Plesiran Siswa Usai Ujian, Ini 7 Kota Terfavorit untuk Study Tour Sekolah

Melakukan study tour saat sekolah tentu sangat diminati bagi para pelajar. Tak hanya sekolah, mahasiswa di bangku kuliah juga sering mengadakan study tour.

Selain bisa menuntut ilmu di tempat baru, study tour juga menjadi ajang berlibur tersendiri. Study tour merupakan kegiatan yang bermasud untuk mengamati objek secara langsung.

Memilih lokasi tujuan study tour tentu tidak bisa sembarangan. Lokasi yang tepat juga akan membuat peserta study tour lebih antusias dan tidak bosan.

Melakukan study tour tidak perlu jauh-jauh karena Indonesia memiliki banyak kawasan yang cocok untuk karya wisata. Oleh karena itu, Anda bisa memilih beberapa destinasi yang cocok untuk study tour di Indonesia yang akan kita bahas berikut ini.

1. Denpasar, Bali.

Semua pasti tahu jika Bali sudah menjadi kawasan wisata yang mendunia. Salah satu kotanya adalah Denpasar. Denpasar memiliki beragam wisata seperti pantai, taman budaya, pura, monument, hingga lokasi wisata lainnya.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati keindahan sunrise di Pantai Sanur yang terkenal.

Untuk melakukan karya wisata, Anda bisa mengunjungi Museum Bali yang pas untuk para pelajar.

Di sini Anda bisa memperoleh informasi dari koleksi museumnya yang terdiri atas peralatan dan perlengkapan hidup, keagamaan, kesenian, dan yang lainnya.

2. Jogjakarta

Kota Jogja juga dikenal dengan nama Kota Pelajar. Jogja memiliki berbagai wisata sejarah seperti Monumen Jogja Kembali. Tak heran jika kota ini selalu menjadi tujuan study tour.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Museum Benteng Vredeburg, Museum Affandi, Museum De Mata Trick Eye, dan kawasan sejarah seperti Borobudur.

Melakukan study tour kurang lengkap rasanya jika belum membawa buah tangan untuk pulang. Tentunya Jogja memiliki banyak pusat oleh-oleh seperti Pasar Beringharjo, Mirota Batik, Malioboro, dan banyak lagi.

3. Bandung

Bandung disebut-sebut dengan nama Kota Kembang. Kota ini memiliki banyak lokasi wisata yang coock untuk karya wisata.

Anda bisa mengunjungi Museum IPTEK, Museum Geologi, Gua Jepang, serta Taman Hutan Raya Dago. Semua kawasan itu bisa menambah wawasan untuk para pelajar.

Tak hanya itu, Bandung juga memiliki wisata alam seperti air terjun. Ada juga alun-alun dan kolam renang. Untuk membeli buah tangan, Anda bisa mengunjungi Cihampelas yang menjual beragam barang dengan harga terjangkau.

4. Batu

Kota Batu memiliki udara yang sejuk sekaligus menjadi kota yang memiliki beragam lokasi wisata seperti JatimPark 1 hingga 3.

Kota ini juga disebut dengan julukan De Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil di Pulau Jawa. Bahkan bangsa Belanda saja kagum dengan keindahan Kota Batu.

5. Jakarta

Jakarta memang menjadi ibu kota yang terkenal akan kemacetan dan banjirnya. Namun, kota ini tetap menjadi kota favorit untuk study tour.

Jangan salah, meskipun Jakarta dipenuhi gedung dan mall besar, kota ini juga memiliki berbagai wisata edukasi seperti Science Center TMII, Planetarium Jakarta, Museum Fatahillah, dan lain sebagainya.

Jakarta juga memiliki berbagai wisata bermain seperti Ancol, Wisata Kepulauan Seribu, dan sebagainya.

6. Semarang

Semarang terkenal akan kota yang dipenuhi bangunan tua. Kota ini juga menjadi destinasi favorit untuk melakukan study tour.

Anda bisa mengunjungi kawasan Lawang Sewu yang terkenal, Museum Kereta Api Ambarawa, Museum Perkembangan Islam, Museum Jamu, dan museum lainnya.

Tak hanya wisata sejarah, Semarang juga memiliki wisata religi berupa masjid, candi, pura, hingga klentheng. Kota ini akan memberikan wawasan luas mulai dari sejarah hingga budaya Indonesia.

7. Solo

Kota Solo memiliki simbol yaitu Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Keraton inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari Kota Solo.

Destinasi lainnya yang bisa Anda kunjungi untuk karya wisata adalah museum batik dan kampung batik. Pelajar bisa mempelajari segala hal tentang batik bahkan mempelajari proses pembuatan batik.

Untuk membeli batik, Anda bisa pergi ke Pasar Klewer. Pasar ini menyediakan beragam batik serta berbagai jenis kain yang terjangkau harganya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.