Pulau Bawean, Destinasi Menarik Surga Kecil di Ujung Gresik

Pecinta anak pantai, mana suaranya? Bosan dengan pantai-pantai yang itu saja dan ingin menjelajah pantai yang masih “perawan”? Gampang banget, kamu hanya perlu ke Gresik lalu nyebrang ke Pulau Bawean.

Yup, Pulau Bawean ini pas banget untuk kamu yang sering ngaku anak pantai. Karena dikelilingi samudera dan jauh dari daratan, tak salah kalau Bawean menyuguhkan keindahan pemandangan bawah laut yang eksotis. Pasir putih dan pantai yang bersih cocok untuk snorkeling atau sekadar menikmati pemandangan alam.

Masyarakat lokal juga terkesan ramah terhadap wisatawan, menambah kenyamanan ketika plesiran atau sejenak berhenti dari rutinitas harian.

Dari geografis, Pulau Bawean berlokasi di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, persisnya di tengah Laut Jawa. Jarak yang ditempuh untuk menuju Bawean sekitar 120 kilometer dari pusat kota gresik.

Bisa kamu tempuh dengan jalur laut. Ataupun penerbangan rute Surabaya-Bawean dengan pesawat baling yang terbang 6 kali seminggu.

Berikut 10 lokasi wisata yang bisa kamu nikmati saat di Pulau Bawean, Jawa timur

 

1.   Pulau Gili

Pulau ini memiliki laut yang bersih dan pasir putih sehingga cocok untuk kamu yang ingin menyelam dan snorkeling sambil menikmati keindahan alam bawah laut.

Ataupun hanya sekedar duduk sambil menikmati angin berhembus sambil menikmati sajian seafood khas Gili yang langsung ditangkap dari nelayan sekitar sehingga kondisi ikan masih segar.

 

2.   Penangkaran Rusa Bawean

Rusa Bawean ini sempat menjadi maskot saat Asian Games 2018 dengan nama Atung. Yup, Rusa ini merupakan habitat asli dari Pulau Bawean yang hampir punah.

Penangkaran seluas empat hektar bertujuan melestarikan rusa bawean dengan membatasi geraknya dan bagi pengunjung yang ingin berinteraksi harus melalui izin petugas.

 

3.   Pulau China, Karabila, Lolobi dan Nusa

Gugusan pulau ini memiliki pemandangan yang indah terutama bawah laut dan cocok untuk kamu yang suka snorkeling.

Pulau paling besar adalah Pulau China dengan akomadasi paling lengkap yang disediakan oleh penduduk sekitar.

Bila ingin berkunjung ke pulau lainnya, sebaiknya membawa bekal dan perlengkapan liburan agar tidak terganggu dengan urusan akomodasi.

 

4.   Danau Kastoba

Danau Kastoba ini terletak di tengah Pulau Bawean dengan kondisi dan suasana yang  masih alami dan cantik. Butuh sekitar 15-30 menit untuk menyusuri jalur setapak yang tersedia sepanjang 500 meter.

Nah, menurut kepercayaan penduduk sekitar, wanita yang sedang datang bulan tidak diperbolehkan untuk berkunjung ke danau ini karena mampu mendatangkan kesialan bagi si wanita.

Walau hanya mitos, alangkah baiknya menghormati kepercayaan sekitar.

 

5.   Air Terjun Lacca

Bersemayam indah di atas tebing berketinggian 20 meter, Air Terjun Lacca mengalir deras dengan nuansa pepohonan yang rindang dan lebat.

Untuk menuju air terjun lacca, kamu harus melewati sungai berbatu dengan menyusuri jalan setapak sepanjang satu kilometer.

Ada baiknya kamu memakai alas kaki yang aman karena banyak batuan licin dan lumut dalam perjalanan.

 

baca juga:

Cocok Buat Petualang, Yuk Liburan Asyik ke 5 Destinasi Terapik di Magelang

 

6.   Pantai Kuburan Panjang

Pantai ini memiliki cerita sejarah bagi warga Bawean karena di pantai ini terdapat kuburan panjang yang dipercaya sebagai makam pengawal Aji Saka, tokoh legenda masyarakat Jawa.

Karena adanya kisah dan makam, pantai Kuburan Panjang ini dikeramatkan oleh warga.

Nah untuk kamu yang suka wisata mistis dan misteri, tempat ini cocok untuk didatangi. Meskipun terkesan seram namun pantai ini juga memiliki pemandangan yang indah untuk dijadikan tempat beristirahat.

 

7.   Tanjung Gaang

Tempat wisata yang terkenal dengan air laut biru jernih yang dikelilingi dengan rangkaian karang. Sayangnya untuk mengambil foto harus dari jarak jauh karena dikhawatirkan batu karang yang tajam dapat merusak kapal.

 

8.   Pantai Ria

Bagi pemburu makanan khas dan doyan makanan seafood berarti kamu tidak boleh melewatkan Pantai Ria. Karena pengunjung bisa membeli seafood sendiri secara langsung dan diolah menjadi makanan segar. Pantai Ria ini mampu menarik pengunjung dengan tempat pengolahan ikan dan rumput laut.

 

9.   Pulau Noko

Memiliki pasir yang lebih tebal dengan pemandangan yang memukau, pantai ini juga terletak di seberang Pulau Gili.

Nah kalau sedang surut, kamu bisa jalan kaki untuk menuju Pulau Gili dan supaya bisa menikmati keindahan bawah air, disarankan untuk membawa perlengkapan sendiri. Karena pulau ini termasuk pulau yang belum berpenghuni.

 

10.                Pantai Mayangkara

Pantai ini mungkin menjadi lokasi yang memiliki fasilitas bermain paling lengkap. Disana ada tanah lapang yang kerap dijadikan lapang bola sehingga mengundang keramaian untuk berkunjung ke Pulau Bawean.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.