Pesona Laut Natuna, Kab Natuna, Kepulauan Riau Jadi Primadona Wisatawan

Pesona Laut Natuna – Keindahan alam bawah laut Indonesia memang sangat memukau. Bahkan sudah mendunia. Salah satunya adalah Laut Natuna di Kep. Riau. Seperti apa keindahan dan keunikan Laut Natuna? Berikut adalah ulasannya…

Lokasi Obyek Wisata Laut Natuna

Sering diberitakan menjadi incaran kapal asing, Laut Natuna memang memiliki segudang pesona. Letaknya yang terbentang dari Kepulauan Natuna hingga Kepulauan Lingga, provinsi Kepulauan Riau, Laut Natuna menjadi sasaran empuk para negara tetangga untuk mencuri ikan di perairan ini. Dekat dengan Malaysia, Singapura, Filiphina, Papua Nugini dan Vietnam serta menjadi kepulauan terluar, menyebabkan Laut Natuna ini sempat menjadi rebutan, bahkan terancam akan masuk ke dalam sengketa Laut Cina Selatan. Di Laut Natuna, terdapat beberapa gugusan pulau dan kepulauan, diantaranya  Pulau Damar, Tokong Belayar, Mangkai serta Kepulauan Natuna Besar, Natuna Selatan, Lingga dan Kepulauan Tambelan. Seluruh gugusan pulau dan kepulauan tersebut berada di bawah administrasi provinsi Kepulauan Riau.

Rute Transportasi

Untuk mencapai Laut Natuna, anda bisa datang ke Batam yang merupakan salah satu titik masuk menuju Kepulauan Riau. Jika menggunakan transportasi udara, anda juga bisa mendarat di Bandara Hang Nadim yang ada di Batam, setelah itu melakukan penerbangan kembali menuju Bandara Ranai Natuna. Namun, kalau anda tidak ingin melakukan penerbangan untuk kedua kalinya, anda memiliki alternatif lain yakni menaiki perahu motor dari Tanjung Pinang, sayangnya perahu motor ini hanya berlayar seminggu sekali.

Baca Juga: Hutan Bakau Sungai Dompak, Asyiknya Jelajahi Mangrove Di Atas Perahu

Yang Ditawarkan Disana

Melihat potensi perikanan yang cukup melimpah disini, akhirnya perikanan menjadi sektor perekonomian terpenting di Laut Natuna. Hal ini pula yang mendasari banyak negara sekitar Indonesia yang melakukan penangkapan ikan secara ilegal. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia akhirnya mengambil tindakan dengan melakukan penenggelaman untuk kapal-kapal yang masih nakal. Sekarang Laut Natuna menjadi wilayah yang fokus diawasi oleh para TNI AL.

Bila anda berkunjung kesini, anda pasti akan mudah menemui Ikan Napoleon, yakni salah satu jenis ikan yang langka. Sama seperti Laut Tiongkok Selatan, Laut Natuna merupakan laut yang berada di wilayah perairan Samudra Pasifik. Daerah sekitaran Laut Natuna kini menjadi obyek  wisata yang cukup memanjakan mata. Airnya yang masih jernih dan keindahan pasir putihnya, menjadi pesona tersendiri bagi laut ini. Selain itu, Laut Natuna juga memiliki kekayaan tambang yang cukup melimpah, misalnya pasir kuarsa, gas alam dan minyak bumi.

Untuk penyuka olahraga snorkeling, laut yang mendapat julukan Mutiara di ujung utara ini bisa menjadi pilihan yang patut dicoba. Kondisi alam yang masih begitu alami karena jauh dari hiruk pikuk perkotaan, membuat Laut Natuna menjadi surga yang tersembunyi yang ada di Kepulauan Riau. Wilayah perairan ini juga menjadi rumah untuk berbagai jenis biota bawah laut. Karena air lautnya yang jernih, anda bisa melihat cantiknya terumbu karang berwarna-warni.

Tips untuk yang ingin berkunjung

Bila anda berniat wisata ke Laut Natuna, jangan lupa siapkan budget juga peralatan liburan dengan baik, karena letaknya yang jauh dari kota besar membuat segala sesuatunya menjadi mahal dan anda mungkin akan kesusahan untuk mencari beberapa peralatan liburan. Selain itu, transportasi dan akomodasi yang bisa dibilang masih jarang untuk akses menuju Laut ini, juga menjadi alasan untuk anda harus menyiapkan budget berlebih.

  1. Bila perlu, datanglah rombongan dengan jumlah lebih dari 10 orang. Dengan membawa rombongan atau berlibur ramai – ramai, ongkos atau biaya liburan bisa ditekan dan dihemat. Sebagai contoh, untuk tarif sewa kapal atau perahu dengan kisaran Rp 1 juta rupiah per perahu, bisa digotong atau patungan dengan 10 orang menjadi Rp 100 ribuan per orang. Demikian pula dengan ongkos akomodasi, transportasi dan tiket masuk. Dengan tarif paket rombongan tentu biaya liburan akan bisa lebih miring dibanding bepergian solo atau sendiri.
  2. Laut Natuna terkenal dengan kekayaan alam berupa keindahan biota laut, terumbu karang, serta makanan kuliner sari laut. Gunakan waktu untuk mencari info sebanyak mungkin tentang persewaan alat snorkeling atau diving agar tak perlu repot membawa perlengkapan sendiri. Sementara itu, jangan lupa untuk mencoba nikmatnya aneka sea food atau makanan kuliner sari laut di tepi pantai.

Jari Adventure siap mengakomodir liburan Anda ke Laut Natuna. Selamat berlibur ya…

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *