihan. Misalnya Rp 1 juta sampai Rp 2 juta. Satu tips lagi, biaya akomodasi dan tiket pesawat sudah dilunasi sejak awal.

**

Ada begitu banyak tujuan wisata yang bisa dicicip saat rekan traveler mengunjungi Pulau Bintan. Jangan lewatkan kesempatan untuk menghabiskan waktu liburmu untuk mengeksplorasi keindahan pulau cantik ini. (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.