Puas dan Seru Berwisata di Pangandaran

Terletak di Kabupaten Ciamis, tepatnya di desa Pananjung, Pantai Pangandaran telah menjadi salah satu primadona wisata di Jawa Barat. Wisatawan domestik maupun mancanegara selalu memadati pantai ini,  terutama pada hari-hari libur atau momen khusus seperti Lebaran maupun pergantian tahun. Berikut beberapa objek wisata seru bagi seluruh anggota keluarga yang dapat dikunjungi selama berlibur di Pangandaran.

Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran telah menjadi daya tarik wisata utama di Kabupaten Ciamis. Selain biaya yang relatif murah, lokasi ini juga gampang diakses menggunakan mobil pribadi ataupun transportasi darat lainnya.

Air laut di Pantai Pangandaran terlihat bersih dan jernih, selain itu rentang waktu antara kondisi laut pasang dan surut juga relatif lama. Hal ini membuat bermain di tepi Pantai Pangandaran menjadi menyenangkan. Bagi mereka yang ingin berenang  dan bermain air dapat merasa cukup aman, karena air di pantai ini cenderung tenang dan jarang berombak besar.

Pantai Pangandaran juga memiliki berbagai pilihan kegiatan lain bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai ini sepenuhnya. Mulai dari memancing, menaiki perahu pesiar, berkeliling dengan sepeda, jet ski, ataupun parasailing. Pada setiap pertengahan Juni atau Juli, juga selalu rutin diadakan Festival Layang-Layang Internasional, yang didatangi berbagai negara di dunia.

 

Pantai Batu Karas

Suasana alam yang tenang dan gelombang laut yang bersahabat menjadi daya tarik utama yang ditawarkan oleh pantai ini. Buat yang ingin bersantai, pantai in terasa sangat menyenangkan, karena dapat menikmati semilir angin sembari menikmati hidangan yang dijajakan. Selain itu, pengunjung dapat berenang, berselancar, berperahu di sungai, maupun berkemah dan menghabiskan malam ditemani kesunyian.

Sebagai salah satu tempat wisata yang diminati oleh wisatawan asing dan cocok sebagai tempat wisata keluarga, maka tidaklah heran apabila dijumpai sejumlah pondok wisata di lokasi ini. Anda dapat memilih tempat penginapan sesuai dengan bujet yang dimiliki.

Sebagian orang menyebut pantai Batu Karas dengan julukan Bali kecil, karena memiliki ombak yang menawarkan sensasi berselancar mirip dengan laut di Bali. Dibandingkan dengan Pantai Pangandaran, lokasi ini tidak begitu ramai oleh pengunjung sehingga relative lebih sepi. Tentunya hal ini menarik bagi traveler yang senang menikmati suasana yang santai dan tenang.

 

Baca Juga : Travel Wisata Green Canyon – Tips dan Panduan

 

Citumang Pangandaran

Sebuah objek wisata alam yang mempunyai daya tarik berupa sungai Citumang dengan airnya yang jernih kebiruan  dan mengalir melewati tengah hutan jati. Ornamen batu-batu padas dengan relief alami menghiasi tepian sungai ini, membuat suasana di sekitar sungai ini menjadi lebih asri.

Jika Anda berniat untuk mengunjungi Citumang, disarankan berangkat di pagi hari. Lantaran agar bisa lebih mudah melewati akses medan yang masih lingkungan alam bebas dengan kondisi pencahayaan dari matahari. Selain itu, dihimbau pengunjung tidak lupa untuk membawa perbekalan yang cukup.seperti snack, atau makanan camilan karena tidak adanya fasilitas tempat makan maupun warung di daerah tersebut.

Daya tahan fisik juga cukup diuji dengan menjelajahi aliran sungai Citumang. Untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan, jangan lupa juga untuk membawa air minum yang cukup, agar tidak kelelahan dan haus selama menjelajah Citumang.

Menikmati citumang tidaklah hanya sekedar mandi dan berenang seperti yang lazim dilakukan oleh para wisatawan lain. Tidak jauh dari lokasi pemandian, Anda dapat menjumpai pesona aliran sungai Citumang yang masuk ke dalam Goa Taringgul atau Sanghyang Tikoro, dan keluar lagi di bagian hilir.

Bila Anda ingin menuju ke air terjun dan tidak tahu jalan menuju ke sana, sewalah guide yang siap membantu dengan uang jasa seikhlas kita. Jarak ke arah Curug Citumang dari desa sekitar 800 M melewati jalan setapak yang melintasi ladang dan bukit-bukit kecil. Sesampainya di sana pengunjung bisa berenang, atau lompat indah dari akar-akar pohon yang tumbuh di langit-langit gua setinggi 5 meter.

 

Green Canyon

Terletak tidak jauh dari Pantai Batu Karas, objek wisata Green Canyon semakin kondang berkat aliran sungai Cijulang yang melintas menembus gua dengan keindahan stalaktit maupun stalakmitnya. Bagi traveler yang ingin menikmati pesona green canyon secara penuh, maka cara terbaik adalah dengan menyewa perahu atau ketinting yang dapat menampung hingga 5 orang. Menyusuri sungai selama kurang lebih 45 menit, akan memberikan pengalaman wisata yang menyenangkan.

Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi keajaiban alam yang dimiliki Green Canyon. Pemandang hutan yang ditumbuhi pepohonan tinggi nan rimbun, sungi yang berwarna hijau namun jernih dengan hewan-hewan yang hidup di dalamnya, serta tebing tinggi yang mengapit di kedua sisi sungai.

Ada banyak pilihan obyek wisata jika Anda mengunjungi Pangandaran. Selamat mencicipi liburan sepuas-puasnya ya! (jari adventure-det-image : king-adventure.com)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

One thought on “Puas dan Seru Berwisata di Pangandaran

  • October 26, 2016 at 12:28 am
    Permalink

    berangkat ke pangandaran lebih nyaman kalau bawa kendaraan sendiri. pangandaran transportnya agak membingungkan menurutku.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *