Pulau Anambas Surga Tersembunyi di Bagian Barat Indonesia

Pulau AnambasBagian timur Indonesia memang terkenal memiliki surga yang sangat cantik. Namun, siapa sangka bila di bagian barat Indonesia juga menyimpan surga tersembunyi yang menawan sekelas Raja Ampat. Ya, Pulau Anambas namanya. Pulau yang terletak di provinsi Riau ini mempunyai kekayaan dasar laut yang benar-benar indah. Penasaran dengan pulau yang satu ini? Yuk, cari tahu obyek wisata-obyek wisata menarik yang ada di Pulau Anambas dalam artikel berikut ini!   

Masyarakat Indonesia mungkin masih banyak yang belum tahu tentang Pulau Anambas. Akan tetapi, surga nan elok ini telah berhasil mencuri perhatian wisatawan mancanegara. Tak tanggung-tanggung, Pulau Anambas bahkan berhasil menyabet predikat sebagai pulau tropis terbaik pertama di Asia Tenggara. 

Lokasi geografis Pulau Anambas

Secara geografis, Pulau Anambas berada di ujung utara Pulau Sumatera yang berbatasan langsung dengan Malaysia, Filipina, Singapura dan Vietnam. Pulau ini terletak persis di perairan Laut Cina Selatan. Sebelum terpecah menjadi kabupaten tersendiri dengan ibukota Kota Tarempa, Anambas dulunya merupakan bagian dari Kabupaten Kepulauan Natuna. Gugusan pulau-pulau yang dimiliki Anambas cukup banyak, yakni sekitar 255 buah. Dari sekian banyak pulau yang dimiliki Anambas tersebut hanya sekitar 26 pulau saja yang dihuni manusia dan sisanya masih belum terjamah.  

Pulau Anambas Bersaing Dengan Raja Ampat

Meski mulanya belum begitu populer di negeri sendiri, namun keindahan Pulau Anambas yang banyak diekspos media mengundang wisatawan untuk segera datang ke pulau ini. Terlebih banyak yang mengatakan bila Pulau Anambas dapat menjadi rival berat primadona wisata bahari Indonesia timur, yakni Raja Ampat.

Obyek wisata di Pulau Anambas

Terdapat banyak obyek wisata di Pulau Anambas yang sangat menarik untuk dieksplorasi. Salah satunya adalah Pulau Bawah. Pulau yang terletak di Kecamatan Siantan Selatan ini menjadi surga bagi pecinta wisata bawah laut dan snorkeling. Laguna yang terbentuk oleh bentang alam gugusan Pulau Bawah adalah pemandangan yang paling cantik yang ditawarkan oleh pulau ini. Karena keindahannya, pulau ini menjadi tujuan wisata paling favorit di Anambas dan juga membantu Anambas mendapatkan gelar sebagai pulau tropis terindah se- Asia. Pulau Bawah dapat ditempuh selama 3 jam perjalanan dari Tarempa.

Keberadaan Pulau Penyu

Terletak di Kecamatan Palmatak, Kabupaten Kepulauan Anambas, Pulau Durai menjadi obyek wisata menarik lain yang patut dikunjungi saat Anda berada di Anambas. Masyarakat setempat mengenal pulau ini dengan sebutan Pulau Penyu sebab pulau ini menjadi habitat alami bagi kehidupan species Penyu Sisik dan Penyu Belimbing. Wisatawan sangat senang mengunjungi pulau ini karena dapat menyaksikan secara langsung penyu-penyu yang bermain di sepnajang pantai Durai yang memiliki pasir putih yang halus.

Baca Juga: Bintan Mangrove, Obyek Wisata Alam Sensasional di Kabupaten Bintan, Kep. Riau

Pulau Penjalin

Belum puas dengan suguhan pemandangan eksotis? Maka Anda wajib berkunjung ke Pulau Penjalin yang berada di Kecamatan Palmatak. Untuk dapat menikmati pasir pantai putih dengan batu-batu karang raksasa yang berjajar indah di sepanjang pantai, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1-2 jam dari Kota Tarempa dengan menggunakan speed boat.

