Pantai Trikora, Pesona yang Manjakan Wisatawan

Pantai Trikora merupakan salah satu pantai terindah di Pulau Bintan Kepulauan Riau. Kepopuleran Pulau Bintan sebentar lagi bakal menyaingi Pulau Bali lho teman-teman. Nah, makin penasaran kan dengan keindahan dan keunikan Pantai Trikora di Pulau Bintan. Yuk kita simak terus cerita selanjutnya.

 

Pantai Trikora

 

Pulau Bintan memang kaya akan pantai yang indah, tapi Pantai Trikora adalah tujuan wisata yang paling favorit di Pulau Bintan. Hal ini bisa dilihat dari jumlah kunjungan para wisatawan yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan, yang lebih hebat lagi, wisatawan tidak lagi hanya mereka yang bermata hitam alias wisatawan pribumi, melainkan wisatawan mancanegara dengan warna mata biru dan rambut pirang.

 

Yang lebih mengejutkan, ternyata negara jiran, Singapura merupakan salah satu negara tetangga yang menjadi penyumbang jumlah traveler terbesar untuk Indonesia.

 

Tidak heran jika Pulau Bintan semakin menuai pujian di mata Internasional dengan Pantai Trikora-nya. Kita orang Indonesia jangan mau kalah dengan  pengunjung mancanegara. Orang dari berbagai belahan dunia berlomba-lomba untuk bisa berkunjung ke Indonesia, jadi sungguh disayangkan apabila kita orang Indonesia sendiri tidak sempat menikmati keindahan pesona alam Nusantara. Lagipula, jarak Pantai Trikora tidak membutuhkan waktu  yang terlampau lama atau sulit untuk dijangkau. Di mana lokasi atau letak Pantai Trikora? Mari simak penjelasan berikut:

 

Lokasi Pantai Trikora

 

Pantai Trikora secara administratif terletak di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Pantai ini berjarak sekitar 45 KM ke arah timur ibukota Provinsi Kepulauan Riau, Tanjungpinang. Yahhh paling gak kita butuh waktu sekitar 1-1,5 jam untuk menuju Pantai Trikora.

 

Sejarah Pantai Trikora

 

Istilah TRIKORA sendiri bagi kalangan masyarakat Indonesia, sudah bukan istilah asing. Sejak zaman pemerintahan Presiden RI pertama Ir. Sukarno, masyarakat sudah familiar dengan Tri Komando Rakyat atau Trikora yang berisi 3 tuntutan rakyat kepada pemerintah dan juga lekat dengan istilah ‘Ganyang Malaysia’.

 

Padahal, sejatinya Pantai Trikora merupakan basis terluar pertahanan keamanan wilayah negara Republik Indonesia dari wilayah perairan atau maritim di zaman pemerintahan Pak Sukarno. Ditambah lagi, wisatawan pada masa itu terutama yang pernah berkunjung ke Pantai Trikora, menjuluki dengan Three Corral alias 3 batu karang. Karena lidah orang Indonesia yang menyebut Three Corral menjadi Trikora.

 

Objek Wisata Yang disuguhkan Pantai Trikora

 

Pantai Trikora itu sendiri terbagi menjadi empat bagian yang masing-masing dari pantai tersebut  dijuluki dengan Trikora 1,2,3 dan 4. Keempat pantai tersebut pastinya tidak sama. Semuanya memiliki kelebihan masing-masing. Tapi yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah Pantai Trikora 3 atau yang sering kita dengar dengan nama populernya yaitu pantai Trikot.

 

Selain memiliki panorama yang indah, Pantai Trikora memiliki air yang bersih. Susunan batu-batu yang tak kalah artistiknya menambah estetika Pantai Trikora. Tempat ini sangat cocok dijadikan rekomendasi untuk berlibur bersama anggota keluarga. Karena yang bisa menikmati Pantai Trikora bukan hanya orang dewasa saja, tapi anak-anak juga bisa. Bagi kalian yang hoby snorkling, wahh jangan khawatir karena kalian juga bisa snorkling. Untuk alatnya tidak perlu khawatir lagi deh karena disini ada tempat untuk penyewaan alat.

 

Aktivitas pengunjung

Bagi para wisatawan yang tidak merencanakan liburan sambil berbasah-basahan (karena tidak membawa pakaian ganti), jangan khawatir, masih ada aktivitas lain di sekitar pantai seperti memancing atau sekadar mencari batu karang.

Baca juga: Liburan Seru ke Tempat Wisata di Bangka Belitung Ini

Selain itu, batu-batu besar di tepi pantai sangat pas dijadikan lokasi berfoto selfie atau wefie bersama sahabat. Umumnya, sebagian pelancong gemar melakukan aktivitas memancing di sekitar pantai. Maklum saja, perairan ini masih bisa dibilang asri dan banyak ikannya.
Jika nasib sedang kurang mujur dan tidak mendapatkan ikan, wisatawan tidak perlu berkecil hati. Di sini tersedia berbagai warung seafood yang menyajikan aneka jenis makanan olahan dari hasil laut seperti ikan bakar, udang goreng, cumi-cumi,  dan lainnya.

 

Sebagai panganan atau oleh-oleh khas dari tanah Sumatera, ada satu makanan yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu, otak-otak yang terbuat dari ikan tengiri atau cumi-cumi.

 

Tarif dan akomodasi

 

Setelah capek seharian mengelilingi keindahan panorama Pantai Trikora Anda bisa istirahat sejenak di sekitar bibir pantai yang telah disediakan tempat beristirahat berupa payung besar dan bangku panjang. Sementara, bagi wisatawan yang memilih untuk menikmati keindahan Pantai Trikora lebih lama dengan cara ingin menginap, ada beberapa rekomendasi akomodasi baik hotel kelas bintang atau melati dengan tarif sesuai kocek.

 

Rata-rata tarif mulai dari Rp.250.000,-/malam. Eitss.. bagi yang memiliki bujet liburan terbatas atau pas-pasan tidak perlu risau, di Pantai Trikora juga disediakan pondok kayu yang memiliki tarif terjangkau sekitar Rp 30.000 per malam.

Yap, hitung-hitung sudah sangat sepadan jika Anda tipe backpacker yang ingin sekadar beristirahat meluruskan punggung karena sudah lelah seharian berkeliling Pantai Trikora.

 

Tips berwisata ke Pantai Trikora

1. Akses transportasi

Untuk menuju ke lokasi Pantai Trikora, sebenarnya para wisatawan tidak perlu repot berpikir. Caranya, Anda bisa menghubungi agen travel wisata yang berpengalaman untuk mengatur segala keperluan perjalanan wisata Anda di Pulau Bintan dan Pantai Trikora. Namun, apabila ingin mendapatkan sensasi bertualang ala backpacker, silakan menempuh jalur dari Tanjung Pinang sampai ke perbatasan di kota Bintan. Umumnya, sewa kendaraan mobil menuju Pantai Trikora bertarif rata-rata mulai dari Rp 400.000

 

2. Akomodasi

Lagi-lagi untuk urusan penginapan. Bingung? Jangan khawatir agen travel wisata siap untuk mengatur segala keperluan akomodasi selama berlibur di Pantai Trikora. Tidak heran jika di sekitar kawasan ini mudah dijumpai guest house atau hotel karena Pantai Trikora memang menjadi daya tarik wisatawan sejak era 80-an.

 

3. Fasilitas umum

Sarana ibadah, tempat membilas, toilet dan lain-lain telah tersedia termasuk sarana untuk olahraga air seperti banana boat, laying-layang, perahu kano atau snorkeling.

 

4. Jangan datang pagi

Tips yang terakhir sebenarnya sangat relatif. Akan tetapi, para wisatawan disarankan agar tidak datang ke Pantai Trikora pada pagi hari pasalnya masih banyak sampah berserakan yang belum dibersihkan oleh para pegawai. Sampah-sampah plastik atau sisa kemasan makanan ringan dan minuman ringan ini selain mencemari lingkungan pantai juga mengurangi estetika keindahan Pantai Trikora. Oleh karena itu, para wisatawan sebaiknya datang di atas pukul 08.00 pagi ketika Pantai Trikora telah berdandan cantik untuk menyambut kehadiran para turis yang akan berkunjung.

 

5. bawa pelampung

Bagi wisatawan yang membawa serta si kecil atau keluarga dengan anak-anak yang masih kecil. Disarankan agar membawa pelampung atau ban untuk peralatan keselamatan ketika berenang di sekitar pantai. Namun, tidak perlu cemas, di kawasan Pantai Trikora sendiri juga sudah banyak tempat persewaan ban atau pelampung. Maupun baju renang bagi wisatawan yang ingin bermain-main di sekitar perairan dangkal.

 

Ayo tunggu apalagi? Isi liburan akhir pekan Anda ke Pantai Trikora. Selamat Berlibur ya! (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.