Plesiran Haji Kecil, 7 Destinasi Wisata Turki Setelah Beribadah Umrah

Umrah adalah salah satu aktivitas yang menjadi impian setiap orang musli. Biasanya, setelah menjalankan Umrah orang Indonesia dan yang lainnya akan melanjutkan destinasi lanjutannya ke Turki.

Negara yang letaknya di antara Benua Asia dan Eropa ini memiliki banyak sekali peninggalan dari kerajaan Islam masa lampau.

Tak hanya itu, Turki juga menjadi salah satu negara dengan pengaruh Islam terkuat di dunia karena 90 persen warga negaranya menganut agama Islam.

Memang, keseharian masyarakat Turki lebih tonjol ke buadaya barat, namun tradisi keagamaannya tidak ditinggalkan.

Ketika Umrah, biasanya paket tour and travel menyediakan wisata ke Turki sebagai paket wisata Umrah plus.

Setelah Umrah, Anda akan diajak berkeliling ke beberapa wisata yang memiliki panorama indah dan sejarah Islam yang kuat. Apa saja? Simak berikut ini.

1.    Museum Hagia Sophia

Museum Hagia Sophia yang biasa dikenal dengan nama Museum Aya Sofya adalah tempat wisata yang terkenal dan popular di Turki.

Turis yang berkunjung ke Turki selalu menyempatkan diri untuk datang ke sini. Lokasinya berada di Kota Istanbul, Turki.

Museum ini dulunya merupakan bangunan gereja yang dirubah menjadi masjid dan kini telah disulap dan dialihfungsikan menjadi museum.

Sebagai ikon wisata di Turki, Museum ini memiliki lafadz Allah serta Nabi Muhammad yang dipajang dan disandingkan dengan lukisan Bunda Maria.

Itulah ciri khas yang membuat museum ini sangat menarik di mata pengunjung. Selain itu, bangunan ini memiliki sejarah Panjang agama Islam serta Nasrani.

2.    Blue Mosque

Sesuai Namanya, Blue Mosque memiliki bangunan indah dengan dominasi warna biru. Blue Mosque juga menjadi salah satu destinasi terbaik setelah jamaah menjalani Umrah.

Masjid ini sering disebut dengan nama Masjid Sultan Ahmed. Dnegan bangunan unik serta arsitektur Timur Tengah, Blue Mosque memiliki daya Tarik luar biasa.

Kubahnnya berjumlah 9 buah dan memiliki keindahan interior yang memukau. Tak hanya sebagai tempat ibadah, masjid ini juga menjadi lokasi wisata yang menakjubkan.

Meskipun bangunannya dibangun di tahun 1609 di masa dinasti Ottoman abad ke -14 oleh Sultan Ahmed 1, namun bangunannya tetap kokoh hingga saat ini.

3.    Grand Bazaar

Berwisata ke suatu negara kurang lengkap jika belum berburu souvenir serta oleh-oleh khasnya, termasuk Turki. Untuk berburu souvenir, Anda wajib datang ke Grand Bazar yang berada di Istanbul.

Pasar ini menyediakan beragam kerajinan tangan ala Turki yang terkenal indah. Dengan lokasi strategis dan megah, Anda bisa puas untuk berbelanja.

Meskipun Anda tidak bisa berbahasa Turki, jangan takut. Penjual di Grand Bazaar ini biasanya ada saja yang bisa berbahasa Indonesia atau Melayu meskipun tidak lancar.

Sehingga Anda bisa lebih mudah untuk berkomunikasi berasa pedagang. Harganya juga terjangkau jadi jangan takut kantong terbakar.

4.    Museum Maulana

Museum Maulana berada di daerah Konya dan terkenal akan ceritanya. Disinilah tempat Maulana Jalaluddin Rumi dimakamkan.

Ia adalah seorang sufi besar dengan karya klasiknya yang terkenal. Karya-karya tersebut dipajang di dalam museum agar pengunjung dapat mempelajari sejarahnya. Daerah Konya juga terkenal akan ajaran Sufi da tarian Sufi yang indah.

Baca juga:

Arsitektur & Panorama Mencengangkan, Daya Magis 7 Danau Tercantik di Italia

 

5.    Cappadocia

Tak hanya sejarah dan bangunan indah, Turki juga terkenal akan lokasi yang menyuguhkan indahnya balon udara. Lokasinya berada di Cappadocia.

Di sini Anda dapat menikmati indahnya batuan unik serta bangunan dengan arsitektur seperti di dongeng. Selain itu, pengunjung dapat menaiki balon udara yang berwarna warni sambil menikmati pemandangan kota dari atas.

6.    Jembatan Bosphorus

Wisata ikonik lainnya adalah jembatan Bosphorus yang menghubungkan dua benua besar, Asia dan juga Eropa yang terpisahkan oleh Selat Bosphorus.

Dengan begitu, Anda dapat melihat indahnya kota ketika malam hari. Lampu jembatan membuat suasananya lebih mempesona.

Apalagi jika Anda datang di malam tahun baru. Siapkan saja kembang api karena pesta kembang api di lokasi ini akan terlihat memukau.

7.    Topkapi Palace

Turki penuh dengan kerajaan-kerajaan Islam di masa dulu. Salah satunya adalah Topkapi Palace yang ada di Hagia Sophia. Di sini menjadi pusat kekaisaran sekaligus kekhalifahan Islam yang dibangun di tahun 1459.

Dulunya, bangunan ini ditinggali oleh sultan pada kekhalifahan Ottoman 400 tahun lamanya. Namun kini, bangunan ini telah dilindungi dan dijadikan tempat wisata bersejarah.

Turki memiliki beragam lokasi wisata yang tentu berbeda dengan negara lainnya. Ada banyak pelajaran yang bisa diambil di tiap tempatnya. Sempatkanlah waktu Anda untuk berkunjung ke Turki apalagi setelah menjalankan Umroh.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.