Perpustakaan Keren di Indonesia, Surga Para Pecinta Buku!

Tak hanya di luar negeri, beberapa perpustakaan keren di Indonesia yang harus Anda kunjungi, terutama bagi para pecinta buku. Tak hanya pengalaman membaca yang menyenangkan, perpustakaan ini dilengkapi dengan fasilitas canggih serta design dan arsitektur yang unik. Perpustakaan ini akan menjadi surga para pecinta buku.

Beberapa perpustakaan di bawah ini harus Anda kunjungi. Apa saja?

1.      Perpustakaan Soeman HS Pekanbaru

Perpustakaan yang satu ini memiliki nama yang diambil dari nama seorang pejuang sekaligus menjadi sastrawan asal Riau keturunan Tapanuli, yaitu Soeman Hasibuan.

Dengan bangunan yang memiliki arsitektur unik, tentunya menjadi daya Tarik bagi para pencinta buku. Arsitektur ini menggabungkan budaya khas melayu dengan arsitektur modern.

Tak hanya itu, perpustakaan ini telah diklaim sebagai Gedung perpustakaan terbaik di Asean, lho! Keren yaa.

 

2.      Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Perpustakaan yang baru berdiri 3 tahun ini berada di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Bangunannya berhadapan langsung dengan Tugu Monumen Nasional (Monas).

Diresmika pada Oktober 2017 silam, perpustakaan ini digadang-gadang menjadi perpustakaan tertinggi di dunia dengan 27 lantai serta basement.

Tak hanya menyimpan berbagai koleksi buku yang lengkap, namun juga fasilitas untuk anak-anak serta penyandang disabilitas.

Perpustakaan ini sangat fleksibel bagi segala pengunjung. Coba untuk membaca buku di rooftop lantai 24 sambil melihat view dari Tugu Monas dan sekitarnya.

 

3.      Comic Café Jakarta

Untuk menikmati sensasi membaca komik  sambil bersantai, Anda bisa berkunjung ke Comic Café yang terletak di Tebet, Jakarta. Tempat ini menjadi surga para pecinta komik.

Tak hanya itu, café ini sangat menyenangkan untuk berkumpul Bersama teman sambil menyantap hidangan yang tersedia.

Cocok untuk menghabiskan waktu kosong sehabis bekerja. Jangan kawatir, café ini menyediakan berbagai jenis komik yang tidak akan membuat Anda bosan.

 

4.      Perpustakaan Universitas Indonesia

Tak hanya terkenal akan pemandangan nya yang bagus. Universitas ini juga memiliki perpustakaan yang recommended bagi Anda yang suka membaca buku.

Bentuk bangunannya sangat unik. Jika Anda melihatnya, pasti tidak akan mengira bahwa tempat seluas itu adalah perpustakaan.

Tak hanya itu, perpustakaan ini memiliki fasilitas lengkap dan terintegrasi. Membaca sambil menikmati pemandangan langsung danau UI tentu membuat para pecinta buku tertarik.

Biasanya menjadi pusat berkumpul mahasiswa UI yang mengerjakan tugas atau menikmati waktu santai dengan pemandangan danau.

 

5.      Grahatma Pustaka Yogyakarta

Dari Jakarta kini kita beralih ke Yogyakarta. Salah satu perpustakaan paling popular di sini ialah Grahatma Pustaka. Tak hanya menyimpan koleksi buku keluaran terbaru, namun buku lama bahkan langka dapat Anda temukan di sini. Banyak buku yang bisa Anda baca dalam bentuk buku maupun digital.

Luasnya mencapai 2,4 hektar dengan berbagai fasilitas, termasuk untuk anak dan penyandang disabilitas. Perpustakaan memiliki jam buka cukup Panjang, yaitu mulai pukul 8 pagi hingga 10 malam.

Dengan jam yang cukup lama, perpustakaan ini selalu dikunjungi banyak pengunjung, terutama siswa dan mahasiswa yang sedang membaca buku dan mengerjakan tugas. Bagi Anda masyarakat Yogyakarta atau yang sedang berkunjung, wajib datang ke perpustakaan ini, ya!

 

6.      Perpustakaan Institut Teknologi Bandung

Perpustakaan yang satu ini menjadi perpustakaan kebanggaan daripada mahasiswa ITB (Institut Teknologi Bandung). Tak hanya bangunan yang unik, perpustakaan ini juga memiliki koleksi bacaan yang sangat banyak. Buku di dalamnya bisa mencapai 270 ribu, lho!

Tentu hal ini tidak akan membuat para pembaca bosan dengan koleksi bukunya.

 

7.      Micro Library Bandung

Masih di Bandung, Anda juga harus berkunjung ke Micro Library yang berada di Jl. Bima No. 103, Arjuna, Cicendo, Bandung. Uniknya, perpustakaa ini telah meraih juara dalam public vote and jury award oleh Architizer A+ Awards.

Dengan membawa arsitektur unik membuat perpustakaan ini menjadi lokasi favorit para anak muda untuk berkumpul dan mengerjakan tugas. Tak sedikit spot foto instagramable yang harus Anda coba.

 

Baca juga

8.      Perpustakaan Freedom Institute

Terakhir ada Perpustakaan Freedom Institute yang terletak di Jl. Proklamasi No 41, Menteng, Jakarta Pusat. Perpustakaan ini memiliki koleksi buku lokal maupun asing yang bahkan langka di pasaran. Namun, sayangnya buku di sini tidak boleh dipinjam.

Meski begitu, Anda bisa memanfaatkan fasilitas fotokopi untuk memfotokopi bagian yang Anda ingin baca.

Fasilitas lainnya adalah café unik untuk tempat membaca yang lebih santai bagi para pengunjung.

Dengan perpustakaan terbaik nan unik yang tersebar di Indonesia tentu harus meningkatkan minat baca Anda.

 

Nuansa yang nyaman dan tidak membosankan pasti menjadi idaman para pecinta buku. Bagaimana? Perpustakaan mana yang dekat dengan tempat tinggal Anda?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.