Persiapan Libur Lebaran ke Lombok, Surga Plesiran Trio Gili yang Mempesona

Pulau lombok, pulau yang terletak di sebelah barat pulau Bali ini tidak pernah berhenti menyuguhkan pesona lautnya yang menawan. Laut  yang jenih, Terumbu karang yang masih alami, alam yang masih terjaga kebersihannya, masih bisa ditemukan di pulau Lombok. Para wisatawan mancanegara berduyun-duyun datang ke pulau Lombok untuk menikmati pesona yang dimilikinya.

Lombok termasuk ke dalam Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan 4 kabupaten dan 1 kota di Dalamnya. Terdiri dari Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Timur, dan Kabupaten Lombok Utara. 80% penduduk pulau Lombok didominasi oleh suku sasa. Disamping penggunaan bahasa Indonesia, mereka mempergunakan Bahasa Sasak sebagai sarana komunikasi sehari-hari.

Gugusan pulau di Lombok yang terkenal adalah gugusan Trio Gili. Ketiga pulau tersebut punya daya tarik yang menyihir perhatian para wisatawan. Trio gili merupakan gabungan dari Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Karena banyak pengunjung yang datang ke pulau ini setiap tahunnya, maka devisa negara pun tentunya akan bertambah. Pemerintah gencar mempromosikan tempat ini untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata.

Gili Air

Merupakan Pulau yang letaknya paling dekat dengan pulau Lombok. Lokasinya berada di Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang,  Kabupaten Lombok Utara. Kamu bisa menikmati keanekaragaman laut di pulau ini. Diantaranya spot kuda laut, Kura-kura, dan beragam ikan hias warna-warni yang lucu. Masyarakat setempat menyebut Gili Air  dengan nama “ Tengaq Aqiq” yang berarti di tengah-tengah laut.

Gili Air ramai dikunjungi di bulan Juli hingga Agustus. Gili Air sudah menyediakan fasilitas yang memadai bagi kamu yang akan berkunjung. Hotel Berbintang, Restoran, hingga Bar. Nikmati keindahan pulau ini dengan berkeliling menggunakan sepeda. Cukup dengan Rp 30.000 kamu sudah bisa berkeliling pulau selama seharian, tidak mahal kan?

Gili Meno

Dari Mataram, memakan waktu sekitar 45 Menit dengan kendaraan darat. Untuk sampai ke Pulau ini. Akses Kendaraan bermotor dan Listrik sangat dibatasi di Pulau ini. Alternatif kendaraan yang bisa kamu gunakan yaitu Sepeda dan Cimodo.

Bercengkrama sambil mendengar kicauan burung-burung di Pulau ini sangat mengasyikan dan menenangkan pikiran. Bila kicauan saja kurang memuaskan hati kamu, Kunjungilah Bird Park. Di Bird Park kamu bisa memegang langsung burung-burung yang berkicau tersebut. Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan di pulau ini adalah Snorkling dan Berenang.

Baca juga:

Menggali Wisata Alam Unik Pulau Lampu, Pangkal Pinang

 

Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah pulau yang paling besar diantara Gili Air dan Gili Meno. Hampir setiap malam di Gili Trawangan diadakan pesta. Trawangan juga memiliki fasilitas yang lebih beragam. Hal ini membuat Gili Trawangan lebih diminati oleh para turis mancanegara. Di Gili Trawangan juga menyediakan tempat bagi para wisatawan untuk belajar berkuda mengelilingi Pulau. Sama dengan Gili Meno,di Gili Trawangan kendaraan bermotor juga dibatasi,tidak diizinkan oleh aturan Lokal.

Kelebihan Gili Trawangan daripada dua gili sebelumnya yaitu pemandangan Sunset dan Sunrise. Pantai di Gili Trawangan menghadap ke Timur dan menghadap ke Barat. Sehingga baik Sunset maupun Sunrise bisa kamu nikmati sekaligus. Aktivitas yang kerap dilakukan oleh para wisatawan di Pulau ini adalah Scuba diving, Snorkeling, bermain kayak, dan Berselancar.  Watersport di pulau ini beraneka ragam, ada Banana boat, Jet sky, dll. Bila tidak ingin berbasah-basah dengan air, kamu bisa bersepeda sambil menghirup udara sejuk bebas polusi mengelilingi Pulau ini.

Akses menuju Trio Gili terus dipermudah dan dipercepat. Pemerintah setempat terus menerus memperbaiki dan meningkatkan akses menuju trio Gili ini. Pelabuhan Bangsal yang menjadi akses Utama menuju trio Gili juga terus mengalami perkembangan dan pembangunan. Untuk Bisa berkunjung ke Trio Gili kamu dapat menempuh jalur melewati Mataram. Selain merupakan rute tercepat,  di sepanjang perjalanan kamu bisa menikmati pemandangan pantai di Lombok Barat yang memanjakan mata. Keindahan pantai Batubolong, Pantai Senggigi, dan Pantai Malimbu akan menemani perjalanan kamu menuju Trio Gili ini.

***

Bagaimana? Sudah ada gambaran belum liburan kamu sehabis hari raya nanti? Trio Gili bisa kamu jadikan Destinasi liburan kamu. Pesanlah paket perjalanan kamu di Jari Adventure. Jari Adventure adalah agen travel berpengalaman dan terpercaya yang sudah melayani Klien semenjak tahun 2010. Perjalanan lebih mengesankan dan menyenangkan bersama Jari Adventure.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *