Popularitasnya Mendunia, Sudah Tahu Fakta Historis Angkor Wat?

Berlibur ke negara tetangga memang selalu menjadi topik yang menarik untuk dibicarakan mengingat kita bisa melihat langsung keberagaman budayanya.

Kamboja adalah salah satu negara tetangga yang menarik untuk dikunjungi karena banyaknya destinasi wisata di negara ini.

Angkor Wat adalah salah satu destinasi wisata terpopuler di Kamboja yang tidak pernah sepi akan pengunjung, baik wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Tidak heran banyak yang tertarik mengunjungi Angkor Wat mengingat tempat ini adalah tempat yang bersejarah di Kamboja.

Lalu, bagaimana sebenarnya asal usul dari Angkor Wat dibangun? Nah daripada tambah penasaran, yuk simak fakta mengenai tentang Angkor Wat yang satu ini!

Asal mula nama Angkor Wat

Tidak ada salahnya untuk cari tahu dulu tentang asal mula nama suatu destinasi wisata sebelum mengunjunginya kan?

Nama Angkor Wat sendiri berasal dari bahasa Sansekerta, di mana “angkor” berarti negara dan “wat’ adalah kuil. Apabila dua kata ini digabungkan, maka Angkor Wat berarti wilayah yang dipenuhi banyak kuil.

Berusia ratusan tahun

Ada yang tahu kapan Angkor Wat dibangun? Yup tepat sekali, Angkor Wat ini sudah berdiri sejak pertengahan abad ke-12 – tepatnya pada masa kekuasaan Raja Suryawarman II.

Bahkan dulunya Angkor Wat ini merupakan kuil untuk Hindu lalu berubah menjadi candi agama Buddha pada akhir abad ke-13.

Merupakan kompleks kuil

Banyak dari kita yang mengira jika Angkor Wat hanya terdiri dari satu kuil saja. Namun ternyata Angkor Wat ini terdiri dari banyak kuil sekaligus lho!

Bisa dipastikan jika kita tidak akan sanggup mengelilingi kawasan Angkor Wat yang luasnya lebih dari 162 hektare hanya dalam waktu sehari.

Masih banyak kuil lainnya di kawasan ini yang menarik untuk diketahui sejarahnya, misalnya saja ada kuil Angkor Thom Bayon, dan lain-lain.

Kondisi ekonomi biksu yang kurang beruntung

Ketika kita menginjakkan kaki di Kamboja, kita akan melihat banyak biksu di jalanan terlebih di tempat ibadah seperti Angkor Wat.

Bahkan banyak biksu yang berusia muda alias anak-anak lho! Namun ternyata kebanyakan biksu yang ada di Angkor Wat adalah biksu yang kurang beruntung alias kurang mampu.

Banyak anak memutuskan atau disuruh orangtuanya menjadi biksu karena mereka percaya jika kehidupan akan menjadi lebih baik setelah mengabdi menjadi biksu.

Paling ramai saat bulan November

Meskipun Angkor Wat selalu ramai akan pengunjung, ternyata bulan November tercatat sebagai bulan teramai wisatawan lokal ataupun mancanegara datang berkunjung lho!

Selain mendekati akhir tahun, tiap tahunnya akan ada Water Festival yang diselenggarakan di Angkor Wat dan para wisatawan pun juga ingin menikmati keunikan festival ini.

baca juga:

Eksotisme Papua Nugini, Plesiran Luar Negeri Hemat dan Dekat

 

Waktu pembangunan yang singkat

Pastinya banyak dari kita yang mengira jika pembangunan Angkor Wat membutuhkan waktu yang lama, bahkan bisa saja mencapai angka ratusan tahun.

Namun siapa sangka jika pembangunan Angkor Wat membutuhkan waktu kurang dari setengah abad, tepatnya hanya sekitar 40 tahun saja? Hebatnya lagi, bangunan Angkor Wat ini belum pernah direnovasi sama sekali lho!

Menggunakan perekat alami

Sebenarnya apa sih rahasia Angkor Wat masih bisa berdiri kokoh hingga sekarang? Banyak arkeolog yang berpendapat jika Angkor Wat tidak hanya menggunakan perekat alami, alias melekatkan antara satu batu dengan batu lainnya menggunakan teknik pengunci ekor burung dan tekanan gravitasi.

Hal ini juga bisa kita lihat pada adanya lubang yang berukuran sekitar 2,5 centimeter dengan kedalaman 3 centimeter sebagai tempat besi untuk menyatukan batu.

Arsitektur yang unik

Satu hal lagi yang membedakan Angkor Wat dengan kuil lainnya adalah arsitekturnya yang menggabungkan beberapa unsur budaya sekaligus.

Bahkan bentuk menara utama Angkor Wat ini memiliki falsafahnya sendiri sebagai Gunung Meru yang dipercaya sebagai tempat kahyangan para dewa dewi Hindu.

Kita juga bisa melihat adanya ukiran relief pada batu yang terlukis di dinding Angkor Wat.

Menarik kan fakta tentang Angkor Wat yang disebutkan barusan? Yakin mau melewatkan Angkor Wat ketika berlibur ke Kamboja? Yuk susun rencana liburanmu ke Kamboja mulai dari sekarang!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.