Pulau Benan, Replika Bali di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau

Pulau Benan  – Berkunjung ke Kabupaten Lingga, wajib hukumnya untuk anda mampir ke wisata pesisir yang satu ini. Dijuluki sebagai Bali Kecil, Pulau Benan memang menyimpan segudang pesona yang sayang untuk dilewatkan.

Lokasi dan Rute Perjalanan Menuju Pulau Benan

Letaknya yang berada di ujung paling utara, membuat pulau ini sering disebut sebagai berandanya Kabupaten Lingga. Untuk dapat mencapai lokasinya, anda dapat menggunakan kapal feri yang memakan waktu tempuh sekitar 90 menit dari Tanjungpinang, ibukota Provinsi Kepri. Biaya yang harus anda keluarkan untuk naik kapal feri sebesar 112 ribu rupiah untuk satu orang.

Jika berangkat dari Daik, bisa melalui pelabuhan Tanjung Buton atau Pelabuhan Jagoh Pulau Singkep, membutuhkan waktu kurang lebih tiga jam dengan tarif 90 ribu rupiah per kepala. Kalau dari Kabupaten Lingga, anda perlu waktu 4 jam untuk dapat sampai ke Pulau Benan.

Apa Saja Yang Ditawarkan Pulau Benan?

Yang menjadi daya tarik wisatawan di Pulau Benan ialah pasir putihnya dan birunya laut disana, ditambah dengan banyak pohon kelapa yang tinggi menjulang dan bertiupkan angin sepoi, semakin menambah kesan eksotik. Tak hanya dapat menikmati wisata bahari seperti bersantai di pantai, disini anda juga bisa mencoba beberapa wisata, misalnya melihat penangkaran tukik atau penetasan telur penyu. Jika beruntung, anda bisa melihat langsung penyu-penyu berenang di sekitaran perairan Benan.

Bagi anda penyuka tantangan, tak ada salahnya pula untuk mencoba olahraga menyelam. Selama menyelam, pastinya anda akan disuguhkan dengan pemandangan di bawah laut yang menabjudbkan! Selain menyelam, ada juga snorkeling, kayaking dan perahu dengan alas kaca.

Yang menyenangkan, bila anda berwisata ke Pulau Benan, masyarakat sekitar akan menyambut anda dengan hangat. Ketika malam tiba, mengadakan pesta BBQ bisa menjadi kegiatan yang dapat anda lakukan disana. Tak perlu bingung mencari ikan sendiri, anda bisa membeli ikan atau hasil tangkapan laut lainnya yang dijajakan oleh warga yang umumnya berprofesi sebagai nelayan.

Baca juga: Pulau Penubah, Aset Berharga Nusantara yang Belum Terjamah

Tips Untuk Anda Yang Ingin Berkunjung

Agen Perjalanan Jari adventure

Bila anda tak memiliki kemampuan backpacker, jangan coba-coba untuk menerka rute perjalanan sendiri atau anda akan tersesat. Memang belum banyak yang review di internet yang memberikan rute perjalanan menuju Pulau Benan secara jelas, sehingga lebih disarankan untuk anda mengikuti agen perjalanan. Jari adventure yang sudah berpengalaman selama puluhan tahun, siap mengakomodir perjalanan wisata rombongan atau liburan rame-rame. Selain aman, pastinya liburan juga menjadi nyaman dengan harga paket yang lebih hemat.

Mencari Orangtua Asuh

Sebagai seorang turis, jangan harap anda akan menginap di hotel mewah atau homestay sekitaran Pulau Benan, karena jumlah penginapan sangatlah terbatas. Biasanya agen perjalanan akan memberikan anda orangtua asuh sebagai fasilitas akomodasi. Lumayan, hitung-hitung anda bisa menghemat pengeluaran dan juga dapat berinteraksi langsung dengan warga lokal sekitar.

Ingin Wisata Yang Low Budget? Cara Yang Satu Ini Bisa Menjadi Solusi

Bila anda ingin berkunjung namun masih memikirkan budget, tak perlu khawatir, cobalah untuk mencari informasi mengenai open trip yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lingga. Open trip tersebut biasanya diadakan setahun sekali. Jadi, jangan sampai anda melewatkannya. Just info, open trip ini merupakan satu jenis liburan rame- rame atau rombongan dengan peserta yang berasal dari kalangan umum.

Siapa saja boleh mendaftar menjadi peserta dengan tarif yang terjangkau. Seperti diketahui, liburan rame- rame atau open trip kini mulai menjadi hits karena mampu menekan biaya liburan hingga 50%  lebih hemat. Bila biasanya, transportasi seperti sewa perahu membutuhkan biaya Rp satu juta untuk diantar ke tempat wisata, dengan open trip biaya ini akan digotong beramai – ramai atau patungan dengan peserta yang lain. Jadi, biaya liburan lebih hemat, kan?

Selain dari Dinas Pariwisata, banyak open trip yang digelar oleh masyarakat umum dan traveler senior. Cukup pantau dan cari info sebanyak – banyaknya sebelum berangkat. Siapa tahu Anda juga bisa bergabung dengan traveler lain menuju Pulau Benan dengan mendaftar paket open trip.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *