Pesona Wisata Manado, Ada Pasir Timbul Nain Secuil Surga di Ujung Sulawesi

Wisata di Manado tak hanya soal Bunaken saja lho! Masih banyak spot wisata yang tak kalah keren dan indahnya, jika berbicara soal panorama alam yang ada.

Manado merupakan kota kedua paling ramai di Sulawesi setelah Makasar. Dengan kekayaan alam dan budaya yang dimiliki bisa menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika berencana untuk mengunjungi daerah timur.

Nah berikut beberapa wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Manado

 

1.   Pulau Siladen, Ke-eksotisan yang mempesona

Kalau bicara soal Manado, memang bunaken menjadi ikonik namun banyak pula pulau lain yang juga memiliki keindahan yang tak kalah luar biasa, salah satunya Pulau Siladen.

Pulau kecil ini memiliki hamparan pasir putih yang indah dengan dikelilingi pulau, permukaan air yang jernih, terumbu karang yang banyak dan beragam jenis maupun bentuk.

Jadi tak heran kalau pulau ini banyak titik diving maupun snorkeling yang tak kalah indah dengan Bunaken.

 

2.   Batu Dinding Kilo 3 Amurang, tebing yang instagramable

Tebing alami ini memiliki ketinggian sekitar 90 meter dengan bentuk sangat unik dan tidak seperti tebing-tebing pada umumnya.

Tebing ini memiliki permukaan seperti jajaran balok yang tersusun bertingkat sehingga semakin ke atas semakin menonjol dengan permukaan tebing.

Batu tebing ini memiliki keunikan dan kemegahan, dimana jika dilihat dari kejauhan akan tampak indah. Nah tebing ini cocok untuk kamu yang menyukai olahraga ekstrim panjat tebing.

 

3.   Pulau Manado Tua, Eksplorasi Pulau Eksotis

Pulau ini merupakan gugusan pulau yang membentuk Taman Nasional Bunaken yang terdiri dari Pulau Bunaken, Siladen, Mantehage dan Nani.

Dimana pulau Manado Tua ini juga memiliki keindahan bawah laut yang sudah mendunia, ditambah lagi gunung yang berada di atas pulau juga mampu menawarkan berbagai atraksi wisata.

Seperti trekking yang menuju puncak Bowon Tehung sampai  memiliki keindahan bawah laut yang indah di sekitar pantainya.

Jika kamu beruntung, kamu bisa melihat hewan-hewan eksotik khas Indonesia yang berada di pulau ini misalnya penyu sisik, lumba-lumba hingga monyet crested macaca nigra, bahkan tarsius.

 

4.   Pasir Timbul Nain, Secuil surga di ujung Sulawesi

Pasir Timbul ini merupakan pulau yang terbuat dari pasir putih yang begitu eksotis yang wajib dikunjungi.

Menariknya, di Pulau ini kamu bisa bersantai sambil memandang ikan berenang diantara soft coral di pinggiran pantai, melepas pandangan dan menikmati cakrawala dari kejauhan.

Dengan hamparan laut membiru yang mampu menghibur diri di tengah kesibukan dan kepenatan ibu kota.

Namun, untuk ke pulau ini tidak bisa sembarangan karena waktu yang pas untuk menikmati pasir timbul adalah saat musim panas dan bulan terang, tepatnya pada pagi hari antara pukul 07.00 hingga 10.00 WITA.

 

baca juga:

Penghasil Buah Durian Terenak, 6 Desa di Jawa Tempat Berpesta ‘Belah Duren’

 

5.   Pantai Patokan, Keindahan pantai tersembunyi

Pantai Patokan sering disebut tiruan dari pantai Navagio di Pulau Zakynthos, Kepulauan Ionia. Kamu akan melihat pantai Patokan yang menawarkan keindahan pantai yunani dengan bentuk pantai yang ditutup dua tebing.

Serta, laguna yang berwarna hijau biru, berpasir putih, pemandangan alam di sekitar pantai patoka yang tak kalah cantik mampu membius siapa saja yang datang ke pantai ini.

Tentunya sayang kalau kamu melewatkan pantai ini saat mengunjungi Manado.

 

6.   Pulau Lihaga, Pulau berpasir putih nan lembut

Pulau ini tidak berpenghuni sehingga menawarkan sejuta pesona yang mengesankan bagi siapa saja yang berkunjung untuk sekedar menikmati panorama istimewa, atmosfer khas pulau tropis.

Air laut yang jernih, biru serta pasir yang putih lembut akan membuat kamu merasakan nyaman dengan berbaring di atasnya.

Seperti pantai-pantai lainnya di Taman Laut Bunaken, Pulau Lihaga ini juga menawarkan spot diving dan snorkeling yang mengesankan.

 

7.   Air Terjun Pontak

Air terjun Pontak ini memiliki ketinggian 7 meter dari permukaan tanah serta kejernihan air yang tidak perlu diragukan lagi. Sehingga cukup unik untuk dikunjungi.

Setelah puas bermain air, kamu bisa berendam sambil melepas penat dan menyegarkan diri di air terjun pontak ini.

 

8.   Modoinding

Tempat ini memiliki tumbuhan dengan berbagai sayuran mampu dihasilkan di tempat ini hingga tak salah kalau dijuluki sebagai dapurnya Indonesia Timur.

Hamparan lahan pertanian yang subur menjadi pemandangan yang menyejukkan mata.

 

Daerah ini menjadi daerah pariwisata yang meliputi 10 desa terletak di ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut. Ketika ke Modoinding, kamu akan merasakan kesegaran sambil mengeksplor tempat ini.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.