Puaskan Mata dengan Keindahan Alam Pantai Sawarna Banten

Propinsi Banten memang tengah naik daun sebagai tempat tujuan wisata, terutama wisata alamnya. Sebut saja pantai-pantai indah yang dimilikinya seperti Anyer, Carita, dan Tanjung Lesung. Namun buat Anda yang ingin mencari pantai yang tidak terlalu ramai dan masih alami, coba langkahkan kaki ke Pantai Sawarna.

Nama Sawarna diambil dari desa tempat pantai ini berada. Konon nama ini diambil dari nama seorang anak yang pertama tinggal di desa, yang memiliki gelar Raden Sawarna. Namun versi lain menyebutkan bahwa nama Sawarna sendiri merupakan kata serapan. Diambil saat desa mengadakan hajatan, dan menyuguhkan berbagai macam kue warna-warni. Keragaman warna kue inilah yang kemudian dijadikan satu warna dengan sebutan nama Sawarna.

Pantai Sawarna ini merupakan pantai yang menghadap ke Samudera Hindia. Sehingga memiliki cirri khas pantai selatan dengan ombak yang besar dan arus yang kuat. Letaknya yang cukup terpencil membuat Pantai Sawarna ini dapat disandingkan sebagai harta karun tersembunyi. Belum lagi sarana menuju ke pantai yang masih minim, keadaan jalan yang berkelok-kelok. Hal membuat tempat wisata yang satu ini belum banyak terjamah tangan manusia.

Jika Anda berangkat dari Kota Jakarta menggunakan kendaraan pribadi, dapat mengambil 2 jalur. Jalur pertama Jakarta – Ciawi – Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna. Dan jalur kedua Jakarta – Serang – Padeglang – Malingping – Bayah – Sawarna. Tapi tetap harus berhati-hati karena kondisi jalan berkelok-kelok, dan banyak tanjakan maupun turunan tajam. Tidak hanya mempersiapkan fisik yang prima, pastikan juga kondisi kendaraan dalam keadaan baik, pastikan kecukupan bahan bakar, dan membawa uang tunai dalam jumlah cukup.

 

Baca Juga : Pulau Umang Banten, Wisata Pulau Yang Mempesona

 

Jangan ciut dulu saat mendengar lamanya perjalanan yang harus ditempuh, karena rasa lelah akan terbayar saat sesampainya di Pantai Sewarna. Memiliki ciri khas batu besar yang disebut dengan batu layar, siap menyambut kedatangan para pengunjung di pinggiran dekat bibir pantai. Perpaduan antara pemandangan yang luas menghadap ke Samudera Hindia, hijaunya hutan tropis, hamparan pasir putih, dan air yang jernih membuat hati ikut bersorak gembira.

Di sini, para wisatawan biasanya dapat memanfaatkan ombak yang cukup besar untuk berselancar. Namun buat yang ingin menyegarkan pikiran, Anda dapat memanfaatkan panjang bibir pantai yang mencapai enam puluh lima kilometer untuk sekadar bermain pasir, berjalan-jalan atau mengambil foto.

Selain itu, juga terdapat wisata gua. Seperti Gua Lalay, Langir, dan Seribu Candi yang dapat dikunjungi untuk melihat pesona keindahan di dalamnya. Ada juga Goa Kelelawar sepanjang satu kilometer yang dihuni oleh ratusan kelelawar dan terdapat sungai bawah tanah berlumpur tebal, setinggi 10-15 sentimeter.

Puas bermain air dan bersenang-senang di atas pasir pantai, hilangkan rasa lapar dengan menikmati aneka makanan yang dijajakan di warung-warung yang berada di sekitar pantai. Begitu juga jika Anda memutuskan untuk menginap, tidak perlu khawatir karena diperbolehkan mendirikan tenda di dekat pinggir pantai, tentunya dengan seijin penduduk setempat dan tidak meninggalkan sampah.

Tapi jika tidak ingin repot, ada juga tempat menginap berupa homestay yang ditawarkan mulai dari harga seratus ribu rupiah per malam, dan biasanya sudah termasuk makan. Buat yang memiliki keterbatasan bujet, selain membawa peralatan berkemah sendiri, bisa juga menyewa rumah penduduk yang terletak di tepi hutan atau sawah Desa Sawarna. Kini sarana dan fasilitasnya pun kian lengkap, berkat adanya pusat oleh-oleh dan cenderamata, pemandu wisata, shelter, dan gazebo.

Nah tidak ada salahnya lho merencanakan liburan selanjutnya dengan berkunjung ke Pantai Sawarna. Selain itu manfaatkan juga waktu yang ada untuk mengunjungi pantai-pantai yang berdekatan, seperti Pantai Ciantir, Tanjung Layar, Lagoon Pari, dan masih banyak tujuan wisata lainnya yang ditawarkan Desa Sawarna. Selamat berlibur! (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.