Pulau Benan, Destinasi Wisata Wajib di Kepulauan Riau

Pulau BenanPenasaran dengan pesona pariwisata yang ditawarkan Kabupaten Lingga? Maka, mulailah dengan mengeskplorasi Pulau Benan yang dijuluki sebagai Bali Kecil di Negeri Segantang Lada. Pulau ini merupakan salah satu dari 604 pulau yang ada di Lingga dan letaknya lebih dekat ke Batam atau Bintan dari pada ke Daik, Lingga. Sebenarnya apa sih yang ditawarkan pulau seluas 190 hektar ini hingga dipilih pemerintah setempat sebagai salah satu obyek wisata andalan daerah?

Bahkan untuk mendukung upaya memikat wisatawan agar berkunjung ke Pulau Benan, dinas pariwisata Lingga menjalin kerja sama dengan beberapa travel agent di Batam dan juga Tanjungpinang. Daripada semakin penasaran, yuk cari tahu tentang Pulau Benan, destinasi wisata wajib Coba di Kepulauan Riau  dalam artikel berikut ini!

Keunikan Pulau Benan

Tak hanya dari segi nama, Pulau Benan juga memiliki bentuk yang unik berupa busur kecil yang memanah ke arah Laut Cina Selatan. Pulau kecil yang ditempati sekitar 200 kepala keluarga ini bisa ditempuh selama kurang lebih 60 menit perjalanan dengan menggunakan kapal ferry cepat dari pelabuhan Sribintan Pura Tanjungpinang menuju Daik Lingga. Biasanya, kapal ferry dari pelabuhan Sribintan Pura diberangkatkan sekitar pukul 10 pagi waktu setempat.

Rute dan tarif menuju Pulau Benan

So, usahakan jangan sampai terlambat ya! Oh iya, tarif penyeberangan dengan ferry cepat ini cukup murah lho, hanya sekitar seratus ribuan per orang. Bagi wisatawan yang berangkat dari Daik, dibutuhkan waktu tempuh lebih lama, yaitu sekitar 3 jam, menuju pelabuhan Tanjung Butin atau Pelabuhan Jagoh Pulau Singkep. Ongkosnya dipatok 90-an ribu saja per orang.

Pulau Benan memiliki panorama alam yang sangat indah. Laut-lautnya berwarna biru bersih dan airnya nampak jernih. Terdapat kawasan hutan bakau di pulau ini yang memberikan nuansa hijau segar ditengah hamparan warna biru hingga terlihat begitu kontras. Pulau ini juga menawarkan spot-spot pemandangan matahari terbit yang indah juga makanan khas dengan bahan dari hasil laut yang segar.

Pesona Pulau Benan

Pantai di Pulau Benan sangat bersih dengan garis pantai yang panjang dan hamparan pasir yang berwarna putih. Dengan kondisi pantai yang demikian, Anda akan betah berlama-lama melakukan berbagai aktifitas pantai, seperti berjemur, berjalan ataupun berlarian kecil di pinggir pantai, bermain pasir atau berenang. Lambaian pohon kelapa yang menjulang tinggi di sepanjang bibir pantai yang jumlahnya mencapai ratusan memberikan nuansa kesejukan pada pantai yang biasanya berhawa panas. Bagi pecinta fotografi, paparan landskap yang indah bisa menjadi obyek yang sangat menarik untuk diabadikan.

Baca Juga:

Obyek Wisata Pantai di Lingga yang Wajib Dikunjungi

Tak hanya itu, aktifitas masyarakat sekitar yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan juga sangat seru untuk diamati.  Selain menangkap ikan dilaut, mereka juga membuat keramba untuk budidaya ikan kerapu. Bagi yang tidak melaut, mereka memiliki kesibukan mengolah hasil laut menjadi bentuk produk pangan lain, seperti kerupuk ikan, cumi kering, ikan teri kering dan sebagainya.  Masyarakat Benan tinggal di rumah-rumah panggung sepanjang sisi barat Pulau Benan, sedangkan pantai wisata berada pada sisi timur pulau. Keramahan masyarakat Pulau Benan menjadi salah satu faktor penting yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke sana.

Tak hanya di permukaan, pesona keindahan bagian bawah laut Pulau Benan juga tak kalah menarik untuk dieksplorasi. Bila cuaca cerah, bagi Anda yang bersertifikasi tentunya, dapat melakukan aktivitas snorkeling maupun diving di perairan Pulau Benan. Anda dapat menyewa peralatan menyelam di sekitar pantai.

Bersahabat dengan penyu di Pulau Benan

Tak hanya wisata bahari yang menjadi daya pikat utama, Pulau Benan juga mempunyai desa wisata yang wajib dikunjungi. Mengapa? Sebab desa ini dijadikan lokasi penangkaran tukik dan penetasan telur penyu untuk dikembalikan ke habitatnya. Jika beruntung, Anda dapat menyaksikan penyu-penyu yang berenang di perairan Benan.

Dengan tujuan wisata yang begitu memikat, menghabiskan waktu sehari saja di Pulau Benan rasanya masih kurang. Nah, bagi Anda yang ingin menginap, di pantai pulau ini tersedia cottage-cottage yang dikelola warga bersama pemerintah setempat untuk disewakan. Harga sewanya pun cukup terjangkau, yaitu 200 ribu per malam untuk setiap unitnya.

Sebagian cottage di Benan terdiri dari 2 kamar, 1 ruang tengah dan ruang makan serta 1 kamar mandi. Meski terbilang cukup memadai, pasokan listrik dan air bersih di wilayah ini masih harus lebih diperhatikan.

Fasilitas penunjang bagi para wisatawan juga masih terbatas. Untuk itu, diharapkan agar para pelaku wisata yang ingin berkunjung menyiapkan diri dengan segala perlengkapan seperti obat-obatan pribadi, karena masih belum banyak terdapat apotik yang lengkap, lalu membawa uang tunai secukupnya karena masih belum terdapat anjungan tunai mandiri (ATM).   (jari adventure-det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.