Pesona Misterius, 8 Destinasi Wisata Terbaru yang Dulunya Terbengkalai Bertahun-tahun

Setiap negara pasti memiliki tempat yang terbengkalai, bangunan maupun kota. Tempat terbengkalai memang membawa aura yang menakutkan bagi banyak orang.

Namun, bagi orang-orang yang bernyali besar, tempat yang terbengkalai sering menjadi tujuan mereka untuk membuktikan adanya makhluk mistis di tempat tersebut.

Namun, ada juga orang-orang yang malah menjadikan tempat terbengkalai untuk dimanfaatkan kembali. Salah satunya dengan cara menyulapnya menjadi destinasi wisata yang kece.

Apa saja tempat terbengkalai yang kini menjadi wisata yang menarik? Simak berikut ini.

1.    Amboy Ghost Town – Amerika Serikat

Jika dilihat dari Namanya, mungkin akan membuat sebagian orang berpikiran bahwa kota ini adalah kota berhantu.

Kota ini merupakan salah satu tempat yang sepi pelintas karena dampak dari pembangunan Highway di Amerika. Namun kini, kota ini semakin menarik di mata banyak orang. Bahkan sempat menjadi lokasi syuting film Hollywood.

Semua toko tutup dan kota kosong mlompong layaknya Namanya, kota hantu. Anda dapat menemukan sisa-sia spanduk serta papan toko.

2.    Terowongan Glow Worm – Australia

Terowongan Glow Worm merupakan terowongan metropolitan yang dulunya ramai karena aktiitas kereta api sejak tahun 1800an.

Kini, terowongan ini ditutup karena penuh dengan jelaga serta asap sehingga tidak aman bagi kereta. Akhirnya, terowongan ini dibiarkan terbengkalai dan ditumbuhi tumbuhan liar. Setelah bertahun-tahun dibiarkan, di tahun 1995 terowongan dibersihkan.

Ketika malam, terowongan menjadi lebih cantik karena terdapat cahaya dari glowworm yang hidup di dalamnya.

3.    Herculaneum – Italia

Selanjutnya ada Herculaneum yang berada di dekat kota Pompeii. Kota ini adalah salah satu kota yang terkena dampak letusan gunun Vesuvius yang dahsyat.

Bahkan kota sempat terkubur abu yang tingginya puluhan kaki sehingga kota ini butuh waktu cukup lama untuk diekskavasi.

Lukisan serta karya seni di bangunan-bangunan ternyata masih terpampang nyata dengan indahnya. Di beberapa sudut bangunan, Anda mungkin dapat melihat sisa tulang-belulang dari korban letusan gunung silam.

4.    Old Gorhambury House – Inggris

Old Gorhambury House adalah rumah seorang kerabat kerajaan Inggris di abad ke-16.

Uniknya, rumah ini memiliki arsitektur hasil perpaduan Italia yang khas sehingga terlihat berbeda dari mansion Inggris lainnya.

Rumah sebesar ini akhirnya tidak ada yang merawat dari penerusnya, sehingga terbengkalai dan menjadi reruntuhan hingga kini.

5.    Pulau Gunkajima – Jepang

Jepang terkenal akan teknologinya yang sangat maju. Ternyata, pulau bernama Gunkajima ini menjadi tempat yang terbengkalai di Jepang.

Di tahun 1900-an, pulau ini memang dikembangkan oleh perusahaan raksasa yang percaya akan cadangan batu bara di perairan pulau ini.

Saat itu memang banyak orang yang tertarik untuk tinggal dan bekerja di sini karena batu bara yang berhasil ditemukan.

Tak lama kemudian, batu bara habis dan orang-orang meninggalkan pulau. Jika tertarik, Anda bisa menggunakan jasa tour sekaligus menyebrangi lautan.

6.    The Buzludzha Monument – Bulgaria

Monumen yang satu ini terletak di puncak pegunungan Buzludzha, Bulgaria. Bentuknya memang seperti UFO, namun ternyata tempat ini adalah markas Partai Komunis Bulgaria.

Dibangun di tahun 70-80 an ketika pergerakan partai itu berkembang pesat.

Seiring berjalannya waktu, negara ini semakin demokratis sehingga bangunan mulai dilupakan. Bangunan ini dijaga ketat bahkan pengunjung saja hanya dapat melihat bagian luar saja.

baca juga:

Menengok Sejarah Budaya Nusantara, 7 Museum di Solo Ini Bikin Nyesel Kalau Tak Dikunjungi

 

7.    La Isal de Munecas – Meksiko

Pernah mendengar tempat yang satu ini? Dulu ada seorang pria yang terpaksa minggalkan anak dan istrinya demi pindah ke pulau di Xchocilmilco.

Namun, beberapa lama kemudian terdapat kabar dari penduduk desa mengenai putrinya yang meninggal di danau.

Akhirnya, ia menggantungkan ratusan boneka untuk mengenang putrinya.

Kebiasaan inilah yang membuat tempat ini semakin penuh boneka yang terkoyak dan kotor sehingga terlihat menakutkan.

8.    Spreepark – Jerman

Spreepark yang berada di sebelah tenggara Berlin ini dibangun untuk menyaingi Universal Studios dan Disneyland.

Taman bermain ini mengambil tema dinosaurus. Taman ini bertahan hingga tahun 90 an meski Jerman telah bersatu.

Sayangnya, pengelola setempat memanfaatkan pengiriman material wahana sebagai penyelundupan narkobanya.

Alhasil, kejahatannya terungkap dan kehilangan investor. Pengunjung semakin lama semakin sepi dan akhirnya taman ditutup pada tahun 2002.

Beberapa tempat di atas memang tidak berpenghuni dan terbengkalai. Namun, bukan berarti Anda bisa seenak hati merusak segala barang yang ada di tempat itu.

Sekali pun berkunjung, tetaplah berhati-hati akan semua barang dan bangunan karena mungkin sudah lapuk dan bisa rutuh. Semoga informasi ini bermanfaat!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.