Tak hanya itu, Pulau Penjalin juga mempunyai pepohonan yang rindang nan hijau yang terbentang di tengah pulau dan menjadi surga pecinta snorkeling. Terumbu karang yang ada di sana masih alami dengan berbagai biota laut dan ikan berwarna-warni yang dapat membuat penyelam betah berlama-lama berada dibawah laut. Pulau Penjalin dikelilingi tujuh pulau kecil sehingga masyarakat sekitar juga menyebut pulau ini dengan Pulau Tujuh.     

Pulau Ayam

Obyek wisata lain yang ada di kawasan Anambas adalah Pulau Ayam. Disebut demikian karena pulau yang terletak di Kecamatan Jemaja Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas ini konon bentuknya terlihat seperti ayam bila dilihat dari jauh. Pengunjung dapat sampai ke pulau ini dengan menyewa speed boat dengan tarif sekitar 500-700 ribu rupiah. Dengan pasir putih yang landai dan juga pagar pohon nyiurnya, pantai ini sangat cocok untuk aktifitas berjemur. Sedangkan bagi yang ingin snorkeling, pengunjung akan disuguhi alam bawah laut yang masih sangat terjaga dan alami dengan terumbu-terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang indah.    

Obyek wisata air terjun Temburun

Selain suguhan wisata pantai yang eksotis, Pulau Anambas juga mempunyai obyek wisata berupa air terjun yang tak kalah menarik untuk ditelusuri. Salah satu air terjun yang populer adalah air terjun tujuh tingkat yang dikenal dengan sebutan air terjun Temburun. Berlokasi di Siantan Timur, air terjun ini dapat ditempuh selama 30 menit perjalanan dari Kota Tarempa dengan menggunakan speed boat.

Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 5 menit sebelum menaiki anak tangga yang cukup terjal berjumlah sekitar 50 buah. Perjalanan yang sedikit berat ini akan terbayar begitu pengunjung tiba di lokasi air terjun dan menyaksikan keindahan air terjun dengan tujuh tingkat ini. Riak air yang turun dari atas tebing menghasilkan buih putih yang sangat banyak, meliuk-liuk diantara bebatuan berwarna cokelat. Sungguh suguhan panorama alam yang sangat menawan.   

Tips wisata ke Pulau Anambas

Berwisata mengusir kepenatan rutinitas sehari-hari di Pulau Anambas akan menjadi sebuah liburan berkesan yang membuat ketagihan. Segala fasilitas dan sarana pendukung bagi pengunjung membuat Pulau Anambas kerap menjadi favorit dan tidak mudah menduakan pulau yang penuh keelokan alam ini.

Namun, ada kalanya beberapa hal yang bisa merusak rencana liburan yang sudah dipersiapkan. Ikuti yuk tips berwisata ke Pulau Anambas berikut, agar semua perjalanan wisata di Pulau Anambas yang Anda rencanakan berjalan sesuai harapan. Aminn…

***

1. Waspada ubur-ubur beracun

Wisatawan yang melihat keindahan pesona alam bawah laut Pulau Anambas pasti ingin segera menceburkan diri ke laut. Eitss… sabar dulu, hati-hati dengan ubur-ubur beracun yang banyak terdapat di sekitar perairan pantai.

2. Sewa speed boat

Untuk menikmati keindahan pesona laut, Anda bisa menyewa perahu speed boat dengan perjanjian atau tawar-menawar.

3. Keamanan snorkeling

Para operator snorkeling atau pemandu masih belum tersedia di beberapa lokasi spot penyelaman, untuk itu para wisatawan dianjurkan untuk berkomunikasi atau menghubungi pihak Dinas Pariwisata demi keamanan saat menyelam.

4. Minum kopi

Kedai Kopi Murai yang berlokasi di Jalan Hang Tuah kerap menjadi sasaran para wisatawan yang ingin menikmati kearifan lokal di sekitar pulau. Tidak sulit mencari kedai kopi di sekitar pulau karena hampir di setiap pinggir jalan, berdiri warung-warung kopi yang sudah buka sejak subuh. Kopi disangrai sendiri dengan aroma khas yang memikat penciuman, kemudian digiling dan diseduh untuk melayani para pecinta minuman kopi ataupun yang hendak sarapan.

5. Kue khas pasar

Minum kopi tak akan lengkap tanpa mencicipi panganan khas pasar di Tarempa. Biasanya, jajanan primadona adalah otak-otak, bacang dan luti gendang. Bacang sendiri adalah semacam kue dari tepung yang diisi dengan kacang hijau halus. Sementara, luti gendang adalah  roti goreng yang diisi dengan seafood seperti ikan tongkol atau ikan cakalang. Berburu kue khas pasar lokal disarankan mulai pukul 06:00 sampai 08:00 mumpung kuenya masih hangat dan baru.

6. Island hopping

Pulau Anambas terdiri dari ratusan pulau-pulau kecil dengan total hanya 26 pulau yang memiliki penghuni. Dinas Pariwisata setempat menawarkan paket wisata dengan tarif mulai Rp 2,5 juta bagi maksimal 8 orang yang ingin menyewa speedboat guna berkeliling ke pulau-pulau di sekitar Pulau Anambas.

Pulau-pulau yang bisa dituju, antara lain:

  • Pulau Penjalin. Dengan pesona keindahan alam bawah laut serta pantai pasir putih yang relatif masih sepi.
  • Pulau Bawah. Merupakan favorit para wisatawan yang ingin ke Pulau Anambas. Di sini sudah tersedia resort yang berfasiltas lengkap dan pernah dinobatkan sebagai pulau favorit versi CNN Go.
  • Pulau Durai. Keunikan pulau ini ada pada konservasi untuk hewan penyu dengan berbagai jenis spesies seperti penyu hijau ataupun penyu sisik. Jika beruntung, para pengunjung dapat menyaksikan penyu bertelur dan menyembunyikan sarang di sekitar pantai.

7. Air terjun Temburun

Sudah disinggung sedikit di atas, para wisatawan juga bisa menikmati keindahan air terjun temburun di desa temburun. Bagi yang bosan bermain di sekitar pantai, ini saatnya menyaksikan keindahan air terjun yang turun melewati kontur bebatuan bertingkat-tingkat namun akhirnya jatuh langsung ke laut lepas.

8. Bermain Gasing

Wisata ke Pulau Anambas tidak afdol tanpa mencoba permainan yang satu ini. Yap, gasing. Permainan yang populer di tanah melayu ini juga sangat terkenal di kep. Anambas. Tidak hanya di kalangan anak-anak. Pria-pria dewasa pun memainkan gasing secara serius dengan mengadakan perlombaan setiap tahun. Festival bermain gasing ini juga membuat sebagian besar wisatawan tertarik untuk datang dan melihat langsung. Gasing adalah jenis permainan terbuat dari kayu asam yang berwarna cokelat kehitaman. Agar terus berputar, gasing harus dipukul secara kontinyu dengan pemukul khusus. Para petarung gasing harus beradu siapa yang paling kuat memutar gasing selama 8 jam dan menyingkirikan gasing-gasing lain di arena, berhak menjadi pemenang.

9. Wisata religi di Masjid Baiturrahim

Masjid yang dibangun pada abad ke 17 ini benar-benar menawarkan wisata sejarah dan religi yang unik. Dahulu masjid ini lebih dikenal sebagai masjid teluk siantan. Namun, lokasi yang kurang strategis membuat masjid ini sering terendam air laut. seorang arsitek dari India, diminta mendesain ulang masjid dan lokasinya dipindahkan ke tengah kota. Hingga kini, kecantikan arsitektur masjid bisa dinikmati oleh setiap mata yang memandang.

