Damaikan Pikiran dan Hati, Perkebunan Teh Terindah Dunia untuk Rileksasi

Ada yang tidak suka dengan cita rasa teh yang bervariasi? Budaya minum teh nyatanya tak hanya ada di Indonesia, melainkan budaya ini lekat dengan negara Inggris. Negara Inggris sendiri merupakan negara yang kaya akan produksi teh langsung dari perkebunan asli.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki banyak sekali perkebunan teh, bahkan dibuka sebagai destinasi wisata. Banyak turis yang mendaki bukit hingga menikmati wisata kuliner berkhaskan olahan teh alami.

Contoh perkebunan teh terkenal di Indonesia ialah Kebun Teh Wonosari Malang, Kebun Teh Kemuning Karanganyar, Kebun Teh Gunung Mas Bogor, Kebun Teh Kayu Aro Jambi dan Kebun Teh Sidamanik Pematangsiantar.

Selain negara Inggris, apa saja perkebunan teh di dunia yang bisa Anda kunjungi saat travelling? Simak berikut ini.

 

  1.       Tregothnan – Cornwall

Perkebunan teh yang satu ini dikelola secara pribadi oleh salah satu keluarga di Inggris hingga turun temurun.

Biaya masuk ke area perkebunan ternyata bisa terbilang mahal, yakni £65 atau sekitar Rp. 1,1 juta per orangnya.

Namun, semua itu akan setimpal dengan perkebunan setempat yang berudara sejuk sehingga berhasil memikat wisatawan yang bertandang ke sana.

 

  1.   Assam – India

Assam adalah wilayah dengan produsen teh terbesar di India. Negara ini bahkan telah memproduksi hingga 25 persen teh yang tersebar di dunia.

Jika Anda ingin merasakan nikmat bermalam di tengah perkebunan teh, Anda bisa menginap di penginapan Mancotta, tak jauh dari lokasi perkebunan.

 

  1.   Tanah tinggi Cameron – Malaysia

Negara tetangga kita Malaysia ternyata juga tak kalah dalam adu keindahan perkebunan teh nya. Salah satunya berada di Tanah Tinggi Cameron. Kebun ini berhasil memikat wisatawan bahkan mancanegara.

Tempat ini juga terkenal sebagai penghasil teh di Malaysia. Pemandangan hijau menghampar luas sangat mengagumkan.

Boh Tea Plantation adalah yang harus Anda kunjungi. Objek wisata ini kerap dikunjungi turis untuk mengikuti tur perkebunan dan pabrik secara cuma-cuma.

 

  1.   Corrientes – Argentina

Ternyata, Argentina menduduki posisi ke 3 sebagai negara yang paling banyak mengonsumsi teh di dunia. Posisi pertama dan kedua diduduki oleh Uruguay dan Paraguay.

Negara ini mengalahkan Inggris yang kini berada di posisi ke-12, lho!

Salah satu teh herbal paling populer dikonsumsi oleh penduduk Argentina adalah Yerba Mate. Untuk mencoba nikmat dan hangatnya Yerba Mate, Anda bisa mengikuti tur yang banyak ditawarkan pada kawasan Corrientes.

 

  1.   Rize – Turki

Berbeda dengan perkebunan teh yang umumnya terletak di dataran tinggi, perkebunan teh yang satu ini justru berada di lokasi sekitar pantai timur Turki dan menghadap langsung ke Laut Hitam. Kebun Teh Ziraat seringkali dikunjungi oleh wisatawan karena pemandangannya yang sangat khas.

Biasanya, penduduk di Turki menyajikan teh dengan rasa yang kuat dan pahit tanpa tambahan pemanis seperti krimmer.

 

  1.   Hangzhou – China

Pernah mendengar Teh Longjing? Teh popular yang satu ini ternyata berasal dari China dan banyak diproduksi di kawasan Hangzhou.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke kebun teh ini adalah pada musim semi. Itu karena, di musim ini teh yang dihasilkan memiliki rasa yang terbaik. Patut Anda coba.

 

  1.   Nurwara Eliya – Sri Lanka

Nurwara Eliya, sebuah tempat yang sering kali dijuluki sebagai “Inggris Kecil”. Itu karena penduduk di sini memiliki tradisi minum teh seperti negara Inggris.

Ada banyak perkebunan teh nan cantik yang bisa Anda temukan di kota ini, salah satu yang wajib dikunjungi ialah Pedro Estate.

baca juga:

Lebih Teliti yuk! Ini Barang yang Sering Terlupa Saat Liburan

 

  1.   Kericho – Kenya

Kenya menyimpan beragam teh yang bisa Anda coba, seperti teh hijau, teh hitam, teh kuning bahkan putih, lho!

Wilayah yang terkenal sebagai produsen teh di negara ini adalah Kericho.

 

  1.   Uji – Jepang

Negara modern yang satu ini memiliki kota yang dijuluki sebagai kota produsen teh tertua di Jepang, yaitu kota Uji. Anda pasti sudah mengenal jenis teh Matcha atau teh hijau, bukan?

Ada banyak pengunjung yang datang ke kota ini. Untuk mencapai Uji, Anda bisa melakukan perjalanan kereta JR Nara Line dari Stasiun Kyoto.

Minum teh dengan pemandangan menakjubkan memang menjadi salah satu aktivitas yang menenangkan. Teh jenis apa yang Anda sukai?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.