10. Mi tarempa

Kuliner khas setiap daerah menjadi daya tarik bagi wisatawan pecinta kuliner yang singgah. Tak terkecuali, ketika berlibur ke Pulau Anambas. Di sini terdapat satu kuliner khas yang menggoda selera. Yaitu, Mi tarempa. Mirip seperti kwe tiau atau bakmi, dengan potongan ikan tongkol ataupun cumi-cumi sehingga membuat rasanya lebih unik. Hampir setiap kedai kopi menyediakan menu kuliner ini bersama dengan segelas kopi serta jajanan kuliner luti gendang, liburan dan wisata kuliner Anda di Pulau Anambas akan semakin komplit.

11. Ramah pada penduduk lokal

Selama menginap ataupun berlibur di Pulau Anambas, sebaiknya jadilah pendatang yang ramah. Selalu menyapa dan tersenyum untuk menunjukkan itikad baik sebagai pendatang. Di pulau tertentu juga terdapat pos keamanan milik TNI AL (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut) yang sedang bertugas menjaga perbatasan laut wilayah terluar milik negara Republik Indonesia. Mereka sangat ramah menyambut wisatawan domestik dan sering memberikan bantuan berupa perbekalan makanan bagi para backpacker ataupun traveler yang kehabisan perbekalan di sekitar pantai.

12. Agen travel wisata

Berlibur di Pulau Anambas membutuhkan banyak persiapan dari segi akomodasi, transportasi serta konsumsi makanan. Untuk penginapan dan kebutuhan selama perjalanan liburan, hubungi agen travel wisata yang berpengalaman agar liburan semakin menyenangkan. tidak perlu khawatir berlebihan soal bujet, karena agen travel wisata selalu menyediakan opsi-opsi alternatif berupa paket-paket wisata ke Pulau Anambas dengan harga yang kompetitif.

13. Pilih musim panas

Berwisata di daerah kepulauan seperti Pulau Anambas, anda tidak bisa menyingkirkan faktor cuaca. Nah, musim terbaik untuk berlibur ke Pulau Anambas disarankan pada bulan april-mei. Hindari berlibur di musim hujan karena cuaca tidak mendukung untuk naik perahu atau bermain di sekitar pantai.

14. Persiapan dana

Dana atau bujet liburan ke Pulau Anambas cukup menguras kantong. Hal ini cukup beralasan karena para wisatawan perlu menyewa speed boat untuk mengunjungi beberapa lokasi. Agar lebih nyaman dan hemat, Anda bisa menghubungi agen travel wisata untuk menyediakan paket wisata Pulau Anambas Pulau Anambas yang lebih hemat bujet.

15. Menjaga kebersihan dan kelestarian laut

Siapa lagi yang bertanggung jawab akan kebersihan dan kelestarian laut di Pulau Anambas selain para pengunjung? Meskipun pihak pemerintah setempat berusaha untuk menjaga kebersihan dan keseimbangan alam di sekitar pantai, namun tetap saja sungguh tidak bijak apabila para pengunjung tidak mau membuang sampah di tempat yang sudah disediakan. Jadilah wisatawan yang bijaksana dengan membuang sampah di tempatnya, menjaga kelestarian laut, dan berhati-hati saat melakukan penyelaman agar tidak merusak terumbu karang.

***

Masih berpikir ulang untuk liburan ke Pulau Anambas? Tunggu apalagi, ini saatnya menyusun perjalanan wisata ke Pulau Anambas dengan memilih paket perjalanan dan tour wisata ke Pulau Anambas bersama agen travel wisata yang berpengalaman. Kami siap mengakomodir perjalanan wisata Anda. (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *